Indonetwork, Peralatan Industri – Plastik ialah salah satu material yang paling banyak dibutuhkan untuk menunjang aktivitas sehari hari manusia. Produk di sekeliling kita umumnya merupakan produk plastik yang memiliki berbagai macam manfaat dan kegunaan di masing masing bidang. Dengan berbagai macam bentukan plastik maka dibutuhkan usaha dalam memproses bentukan plastik tersebut sesuai dengan kebutuhan customer. Produk yang dihasilkan dari vacuum forming Jakarta ini bisa berupa tray yang digunakan untuk untuk mengemas produk yang rentan pecah seperti tray telor ,tray ampul obat ,tray botol ,tray roti tawar kupas,tray biscuit. Sedangkan blister digunakan untuk mengemas produk supaya terlihat sempurna dan menarik perhatian customer.

Vacuum Forming, apa itu?

Vacuum Forming Jakarta
Sumber: Robotshop.com

Vacum forming merupakan sebuah tehnik sederhana yang menggunakan selembar plastik yang dipanaskan pada temperatur tertentu, dan kemudian diregangkan ke dalam sebuah mould atau cetakan. Bentuk dari mould ini bisa beragam sesuai dengan kebutuhan dan permintaan. Setelah mould yang akan digunakan siap, maka alat vacuum untuk membentuk plastik tersebut kemudian diproses yaitu dengan metode vacuum forming seperti di atas sesuai dengan bentuk yang di harapkan. Membaca sedikit mengenai penjelasan vacuum forming di atas memang memberikan kesan mudah, tetapi sebenarnya proses ini cukup sulit.

Vacuum forming yaitu alat yang digunakan untuk membentuk plastik sesuai dengan ukuran, cetakan, dan desain. Proses operasionalnya ialah dengan melapisi atau membungkus suatu produk dengan plastik hingga bisa membentuk sebuah kemasan yang bisa dibilang hampir menyerupai bentuk barang yang dikemasnya. Vacuum forming merupakan teknik yang lebih sederhana dari thermoforming , thermoforming lebih mengutamkan alat pencetakannya yang sudah didesainkan.

Langkah awal dalam vacuum forming ialah menggunakan selembar plastik yang dipanaskan pada temperatur tertentu yang kemudian diregangkan ke dalam sebuah cetakan (mould). Bentuk dari cetakan sangat beragam sesuai dengan kebutuhan dan permintaan. Setelah cetakan yang akan digunakan siap, maka alat vacuum untuk membentuk plastik tersebut kemudian diproses yaitu dengan metode vacuum forming seperti di atas sesuai dengan bentuk yang diharapkan. Produk vacuum forming Jakarta terutama, sering digunakan untuk kemasan plastik, casing speaker,automotive, medical, bahkan dashboard untuk mobil.

Vacuum forming ini biasanya digunakan untuk kemasan plastik, casing speaker, bahkan dashboard untuk mobil. Untuk melakukan teknik ini tidak semudah yang kita bayangkan. Anda harus mengetahui jenis material plastik yang bisa digunakan, berapa suhu temperature yang seharusnya digunakan. Jika kurang temperaturnya maka daya renggang dari plastik tersebut menjadi tidak sempurna, jika berlebih maka terlalu renggang sehingga akan menghasilkan bentuk yang tidak sempurna.

Cara Kerja Vacuum Forming

1. Mould dibuat dari material soft wood/medium density fireboard/expanded polystyrene foam dengan menggunakan cara manual yaitu dibentuk dengan tangan atau menggunakan cara yang efisien yakni desain menggunakan CAD dan membuatnya menggunakan CAM machine seperti mesin CNC.
2. Bentuk mould lebih baik jika landai agar mempermudah ditarik keluar. Draft angle sekitar 5-10n. Jika tidak diberi draft angle akan memungkinkan produk plastik menempel pada moulding.
3. Memberi radius pada bagian corner.
4. Mould harus dilengkapi dengan saluran udara yang kecil sebagai aliran keluarnya tekanan.
5. Mould diletakkan di atas vacuum chamber.
6. Plastic sheet dijepit oleh clamp pada posisi di atas mould.

Baca Juga: Ketahui Beberapa hal Ini Sebelum Menyewa Jasa Service Genset

7. Pemanas diaktifkan untuk memanaskan plastik agar menjadi lunak dan lentur
8. Setelah beberapa menit plastik akan menjadi sangat fleksibel dan siap dibentuk
9. Pemanas dimatikan dan mould bergerak keatas dengan mengangkat tuas hingga posisi terkunci
10. Pompa vacuum dihidupkan dan udara di bawah plastic sheet dipompa keluar dari vacuum. Pada cetakan bagian bawah, tekanan atmosfir di atas plastic sheet didorong ke bawah. Bentuk mould dapat terlihat jelas. Saat plastic cukup dingin, pompa vacuum dimatikan
11. Plastic sheet diangkat dari mould dan hasilnya akan menyerupai bentuk permukaannya
12. Plastik yang berlebih dihilangkan sehingga membentuk sesuai apa yang diinginkan

Produk dari vacuum forming sangat beragam mulai dari gelas plastik, cetakan agar-agar dengan berbagai bentuk, plastik packaging mainan anak, hingga tempat untuk makanan.

Hal yang Mempengaruhi Vacuum Forming

1. Kelembaban lingkungan
2. Bentuk yang dihasilkan tidak sesuai dengan harapan akibat terlalu panasnya plastik dalam proses forming
3. Antara plastik dan mould sebisa mungkin merupakan material yang mudah dilepas

Vacuum Forming
Sumber: Motortrend.com

Keunggulan Vacuum Forming

1. Biaya lebih murah
2. Menghasilkan replikasi yang sangat mendekati bentuk cetakan
3. Peralatan lebih fleksibel, teknologi lebih sederhana, dan mudah dipraktikkan
4. Mould dapat dibuat dari material alumunium, kayu, epoxy, composite, atau material lainnya yang dapat bertahan dengan tekanan dan temperatur saat lembaran plastik dipindah dari heater ke molding
5. Proses vacuum forming memanfaatkan pneumatic, hydraulic, dan pengontrol panas yang memungkinkan lebih singkat waktu saat produksi

Baca Juga: Mengenal beberapa jenis terpal dan fungsinya

Distributor Vacuum Forming Jakarta

PT. Vacpack Indonesia adalah perusahaan indutry plastik Pet Manufacturing pembuat Mika plastik berupa blister, tray makanan, tray biscuit, tray electronic , tray buah di Jakarta, Indonesia. Produk perusahaan tersebut terdiri dari tray dan mika plastik (untuk makanan, buah, telur, elektronic dan juga berdasarkan permintaan dari klien). Material yang kami gunakan adalah PET, PVC PP, dan PET. Mesin high speed vaccum forming Jakarta yang dimiliki perusahaan ini juga sanggup melayani kebutuhan dgn jumlah jutaan.

TEMUKAN SEGALA KEBUTUHAN INDUSTRI ANDA DI INDONETWORK.CO.ID


Author

%d bloggers like this: