Indonetwork, BisnisQuality control merupakan hal yang penting bagi pebisnis besar. Perusahaan yang menerapkan quality control di setiap prosesnya memiliki kemudahan untuk memenuhi permintaan konsumen untuk produk yang lebih baik. Maka dari itu, menjaga kualitas barang cukup penting agar usaha yang kita bangun tidak mengalami kerugian.

Berikut ini akan dibahas mengenai pentingnya quality control untuk menjaga kualitas barang. Pastikan Anda membacanya hingga akhir agar dapat membantu bisnis yang Anda kelola. 

Apa Itu Quality Control?

quality control barang

Bagi pebisnis, istilah quality control (QC) mungkin sudah tidak asing lagi. Dalam Bahasa Indonesia, quality control sering disebut sebagai pengendalian kualitas.

Quality control adalah proses untuk memastikan kualitas produk yang dihasilkan berkualitas sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan perusahaan. Hal ini merupakan tanggung jawab penuh perusahaan terhadap kualitas produk yang dihasilkan sebelum didistribusikan ke pasar. 

Orang yang bekerja di pengendalian kualitas produk tersebut, biasanya bertugas memeriksa secara visual ataupun dengan bantuan teknologi modern atau menguji produk secara manual pada saat sebelum, selama dan setelah proses produksi. 

Untuk memperoleh kualitas produksi yang baik, staf quality control juga bertanggung jawab dalam menjalankan dan memantau peralatan inspeksi, serta merekam dan menganalisis data kualitas produksi.

Manfaat  Quality Control

quality control barang

Quality control sendiri memiliki banyak manfaat bagi pebisnis di dalam sebuah perusahaan. Dengan melakukan quality control memungkinkan sebuah perusahaan mampu bertahan dalam persaingan bisnis. 

Tidak hanya itu, quality control memiliki manfaat lainnya. Apa saja manfaat quality control? Berikut manfaat lainnya quality control.

1. Meningkatkan Efisien 

Quality control dapat meningkatkan efisiensi, baik itu dari segi proses produksi, tenaga, dan juga waktu. Jika QC tidak dilakukan, bisa saja ditemukan kesalahan atau cacat dari sebuah produk. Jika ada kesalahan yang ditemukan, Anda harus memperbaiki ulang dan hal tersebut cukup memakan waktu, biaya, dan juga tenaga. Akan lebih baik mengecek kualitas pada setiap proses untuk meminimalisir kesalahan dan kerugian.

BACA JUGA: Ingin Banjir Orderan? Ini Tipsnya!

2. Menjaga Kepuasan Pelanggan

Hal yang paling harus diperhatikan dalam membuat produk biasanya adalah menjaga kepuasan pelanggan. Dengan menerapkan QC,  dapat mengurangi dan menghindari kesalahan fatal yang tidak terdeteksi. Jika kesalahan ini diabaikan dapat membuat pelanggan tidak ingin membeli produk Anda lagi. 

Oleh karena itu, menjaga kepuasan pelanggan harus tetap dijaga karena ini merupakan salah satu aspek yang dapat mempengaruhi loyalitas konsumen. Salah satunya adalah dengan menerapkan QC produk yang baik.

3. Membuat Bisnis Lebih Berkembang

Manfaat QC selanjutnya adalah meningkatkan kemungkinan bisnis untuk terus berkembang. Bagaimana tidak, jika proses produksi efisien, konsisten, dan pelanggan merasa puas, akan dapat membuat bisnis Anda berkembang.

4. Produksi Lebih Konsisten

Manfaat yang terakhir adalah proses produksi bisa berjalan dengan konsisten. Dari mulai proses awal pembuatan hingga produk jadi. Standar yang telah ditentukan sebelumnya merupakan patokan yang harus diikuti oleh setiap karyawan selama proses produksi agar tidak terjadinya kecacatan produk yang akan dipasarkan.

Tujuan dan Tugas Quality Control

quality control produk

Setelah mengetahui manfaat quality control selanjutkan kita akan membahas tugas dan tujuan dari quality control. 

Seperti yang sudah kita tahu, quality control merupakan proses untuk memastikan kualitas produk sudah benar benar berkualitas sesuai dengan standar pabrik. Quality control berlaku untuk semua industri. Tak terkecuali industri makanan dan minuman. Kualitas bahan baku dan proses produksi sangat menentukan hasil akhir. Jika produk makanan yang dibuat ternyata tidak sesuai dengan standar setelah melalui proses quality control, maka dikhawatirkan produk dapat menyebabkan penyakit.

Akan tetapi, quality control juga memiliki tugas dan tujuan lainnya. Berikut tujuan dan tugas quality control.

Tujuan Quality Control 

  • Meningkatkan persentase customer retention.
  • Mengontrol biaya dan juga cost.
  • Ketepatan dalam penyampaian.
  • Menjamin suatu keselamatan.
  • Memenuhi suatu keinginan pembeli terhadap suatu produk dan service.
  • Menghasilkan sebuah kualitas produk yang sangat baik dan ramah lingkungan.

BACA JUGA: Pentingnya Jumlah Stok Barang Dan Cara Restock

Tugas Quality Control

1. Menguji Kualitas Produk

Hal pertama yang dilakukan oleh operator quality control adalah menguji kualitas produk. Operator ini bertugas untuk menguji kelayakan suatu produk untuk dapat masuk tahap proses selanjutnya

2. Menjaga Visi Dan Misi Perusahaan Dalam Menjaga Produk

Tugas seorang quality control juga harus menyelaraskan kembali visi dan misi perusahaan pada kualitas produk yang dimiliki. Sebab tanpa kualitas yang kini ada, penjualan dan kesan produk tidak akan baik. 

3. Melakukan Control

Quality control bertugas menjalankan kontrol dengan melibatkan pihak terkait untuk menjaganya tetap pada standar yang dimiliki perusahaan. Dengan begitu, produk yang dimiliki akan selalu bisa memenuhi ekspektasi customer.

4. Menganalisis riwayat dokumentasi

Melakukan berbagai analisis serta mendokumentasikan sebuah produk agar dapat digunakan kembali sebagai referensi kedepannya.


Itulah informasi mengenai quality control, manfaat, tujuan dan tugasnya semoga dapat membantu Anda dalam menjalankan bisnis Anda.

Jika Anda sedang mencari barang-barang industri yang berkualitas dan tentunya sudah melalui tahap quality control, Anda dapat mencarinya di Indonetwork. Indonetwork sebagai B2B marketplace tentunya akan membantu segala kebutuhan Anda.

Penulis: Wardah Aliya Rahmah

Editor: Nafila Chaerunnisa


%d bloggers like this: