Indonetwork, Tips dan TrikSetiap pebisnis pastinya menginginkan kemajuan pada bisnisnya. Salah satu dari kemajuan tersebut dapat terukur dari banyaknya pelanggan yang melakukan orderan dan pembelian ulang atau sering disebut repeat order. Dengan adanya repeat order menandakan produk yang dijual banyak disukai oleh pelanggan, sehingga Anda pun akan mendapatkan banjir orderan.

Jika membicarakan tentang repeat order, banyak faktor yang mempengaruhinya, salah satunya adalah kualitas produk. Masih banyak juga kemungkinan lainnya dan dari hal tersebut sangat mudah menyesuaikan masing-masing pelanggan dan produk yang Anda jual.

Agar tidak bingung, mari kita lebih mengenal apa itu repeat order dan tips agar barang yang Anda jual bisa mendapatkan banjir orderan.

Mengenal Repeat Order

tips repeat order

Repeat order atau yang biasa diartikan sebagai pemesanan kembali dan atau pemesanan berulang-ulang kali pada suatu produk yang sama. Ada banyak alasan yang menyebabkan para konsumen melakukan pembelian ulang produk. Biasanya, alasan utamanya adalah barang yang dibeli berkualitas sangat baik, bisa digunakan sesuai dengan fungsi dan kebutuhannya, serta sesuai dengan harga yang ditawarkan.

Para pelanggan akan melakukan pemesanan kembali jika produk yang dibeli sesuai dengan ekspektasinya. Jangan lupakan juga dengan aspek pelayanan dari Anda sebagai pihak penjual. Pelayanan yang baik dan merespon pembeli dengan cepat juga bisa membuat para pelanggan untuk berbelanja kembali.

BACA JUGA: Cara Mudah Mengelola Stok Barang Di Toko Online

Cara Agar Orderan Ramai

Lantas, bagaimana jika Anda ingin produk Anda mendapatkan banyak orderan bahkan hingga repeat order dari para pelanggan? Berikut beberapa tips agar orderan di toko Anda bisa selalu ramai dan banjir pembeli.

1. Penjual Harus Memberikan Pelayanan yang Baik

Penjual yang Memberikan Pelayanan yang Baik

Pelanggan tentunya senang jika mendapatkan pelayanan yang baik. Paling tidak seperti mengucapkan selamat datang saat ingin berbelanja atau menanyakan apa yang dibutuhkan.

Jika Anda menjalankan bisnis secara online pun Anda masih bisa memberikan pelayanan yang baik, seperti selalu sedia dan membalas saat pelanggan bertanya melalui chat atau komentar.

Hal yang harus dilakukan adalah teliti, dan sabar. Walaupun tidak pasti pelanggan akan membeli setidaknya sudah memberikan pelayanan yang memuaskan. Bisa saja saat nanti di lain waktu mereka akan merekomendasikan toko kepada temannya. Ingat selalu prinsip bahwa pelanggan adalah raja.

2. Memberikan Kesan Menarik Pada Produk

Penampilan produk yang menarik akan sangat mempengaruhi psikologi pelanggan. Contohnya, kemasan yang begitu unik dan mudah untuk diingat. Jangan terlalu perhitungan dan pelit saat memberikan kemasan pada pelanggan. Karena, pelanggan akan lebih suka ataupun senang jika Anda memberikan effort kecil dan membekas di benak mereka. 

Sediakanlah dana khusus untuk kemasan produk. Kemasan yang menarik akan meningkatkan jumlah produk yang terjual dan bahkan akan membuat pelanggan melakukan pembelian ulang.

3. Disiplin dalam Stok Produk dan Pengiriman 

Agar mendapatkan repeat order, hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah memastikan stok ada setiap saat. Pengiriman tepat waktu juga salah satu merupakan cara untuk meningkatkan repeat order. 

Bayangkan, jika saja saat hari estimasi produk telah sampai di rumah padahal produk tersebut akan segera digunakan oleh pelanggan. Sudah pasti mereka tidak ingin lagi untuk melakukan pembelian ulang. Pastikan Anda memilih jasa ekspedisi yang terpercaya untuk bisnis Anda.

BACA JUGA: Pentingnya Jumlah Stok Barang Dan Cara Restock

4. Optimalkan Promosi

Agar pelanggan terus melakukan repeat order, Anda dapat memberikan sebuah bonus produk tertentu untuk sejumlah pembeliannya. Lakukan juga pada promosi yang memfokuskan testimoni pada pelanggan, agar pelanggan merasa percaya dan cocok dengan apa yang sudah ditawarkan.

5. Gunakan Teknik Retargeting

google Ads

Teknik retargeting yaitu teknik untuk membujuk ataupun merayu pelanggan terkait produk yang sebelumnya sudah mereka lihat. Misalnya, mencari jenis laptop pada Google. Nantinya, jika membuka media sosial akan menampilkan laptop yang sebelumnya sudah di cari. Retargeting ini menjadi salah satu cara untuk meningkatkan dalam penjualan.

Anda dapat mengunakan teknik marketing SEM atau Search Engine Marketing untuk mengiklankan produk Anda agar berada di halaman pertama Google. Sehingga, akan banyak orang yang lebih mengenal produk.


Nah, itulah beberapa penjelasan singkat mengenai cara dan manfaat mengelola barang Anda agar mendapatkan repeat oder dan banjir orderan. Semoga dapat membantu dalam mengelola bisnis pada toko Anda. Segera bergabung bersama Indonetwork dan mulai kembangkan bisnis Anda.

Penulis: Najmia Chaerunnisa

Editor: Nafila Chaerunnisa

Enable Notifications OK No thanks