Indonetwork, BisnisKini, bisnis rumahan atau UMKM semakin menjamur. Beragam produk pun banyak dijual. Namun, bisnis UMKM yang paling menjamur dan laris adalah produk makanan dan minuman.

Selain proses produksi yang cukup mudah dan biaya produksi yang murah, bisnis makanan dan minuman pun memiliki perputaran modal yang cepat. Maka tak heran jika banyak yang membutuhkan jasa sablon kemasan plastik agar memiliki kemasan yang cantik untuk produk dagangan mereka.

Jika Anda juga ingin memulai bisnis yang membutuhkan sablon plastik kemasan, simak terus artikel ini hingga akhir!

Mengenal Kemasan Sablon Cup

sablon plastik cup
Sumber: Unsplash

Sablon adalah proses mentransfer desain yang dapat dicetak ke permukaan datar menggunakan mesh screen, tinta, dan alat lainnya yang terbuat dari karet. 

Kain dan kertas adalah permukaan yang paling sering dicetak, tetapi dengan tinta khusus juga memungkinkan untuk mencetak ke kayu, logam, plastik, dan bahkan kaca. 

Kemasan cup plastik untuk produk makanan dan minuman pun dapat dicetak menggunakan teknologi ini.

Kelebihan Sablon Kemasan Plastik

sablon kemasan plastik cup
Sumber: Unsplash

Saat mempertimbangkan untuk menggunakan teknologi sablon, ada baiknya memikirkan manfaatnya, yang banyak sekali. Beberapa manfaat tersebut antara lain:

1. Serba Guna

Salah satu keunggulan utama sablon adalah sangat serbgauna dan dapat digunakan pada segala jenis bahan. Mulai dari bahan kain, plastik, kayu, kaca atau bahkan logam. Anda bisa membuat desain dengan beragam warna untuk dicetak saat menggunakan sablon.

2. Daya Tahan

Dibandingkan dengan metode pencetakan lainnya, sablon menggunakan tinta dengan kualitas yang baik, sehingga menghasilkan desain yang tahan lama. Selain itu, pelapis dan aditif tertentu dapat membuat tinta tahan terhadap sinar UV, goresan, kelembapan, dan bahan kimia, memungkinkan produk sablon digunakan di luar ruangan dan di lingkungan yang keras tanpa memudar.

Jika Anda memulai bisnis minuman, umumnya minuman dingin akan menghasilkan air pada kemasan yang bisa membuat tinta cair. Namun tidak perlu khawatir jika Anda menggunakan sablon untuk kemasan plastik. Tinta yang digunakan sangat baik sehingga desain di kemasan pun tidak akan rusak.

Baca Juga: Apa Saja Perbedaan E-Commerce Dengan Marketplace?

3. Pilihan Warna Tinta

Warna-warna cerah dan berani yang dihasilkan oleh sablon cukup sulit untuk ditiru dengan teknik lain. Untuk beberapa desain warna, lapisan terpisah digunakan, yang memungkinkan setiap warna mempertahankan warna yang sebenarnya.

4. Hemat Biaya

Sablon adalah metode hemat biaya dalam jangka panjang. Untuk mencetak di kemasan, harga sablon plastik sangat murah dibandingkan dengan metode lainnya. Setelah proses persiapan selesai, pengerjaannya relatif cepat dan mudah untuk mencetak item dengan jumlah yang banyak dalam satu waktu. Jadi, dapat dikatakan semakin banyak Anda mencetak, semakin murah biayanya.

5. Kecepatan dan Efisiensi yang Baik

Sablon adalah salah satu teknik pencetakan yang paling efisien dan cepat setelah layar dibuat. Ini adalah pilihan yang sangat baik jika desain yang sama akan dicetak berulang kali.

6. Proses Cepat

Proses sablon cukup mudah, apakah itu otomatis atau dilakukan secara manual. Selain itu, alat yang dibutuhkan juga tidak sulit atau mahal untuk diganti.

Cara Menyablon Plastik Kemasan

sablon plastik kemasan
Sumber: Unsplash

Metode dasar dalam mencetak sablon untuk kemasan adalah dengan membuat desain pada mesh screen untuk kemudian dicetak dengan cara mendorong tinta (atau cat, dalam kasus karya seni dan poster) untuk membuat cetakan desain Anda pada permukaan di bawahnya.

