Indonetwork, Peluang UsahaTerpal menjadi barang yang penting jika seseorang ingin melindungi atau menutupi barangnya yang berada di outdoor. Terpal merupakan lembaran material yang besar, kuat, fleksibel, dan tahan air. Terpal dapat berupa tekstil yang dibuat dari kanvas atau polyester dilapisi dengan poliuretan, atau terbuat dari plastik seperti polietilena. Ada berbagai macam jenis terpal yang dijual di pasaran.

cara budidaya ikan nila di kolam terpal untuk pemula

Kegunaan terpal biasanya digunakan untuk menutupi barang di truk, untuk pedagang yang berjualan di pinggir jalan, untuk alas duduk saat sedang ada suatu acara yang dilaksanakan di outdoor, hingga alas pembuatan dan budidaya kolam ikan.

Masih banyak sekali kegunaan dari terpal. Apakah Anda membutuhkan terpal? Ada baiknya jika Anda mengenal dahulu seperti apa karakteristik terpal dan fungsinya. Ada banyak sekali jenis terpal, sehingga Anda sangat perlu memastikan mana yang sekiranya akan cocok untuk kebutuhan Anda.

Berikut informasi mengenai jenis-jenis terpal dan fungsinya.

6 Jenis Terpal

1. Terpal Tarpaulin

Terpal PVC Plastik

Terpal tarpaulin atau terpal PVC adalah terpal dengan bahan yang kuat, fleksibel, dan kedap air atau tahan air. Terpal ini sangat multi fungsi. Jenis bahan terpal tarpaulin ini bisa digunakan untuk kolam ikan, tutup bak mobil pick up, penampung limbah tenda canopy, kantong mayat dan lain-lain.

Terpal ini merupakan jenis terpal yang sering Anda lihat dan gunakan sehari-hari.

2. Terpal Kanvas

Terpal kanvas katun merupakan kanvas yang paling cocok untuk menutupi kargo, peralatan, dan persediaan yang ditemukan di lokasi konstruksi dan pertanian. Tetapi kanvas ini tidak cocok untuk menutupi kendaraan, contohnya seperti menutupi mobil. Karena kanvas katun diolesi minyak dan lilin, sehingga bahan tersebut dapat menodai lapisan mobil. Bahan minyak dan lilin yang ada pada terpal kanvas dapat membantu mengontrol pertumbuhan jamur dan mengusir air.

Terpal yang tidak tahan air sangat tidak direkomendasikan untuk digunakan di luar ruangan saat basah. Serat kapas alami pada jenis terpal kanvas ini dapat tahan lama dan dapat bertahan selama bertahun-tahun. Tetapi jika sudah mulai sobek, maka perlu diperbaiki secepat mungkin.

Terpal kanvas
Sumber: eBay

3. Terpal Plastik

Terpal plastik dapat dirancang untuk penggunaan ringan atau berat. Terpal plastik jenis poly biru adalah terpal yang sering Anda lihat di toko-toko. Ketebalan terpal plastik sekitar 4 mil. Jika tidak dirawat dengan benar, terpal plastik cenderung tidak akan bertahan lama. Terpal plastik dirancang untuk tahan lebih lama dan biasanya dapat digunakan untuk alas kolam budidaya ikan.

Terpal plastik

BACA JUGA: Tips Efisien Memilih Terpal Plastik

4. Terpal Sunbrella

sunbrella terpal

Terpal sunbrella mengandung bahan serat akrilik yang memiliki struktur tinggi, Terpal sunbrella biasanya banyak digunakan untuk kebutuhan rumah. Kelebihan dari terpal jenis ini adalah tahan terhadap cuaca, anti jamur, serat kain kuat dan awet, lentur, tidak berbekas ketika dilipat, banyak varian warna, tidak mudah sobek, tidak meneruskan kebakaran, waterproof.

5. Terpal Nylon

Terakhir, ada jenis terpal nylon yang memiliki tampilan menarik. Hal ini juga didukung dengan tingkat durabilitas dan kualitas terpal yang baik. Terpal nylon ini juga biasanya sudah dilapisi dengan coated. Untuk terpal nylon ini biasanya digunakan untuk pembuatan kolam ikan atau alas penampungan air lainnya.

Terpal nylon

6. Terpal Jaring

Terpal jaring tersedia dalam berbagai bahan dan dirancang agar sinar UV matahari masuk. Terpal polietilen terbuat dari jaring polietilen dan dapat menghalangi hampir 90 persen sinar matahari. Selain itu, bahan polypropylene mesh juga menawarkan perlindungan yang maksimal dari sinar matahari dengan perlindungan UV, yang mencapai 95 persen.

Terpal ini dirancang untuk memungkinkan udara masuk sekaligus juga untuk menjaga agar puing-puing tetap terkandung. Terpal jaring ini biasa digunakan untuk pengendalian puing dan memastikan partikel tidak melebihi diluar lokasi konstruksi.

Terpal jaring

Tips Memilih Terpal Kolam Untuk Budidaya Ikan

Dalam memulai usaha budidaya ikan, Anda bisa menggunakan terpal kolam untuk membuat kolamnya. Terpal banyak digunakan dalam budidaya ikan karena bisa meminimalisir biaya perawatan kolam, dapat dibentuk sesuai dengan keinginan, dapat disesuaikan dengan luas ruangan, dan sebagainya.

Jika Anda ingin budidaya ikan menggunakan terpal sebagai bahan kolamnya, berikut beberapa tips dalam memilih terpal yang sesuai.

Kualitas Terpal

Carilah terpal yang berkualitas baik dan spesifikasi tebal agar tidak mudah rusak termakan usia dan tidak mudah bocor. Menggunakan terpal tipis bukanlah solusi yang baik, walau dari sisi harga lebih murah dan bisa menghemat investasi, namun bayangkan apabila sampai robek dan menyebabkan air keluar membuat ikan di dalam kolam mati. Pasti kerugian lebih besar terjadi. Maka dari itu, pastikan memilih terpal dengan kualitas yang baik.

Perhatikan Ukuran Terpal

Pada saat memilih terpal, usahakan memilih dengan sangat hati-hati dan sesuaikan dengan besaran lahan yang akan ditaruh kolam di atasnya. Di pasaran biasanya terpal yang banyak beredar berukuran 4 x 6 meter. Kelebihan dari menggunakan terpal untuk kolam budidaya ikan adalah dapat menyesuaikan bentuk, ukuran, dan luas lahan yang dimiliki.

BACA JUGA: CARA BUDIDAYA IKAN NILA DI KOLAM TERPAL UNTUK PEMULA

Harga Terpal Kolam

Berikut beberapa harga terpal kolam yang ada di pasaran.

harga terpal kolam

Rekomendasi Tempat Jual Terpal Kolam

Apakah anda tertarik ingin memulai usaha budidaya ikan dan membeli terpal kolam yang berkualitas? Anda bisa menemukannya di CV. Cahaya Abadi Terpal. Anda akan menemukan terpal berkualitas tinggi dengan harga yang cukup terjangkau, termasuk terpal kolam.

Cahaya Abadi Terpal merupakan pabrik terpal dan tangan pertama penjualan berbagai kebutuhan terpal baik yang telah dibentuk maupun dijual dengan lembaran. Perusahaan ini telah berdiri cukup lama di Surabaya dan telah berhasil mensuplai pada beberapa pelaku usaha tambak dan ikan lainnya. Kualitas yang bermutu baik dan harga yang ramah dikantong menjadi keunggulan dari CV. Cahaya Abadi Terpal sehingga eksistensinya tetap terjaga dengan baik selama bertahun-tahun.

Penulis: Najmia Chaerunnisa

Penulis: Nafila Chaerunnisa

Enable Notifications OK No thanks