Dewasa ini teknologi semakin  maju, begitu banyak inovasi inovasi baru dalam teknologi salah satunya adalah pembangkit listrik tenaga surya, PLTS ini adalah salah satu option yang dapat digunakan bila kita menmginginkan listrik dengan harga yang lebih bersahabat, PLTS yang digunakan di rumah rumah pribadi adalah PLTS mandiri, penggunaan PLTS ini hanya di rumah rumah pribadi, selain dipakai di dalam area perumahan PLTS ini memiliki beberapa fungsi lain, PLTS Off Grid adalah PLTS yang paling banyak dipakai saat ini.

Selain PLTS yang digunakan di rumah, PLTS masih memiliki beberapa jenis pembangkit lain yang bisa anda temukan di pasaran, lantas apa sajakah jenis PLTS yang beredar di pasaran? Berikut ulasanya.

Sepenting apakah penggunaan PLTS pada kehidupan sehari hari ?

Pada masa sekarang listrik merupakan hal yang sangat penting dan umum di temukan pada masyarakat, hal ini terjadi karna memang sumber listrik saat ini dikuasai oleh negara dan akan diberikan berdasarkan pemerataan pada era saat ini menggunakan listrik dari perusahaan milik negara yanitu PLN (Perusahaan Listrik Negara), pada hasilnya memang pengelolaan listrik yang di lakukan oleh negara memilki beberapa kekurangan seperti harga yang cuku mahal, dan naik setiap tahun nya, hal ini lah yang menyebabkan konsumen harus mencari sumber listrik baru yaitu jual pembangkit listrik tenaga surya.

Baca Juga : Pompa air tenaga surya solusi listrik hemat biaya

Pembangkit listrik tenaga surya & Penyebaran Nya

Sudah dijelaskan di atas bahwa jenis pembangkit listrik yang biasa di temukan di Indonesia adalah pembangkit yang dipasang pada masing masing rumah yang biasa kita sebut PLTS mandiri.

PLTS yang ada merupakan pembangkit yang dimiliki secara pribadi oleh masing masing pemilik rumah, namun ternyata ada pula PLTS yang dipunyai oleh pemerintah seperti PLTS untuk penerangan jalan umum.

Pada umumnya PLTS ini terbagi akan mempunyai kapasitas listrik lebih kecil voltage nya di banding PLTS terpusat, hal seperti ini biasanya terjadi karna jarak tenaga yang tersebar, PLTS yang ada dirumah biasanya digunakan untuak kebutuhan seperti pompa tenaga listik yang ada di masing masing rumah.

Pembangkit listrik tenaga surya yang dimiliki di masing-masing rumah biasanya akan digunakan untuk kebutuhan pribadi di rumah tersebut salah satunya digunakan untuk menghidupkan Pompa Air Tenaga Surya.

Pemusatan Pembangkit Listrik Tenaga Surya

 PLTS terousat adalah salah satu pembangkit yang abda daoat temukan di Indonesia, pembangkit ini adalah pembangkit dengan golongan skala menengah.

PLTS terpusat ini di produksi di suatu tempat dan di berikan pada penggunaan listrik pada area yang ada seperti contoh PLTS yang di gunakan untuk rumah tangga dan penerangan jalan yang sudah meiliki sambungan.

Pada kenyataan nya PLTS ini mempunyai beberapa keunggulan seperti kemampuan untuk berdiri snediri, PLTS ini biasanya dapat melakukan off grid namun ada juga yang masih terintegrasi dengan tegangan yang dimiliki oleh PLN atau biasanya kita sebut on grid,  namun tidak hanya dari PLN tapi bisa juga dari PLTD PLTM dan PLTB dan lain nya.

Penggunaan PLTS tentunya memiliki kelebihan dan juga kekurangan dalam penggunaan nya, oleh sebab itu masih banyak juga yang masih menimbang apakah akan menggunakan PLTS atau tidak, Karena penggunaan nya memang sudah cukup banyak pada saat ini, oleh sebab itu baik nya kita juga mengikuti perkembangan zaman.

Itu adalah sedikit ulasan mengenai pembangkit listrik tenaga surya, mudah mudahan informasi ini dapat menambah pengetahuan anda mengenai PLTS (jual pembangkit listrik tenaga surya).

 


Author

%d bloggers like this: