Indonetwork, Peralatan Industri Air merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi semua golongan karena berbagai kegiatan pasti membutuhkan suplai air. Zaman dulu untuk memenuhi kebutuhan air, setiap orang harus menimba sumur terlebih dahulu, namun saat ini kebutuhan air mudah didapatkan melalui kran terdekat. Salah satu jenis pompa yang fungsinya cukup diunggulkan baik untuk pemakaian industri, fasilitas umum maupun rumah tangga yaitu pompa booster grundfos. 

Penasaran dengan berbagai keunggulan dan pemasangan pompa booster? Yuk simak ulasannya dibawah ini!

Pengertian Pompa Booster

Pompa booster adalah jenis pompa alternatif yang digunakan untuk meningkatkan tekanan dan aliran air pada sumur yang dangkal. Penggunaan pompa pendorong ini berfungsi untuk meningkatkan volume air dari 1 liter /menit menjadi lebih banyak dari sebelumnya, bahkan hingga mencapai 10 liter/ menit.

Baca juga: 5 Jenis Pompa Air Untuk Kebutuhan Rumah Tangga

Jenis pompa ini bukan hanya digunakan pada sistem industri namun bagi area hunian seperti apartemen, ladang irigasi, sumur rumahan yang membutuhkan fasilitas ini maka pompa booster dapat menyesuaikan berbagai kualitas tekanan air yang Anda butuhkan. Merek pompa yang paling sering digunakan untuk area rumahan yaitu pompa booster grundfos.

Pompa air booster merupakan salah satu bentuk pompa sentrifugal. Ketika sistem pemompaan air Anda mengalami fluktuasi atau tekanan air yang tidak mencukupi, biasanya intensitas air yang keluar dari keran lebih sedikit sehingga dibutuhkannya pompa booster. Biasanya pompa air yang hanya mampu menghisap air dari sumber air dengan jarak 9 meter kebawah dapat mendorong air hingga 25 meter ke dalam penampungan air. 

Keunggulan Pompa Booster

Pemasangan Pompa Booster

Memanfaatkan pompa booster merupakan salah satu cara agar air tandon mengalir deras asalkan pemasangan dilakukan secara tepat. Tentunya secara garis besar pompa booster berfungsi untuk mendorong kebutuhan air setiap rumah atau bangunan bertingkat lainnya. Menggunakan pompa booster membuat pressure switch lebih optimal karena cara kerjanya otomatis sehingga tekanan lebih mudah diatur.

Keunggulan lain yang dapat Anda rasakan ketika menggunakan pompa booster grundfos, yaitu:

  • Penambah tekanan air dari tangki menuju pipa distribusi, apalagi jika area yang ingin di dialiri cukup banyak dan berkemungkinan akan bekerja secara bersamaan ketika membuka kran air. 
  • Volume air yang keluar pada kran relatif lebih stabil
  • Penggunaan pompa jenis ini lebih menghemat biaya listrik yang sering kali meledak karena daya listrik pompa air booster biasanya lebih kecil.
  • Sistem otomatis pompa booster tidak menggunakan pressure switch, namun memakai semacam bola besi sehingga apabila tidak terdapat air, pompa tidak akan menghisap air. Sehingga meminimalisir pompa air yang bisa saja meledak.
  • Pompa booster memiliki desain yang sederhana dan kecil, sehingga posisi penyimpannya mudah dijangkau dan tidak mudah dicuri.
  • Pompa booster memiliki tiga jenis kontrol, yaitu memutus aliran listrik atau dalam keadaan mati, operasi dengan sistem otomatis, dan operasi untuk sistem manual. 
  • Pompa jenis ini lebih mudah dan murah dalam proses perawatannya.
  • Pompa ini bisa juga digunakan untuk pemanas air, peralatan mandi sperti shower, atau peralatan dapur dan semacamnya.

Pemasangan Pompa Booster

Setelah membaca keunggulan dari jenis pompa booster mungkin Anda akan tertarik untuk menggunakan jenis pompa booster grundfos, namun Anda harus memperhatikan beberapa aturan dari cara pemasangannya, seperti dibawah ini:

  • Pasanglah pompa booster dengan posisi motor horizontal, arah aliran air harus mengikuti tanda panah yang terdapat pada rumah pompa
  • Bacalah aturan pakai pada manual book, setiap merek pompa memiliki aturannya tersendiri
  • Pompa booster wajib ditempatkan pada lokasi yang kering untuk menghindarkan berbagai kemungkinan kerusakan, sebaiknya hindari percikan air atau genangan sehingga bisa memudahkan servis ketika suatu saat nanti dibutuhkan.
  • Untuk mencegah pipa dari kebocoran gunakan selotip pada setiap sambungan pipa kemudian kencangkan bagian sambungan pipa pada bagian pompa.
  • Gunakan penutup pompa ketika benda tersebut ditempatkan pada bagian luar rumah. Hal ini bertujuan untuk melindungi benda dari hujan.
  • Pemasangan pompa booster sebaiknya diletakkan tidak jauh dari shower atau water heater, sebaiknya dipasang dengan jarak 1-2 meter

Baca juga: 8 Tips Instalasi Pompa Air Untuk Kebutuhan Sehari-Hari

Selain itu, jika pompa booster direncanakan untuk pemasangan lebih dari 7 titik aliran secara bersamaan maka disarankan untuk menggunakan jenis pompa booster grundfos untuk industri, namun bila pemasangannya dibawah angka tersebut maka Anda bisa memilih pompa booster grundfos untuk rumah tangga.

Produk Pompa Booster Grundfos

Produk Pompa Booster Grundfos

Grundfos merupakan produsen pertama pompa air yang selalu menyempurnakan desain dan fiturnya sehingga bagi konsumen asal Indonesia produk ini sudah tidak asing lagi untuk digunakan dan dicari sparepartnya. Produk ini cukup terkenal di antara merek pompa air jenis lainnya dan sudah didistribusikan secara merata di berbagai daerah hingga pasar online sehingga untuk mendapatkannya sangatlah mudah.

Jenis pompa air yang berasal dari Denmark ini juga dilengkapi dengan berbagai model, fitur sesuai kebutuhan, bentuk dan harga sesuai dengan budget Anda, sehingga penggunaan dari merek ini tidak akan membuat Anda kecewa.

Jika Anda menginginkan produk pompa booster grundfos dengan penawaran harga yang fantastis dan memiliki kualitas asli Grundfos silakan hubungi PT. Duta Kreasi Mulia. Perusahaan ini menjual berbagai jenis pompa rumah tangga dan industri tentunya dengan pelayanan yang ramah, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu pada PT. Duta Kreasi Mulia untuk memastikan produk pompa air yang akan Anda gunakan telah tepat sasaran untuk mencegah timbulnya kerugian.

Editor: Muhammad Arsyah Al Bassam

Author

Enable Notifications OK No thanks