Desain yang dibuat dengan teknik sablon bisa menggunakan satu warna tinta saja, atau beberapa. Untuk item warna-warni, warna harus diaplikasikan dalam lapisan individual, menggunakan stensil terpisah untuk setiap tinta.

Secara rinci, proses mencetak sablon plastik kemasan cup, yaitu:

1. Membuat Desain

Langkah awal adalah membuat desain untuk kemudian dicetak menjadi film asetat transparan. Inilah yang akan digunakan untuk membuat stensil.

2. Menyiapkan Layar

Selanjutnya, printer akan memilih mesh screen yang sesuai dengan desain dan tekstur yang akan dicetak. Layar mesh kemudian dilapisi dengan lapisan emulsi reaktif cahaya yang dapat mengeras saat ditaruh di bawah cahaya terang.

Baca Juga: Mengenal Kualitas Produk: Fungsi Dan Cara Menerapkannya

3. Emulsi Terbuka

Lembar asetat dengan desain tersebut kemudian akan diletakkan di atas layar berlapis emulsi, dan terekspos oleh cahaya yang sangat terang. Cahaya akan mengeraskan emulsi, sehingga bagian layar yang tertutup desain tetap dalam bentuk cair.

Jika desain akhir terdiri lebih dari satu warna, maka layar terpisah harus digunakan untuk menerapkan setiap lapisan tinta dan warna yang berbeda.

4. Emulsi Dicuci, Membuat Stensil

Setelah layar diekspos selama waktu tertentu, area layar yang tidak tercakup oleh desain akan menjadi keras. Setiap emulsi yang tidak mengeras kemudian dibilas dengan hati-hati. Ini akan meninggalkan jejak desain yang jelas pada layar agar tinta dapat melewatinya.

Layar kemudian dikeringkan, dan printer akan melakukan koreksi yang diperlukan untuk membuat cetakan seakurat mungkin dengan desain aslinya. Stensil siap untuk digunakan.

5. Item Disiapkan Untuk Dicetak

Layar kemudian ditempatkan pada mesin cetak. Item atau garmen yang sedang dicetak diletakkan mendatar di atas papan cetak, di bawah layar. Pada kasus ini adalah kemasan cup plastik yang ingin Anda gunakan.

6. Tinta Ditekan Melalui Layar Ke Item

Layar kemudian diturunkan ke papan cetak. Tinta ditambahkan ke ujung atas layar, dan alat pembersih yg terbuat dari karet digunakan untuk menarik tinta di sepanjang layar. Ini menekan tinta melalui area terbuka stensil, mencetak desain pada produk di bawahnya.

Jika printer membuat banyak item, layar akan dinaikkan dan garmen baru diletakkan di atas papan cetak. Proses ini kemudian diulang.

Setelah semua item dicetak dan stensil telah memenuhi tujuannya, emulsi dihilangkan menggunakan cairan pencuci khusus sehingga jaring dapat digunakan kembali untuk membuat stensil baru.

7. Produk Dikeringkan, Diperiksa, Dan Selesai

Produk yang dicetak kemudian melewati pengering dan menghasilkan hasil akhir yang halus dan tahan warna. Produk akhir akan diperiksa dan dicuci secara menyeluruh untuk menghilangkan residu, sebelum dapat digunakan.

Baca Juga: Pentingnya Quality Control Untuk Menjaga Kualitas Barang

Rekomendasi Jasa Sablon Plastik Terdekat

Jika Anda ingin memulai bisnis yang membutuhkan jasa sablon plastik, Anda bisa menghubungi Grace Sablon. Kami sudah bergerak di bidang Sablon Cup untuk segala jenis ukuran dan sudah berjalan lebih dari 10 tahun, sehingga bisa membuktikan kualitas dari sablon cup yang dihasilkan. Kami menerima jasa sablon cup untuk cafe, restoran dan UMKM.

Untuk mendapatkan sablon plastik murah untuk daerah Surabaya dan sekitarnya, Anda bisa mempercayakan di Grace Sablon. Segera tingkatkan bisnis Anda dengan Grace Sablon.


%d bloggers like this: