Indonetwork, Bahan Bangunan – Kamar mandi merupakan salah satu bagian penting dalam rumah. Sistem sanitasi dalam rumah berpusat pada kamar mandi. Jika kamar mandi dalam keadaan baik, Anda dan keluarga akan nyaman saat menggunakannya.

Karena fungsinya yang penting, pembangunannya pun harus diperhatikan secara serius. Untuk membuat kamar mandi yang aman dan nyaman harus mempertimbangkan beberapa hal, salah satunya pemilihan pipa. Kini telah banyak distributor jual Pipa PVC Rucika yang merupakan salah satu merk pipa yang cocok untuk digunakan di kamar mandi.

Selain faktor pemilihan pipa ada beberapa hal lain yang harus diperhatikan, simak penjelasan berikut ini saat ingin membangun kamar mandi.

Tips Membangun Kamar Mandi

kamar mandi
Sumber: Unsplash

1. Ukuran Kamar Mandi

Ukuran kamar mandi yang ingin Anda bangun sebaiknya disesuaikan dengan lahan yang tersedia. Jika Anda memiliki lahan yang cukup besar, tidak masalah jika akan membangun kamar mandi dengan ukuran besar. Tetapi jika lahan yang Anda miliki terbatas, sebaiknya Anda membuat kamar mandi yang tidak terlalu besar sesuai dengan kapasitas lahan yang Anda miliki.

Faktor lain yang bisa Anda jadikan patokan untuk menentukan ukuran kamar mandi adalah fungsi yang Anda butuhkan pada kamar mandi tersebut. Jika Anda ingin menjadikan kamar mandi sebagai tempat berdandan atau dilengkapi bathtub, tentu saja harus dengan ukuran yang agak besar.

2. Kamar Mandi Basah atau Kering?

Kamar mandi dengan lantai kering akan terlihat lebih bersih, tetapi kamar mandi dengan lantai basah masih sangat populer di Indonesia karena kebiasaan mandi yang sudah terbiasa seperti itu. Ada baiknya kamar mandi basah dan kering dikombinasikan.

Namun, Anda tetap harus memperhatikan pemisahan menggunakan fiberglass agar lantai kering tidak menjadi basah. Pemisahan ini dapat pula dengan membuat lantai pada bagian yang basah dibuat lebih rendah dan dipisahkan dengan tirai plastik.

3. Posisi yang Tepat 

Penempatan elemen pendukung pada kamar mandi juga hendaknya menjadi perhatian. Posisikankan wastafel pada bagian depan kamar mandi, sehingga pada saat kita hanya ingin mencuci tangan tidak perlu sampai masuk ke area yang basah di kamar mandi.

4. Pencahayaan yang Cukup

Keadaan kamar mandi cenderung lembab, sering menjadi tempat yang ideal bagi berkembangbiaknya kuman dan jamur. Jika memungkinkan, buatlah agar cahaya matahari cukup masuk ke kamar mandi.

Anda bisa coba menempatkan beberapa genteng yang transparan atau membuat jendela agar cahaya matahari dapat masuk. Dengan begitu kuman dan jamur akan sulit untuk berkembang biak. Selain itu, dengan adanya pencahayaan yang cukup juga akan menghemat penggunaan listrik untuk lampu pada siang hari.

Baca juga: YUK, CARI TAHU PERBEDAAN PIPA SEAMLESS DAN WELDED

5. Ventilasi yang Baik 

Seperti halnya pencahayaan, ventilasi juga sama pentingnya untuk mencegah kelembaban ruangan dan menghambat tumbuhnya kuman dan jamur, sehingga Anda dan keluarga menjadi lebih sehat. Memasang kisi-kisi akan menjadi sebuah alternatif, tetapi jika tidak memungkinkan bisa juga dengan penggunaan exhaust fan.

6. Aksesoris

Walaupun keberadaan kamar mandi tidak terlihat oleh orang dari luar, tidak ada salahnya Anda memasang beberapa aksesoris di kamar mandi. Aksesoris yang dipilih bisa yang multi fungsi, seperti gantungan baju dengan ukiran atau karakter tertentu, bisa juga tempat sabun yang berwarna-warni dan dengan bentuk yang unik pula.

7. Keamanan

Sering kita mendengar ada yang terjatuh saat di kamar mandi. Tentu saja Anda tidak menginginkan hal itu terjadi pada Anda dan keluarga, oleh karena itu pilihlah keramik yang tidak licin untuk lantai kamar mandi. Selain itu Anda juga harus menjaga kebersihan kamar mandi agar lantai tidak ditumbuhi lumut yang dapat membuat lantai menjadi licin.

Baca juga: CARA MEMILIH EXHAUST FAN UNTUK DAPUR DAN KAMAR MANDI

Pilih Pipa yang Berkualitas dari Distributor Jual Pipa PVC Rucika

Salah satu hal lain yang jarang diperhatikan dalam membangun kamar mandi adalah pemilihan pipa. Padahal pipa merupakan salah satu komponen penting. Pipa yang sudah terpasang akan sangat sulit untuk menggantinya apabila terjadi kebocoran karena sudah tertanam di bawah lantai atau di dalam dinding. Pipa yang sering digunakan di kamar mandi adalah jenis PVC. Pipa PVC (Polyvinyl Chloride) memiliki kelebihan yaitu bahannya yang ringan namun tetap kuat, sehingga tidak mudah terkena korosi air karena terbuat dari plastik.

Pipa PVC Rucika merupakan salah satu merk pipa yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Pipa ini banyak digunakan untuk berbagai keperluan karena mempunyai beberapa keunggulan. Selain untuk air bersih PVC dipakai juga untuk saluran kloset, air limbah dan talang air hujan. Diameter pipa mulai 1/2 inch sampai 6 inch atau 16 mm sampai 150 mm dan dijual dalam satuan empat meter per batang.

Pipa yang terbuat dari fiber ini lebih ringan dan lentur sehingga mudah dipasang dan diperbaiki. Bila ada yang rusak atau bocor, Anda cukup memotong bagian yang rusak lalu disambung kembali. Pipa PVC tidak mudah berkarat dan cukup kuat, mampu menahan tekanan air hingga dua bar atau 10 kg/cm².

Pipa PVC Rucika bisa digunakan untuk berbagai jenis sistem air bersih maupun air buangan dengan penetrasi sistem pipa UPVC kedalam pasaran perpipaan air. Pipa PVC Rucika telah mengalami perkembangan secara khusus untuk memenuhi kebutuhan instalasi pipa air minum di rumah-rumah maupun bangunan bertingkat.

Keunggulan Pipa PVC Rucika

  • Sudah berstandar JIS
  • Menggunakan aditif Khusus
  • Pipa PVC rucika dapat mereduksi pengaruh UV dalam jangka waktu yang lama
  • Tahan terhadap bahan kimia ekstrim

Anda bisa mendapatkan produk murah dan berkualitas ini dari PT. Raja Pipa Indonesia yang jual pipa PVC Rucika. Perusahaan ini juga bergerak dalam bidang Distributor/Agen elektrikal, metal conduit, accessories, dan Plumbing. PT. Raja Pipa Indonesia didukung dengan tim yang profesional di bidangnya sehingga akan maksimal dalam melayani pelanggan.

DAPATKAN BERBAGAI MERK BAHAN BANGUNAN LAINNYA DI INDONETWORK.CO.ID

Editor: Nafila Chaerunnisa


Author

%d bloggers like this: