Adanya sumber daya dan kemajuan teknologi  yang semakin baik, akses dalam produk yang makin mudah dan juga harga yang mengalami penurunan seperti harga pembangkit listrik tenaga surya dengan fotovaltaik, karena adanya hal tersebut mendorong pada penggunaan PLTS yang semakin banyak dan meningkat di seluruh dunia, dan termasuk juga di Negara kita tercinta Indonesia, pada pembahasan kali ini kami akan membahas PLTS On Grid & Off Grid.

Dalam pemanfaatan nya PLTS yang telah dihasilkan oleh instalasi rooftop solar di nusantara masihlah sangat terbatas, walaupun telah menjadi tren yang cukup banyak di Indonesia tetapi rooftop ini belum begitu banyak dikenal oleh masyarakat indon esia, sebelum kita melakukan proses instalasi PLTS sangat lah harus dipahami lebih dulu beberapa perbedaan system yang ada seperti PLTS on grid dan off griddan factor lain lain nya yang perlu di ketahui sebelum kita melakukan instalasi.

Dalam instalasi yang biasanya di lakukan sebelum kita melakukan proses nya kita harus mengetahui spesifikasi dan kebutuhan panel surya seperti apa yang kita butuhkan, karna jikalau kita hanya menginstal tanpa tau kebutuhan seperti apa yang kita butuhkan tentunya hal itu akan menjadi pekerjaan yang sia sia.

Pada artikel kali ini penulis akan membahas mengenai jenis jenis dari PLTS sehingga kita dapat mengetahui nya, berikut ulasan nya :

Panel Tenaga Surya On-Grid

Pernah kah sebelumnya anda mendengar mengenai system ini ? pada system ini adalah sitem fotoalvik yang hanya bisa memberikan hasil daya jika daya dari PLN tersedia, pada system ini perangkat harus terhubung kepada grid agar dapat menjalankan fungsi nya, site mini memungkinkan untuk mengirimkan daya yang berlebih dan dikembalikan ke jaringan ketika panel surya memberikan daya yang berlebih singga beban kelebihan daya menjadi surplus untuk penggunaan berikutnya. System ini adalah system yang sangat sederhana pengoperasian nya dan memiliki efisiensi yang lebih baik serta biaya yang cukup hemat dibandingkan dengan saudaranya yaitu off –grid system, namun system ini tidak bisa memberikan daya cadangan jika ada pemadaman.

Faktor Faktor yang harus di perhatikan ketika memilih system On-Grid

  1. Akses yang dimiliki sampai dengan 24 jam
  2. Lokasi kota dan sekitaran adalah lokasi yang ideal untuk dilakukan pemasangan
  3. Rumah dan bangunan memiliki ketertarikan untuk melakukan efisiensi dan pemngurangan biaya listrik yang di keluarkan.
  4. Lokasi yang dipilih adalah lokasi yang telah memiliki sertifikat SLO untuk koneksi yang akan di pasangkan
  5. Lokasi yang sudah ada kWh meter dan EXIM ataupun yang telah memiliki atau sedang melakukan pengurusan kWh dan EXIM

Baca Juga : Jenis jenis panel surya yang harus anda ketahui

Panel Surya Off-Grid

Pada system ini kita di mungkinkan untuk dapat melakukan penyimpanan tenaga di dalam baterai yang telah di sediakan oleh pabrikan, jika terjadi pemadaman atau tidak ada jaringan, system hybrid akan menghidupkan atau menyediakan suplay daya untuk mengimbangi daya jaringan pada rotasi matahari sekaligus akan mengirimkan daya yang berlebih kedalam jaringan untuk pengeluaran daya agar bisa digunakan selanjutnya .

Sistem ini tentunya tidak dapat di haraokan untuk memberikan kita daya yang besar karena semua beban keliatrikan yang digunakan, dan juga biaya dan volume baterai akan menjadikan nya sebagai penghalang, system ini sangat membutuhkan peralatan khusus yang tentunya lebih tinggi biayanya dan juga memiliki kerumitan yang lebih khususnya apabila mereka membutuhkan inverter dan baterai.

Faktor Faktor yang harus di perhatikan ketika memilih system On-Grid

  1. Lokasi yang tidak memiliki sambungn ke PLN
  2. Lokasi yang tidak memiliki sambungn ke PLN, namun ada rencana masangkan ya pada 5 sampai 10 tahun kedepan.
  3. Lokasi yang sudah memiliki sambungan PLN namun tidak 24 jam dan sering terjadi pemadaman.
  4. Lokasi yang masih menggunakan genset sebagai suplay listik nya.
  5. Lokasi yang memiliki titijk yang jauh dan juga pulau terluar yang belum miliki jaringa daya listrik

Pembahasan diatas adalah pembahasan mengenai jenis jenis PLTS yang ada di pasaran, mudah mudahan artikel ini memberikan wawasan yang baik terhadap pengetahuan anda.


Author

%d bloggers like this: