Salah satu faktor yang membuat budidaya walet bisa berhasil adalah rumah. Anda tentu saja harus membuat rumah yang disukai walet jika usaha Anda ingin berhasil. Anda tidak perlu khawatir mengenai perlengkapannya karena sekarang sudah banyak toko yang jual perlengkapan rumah walet.

Jika perlengkapan di dalam rumah walet sudah mendukung, kemungkinan besar budidaya walet Anda akan berhasil. Tidak heran jika suatu saat Anda bisa memperoleh keuntungan yang cukup besar. Karena sama seperti manusia, walet juga memerlukan tempat tinggal yang layak.

Karakteristik Rumah yang Disukai Walet

Rumah walet yang besar memang sangat bagus karena bisa menampung lebih banyak walet. Namun juga harus didukung dengan perlengkapan yang lengkap dan bagus. Berikut ini adalah karakteristik rumah yang disukai walet.

1. Rumah Ada Di Lokasi Terbaik Walet

Salah satu ciri khas rumah yang disukai oleh walet yaitu rumahnya harus memang dekat dengan mereka. Jadi ketika membuat rumah walet, pastikan untuk membuatnya di tempat yang terdapat populasi waletnya.

Untuk memancing supaya mereka bisa masuk ke dalam rumah yaitu dengan menggunakan beberapa instrumen. Diantaranya adalah parfum walet dan rekaman suara. Kemudian beli juga bibir berupa telur walet supaya banyak yang datang ke rumah.

2. Tembok Luar Warna Hitam

Karakteristik rumah yang disukai walet yang selanjutnya adalah dindingnya berwarna hitam. Karena walet sangat suka ruangan yang lembab.

Ciri khas warna hitam ini yaitu mampu menyerap panas dengan maksimal. Sehingga dinding rumah di dalam rumah jangan menggunakan warna hitam karena produksi walet justru akan terganggu.

3. Suhu Ruangan yang Ideal

Suhu ruangan yang terlalu panas akan membuat produksi walet terganggu. Suhu ruangan yang terlalu panas akan membuat walet sulit untuk bertelur. Bahkan walet akan menghasilkan air liur dengan kualitas buruk seperti cepat rusak dan hancur.

Sedangkan jika suhunya terlalu rendah akan membuat walet kedinginan. Akibatnya produksi air liur tidak akan optimal, bahkan bisa berujung pada kematian.

Idealnya, suhu rumah yang optimal di kisaran 27-29 derajat celcius. Rentang suhu tersebut merupakan habitat walet ketika hidup di lingkungannya.

4. Sirkulasi Udara yang Bagus

Ventilasi yang ada di dalam rumah bisa Anda sesuaikan dengan lokasinya, namun pastikan harus ada ventilasi. Kalau bangunan walet berada di dataran rendah, jumlah ventilasi yang dipasang harus lebih banyak.

Namun jika gedung berada di dataran tinggi, ventilasi jangan dipasang terlalu banyak. Anda bisa memasangnya dengan jarak 4 meter setiap ventilasi supaya walet tidak kedinginan.

Pastikan juga supaya Anda menutup lubang-lubang udara menggunakan jarang atau kain hitam di setiap sisinya. Dengan begitu oksigen yang ada di luar bisa masuk ke dalam ruangan.

Ukuran Rumah Walet yang Ideal

Untuk rumah walet bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki. Anda bisa membuat gedung lima lantai atau dua lantai dengan ketinggian per lantainya sekitar 2-2,5 meter.

Untuk menekan budget pembuatan gedung walet, Anda bisa membangunnya di atas rumah tinggal Anda. Sehingga biaya urug, pondasi, dan jasa tukang bangunan bisa Anda tekan.

Untuk perlengkapannya bisa membelinya di toko yang khusus menjual perlengkapan walet baik online maupun offline. Misalnya Perusahaan Buana Jaya yang jual perlengkapan rumah walet dengan harga terjangkau dan lengkap.

Demikianlah karakteristik rumah yang disukai walet yang perlu Anda ketahui. Pastikan ketika akan membangun rumah walet, sesuaikan dengan karakteristik tersebut. Sehingga budidaya walet yang Anda lakukan akan lebih efektif.


Enable Notifications    OK No thanks