Kayu adalah salah satu jenis bahan bangunan yang cukup terkenal di nusantara, penggunaan kayu sebagai bahan bangunan sudah dilakukan sejak lama, penggunaan kayu banyak sekali digunakan sebagai pengganti beton ataupun pengganti lantai, Karena kayu memilki kekuatan yang sangat baik jika dijadikan bahan bangunan, jika mencari kayu sebagai bahan bangunan, dapat bisa mendapatkan pada supplier bahan bangunan berkualitas di daerah anda.

Seperti yang kita ketahui, penggunaan kayu sebagai bahan bangunan sudah tidak asing lagi, namun apakah anda tau jenis jenis kayu yang dapat anda gunakan sebagai bahan untuk bangunan anda? Karena tidak semua jenis kayu yang ada bisa digunakan sebagai bahan bangunan dan pengganti besi, oleh karena itu ada beberapa jenis kayu yang harus anda ketahui jika anda ingin menggunakan kayu sebagai bahan bangunan.

Ada beberapa jenis kayu yang dapat digunakan sebagai bahan bangunan seperti kayu jati, kayu kelapa atau glugu, kayu kamper, kayu merbau, dan masih banyak lagi, oleh karena itu penulis akan membahas dan memberikan infoemasi tentang jenis kayu apa saja yang dapat digunakan sebagai bahan bangunan.

Berikut adalah jenis jenis kayu yang bisa dijadikan bahan bangunan beserta ulasan nya :

1. Kayu Jati
Kayu jati adalah kayu yang paling banyak digunakan sebagai bahan bangunan kayu ini memiliki kekuatan yang sangat baik, kayu ini tahan dengan cuaca extreme serta jamur dan serangga, tipe kayu ini banyak digunakan sebagai furniture karna memilki serat kayu yang bagus.
Adapun ciri ciri kayu tersebut adalah :
• Sangat Awet
• Berwarna Cokelat
• Mudah DI Potong
• Tidak Mudah Berubah Warna
• Memilki Berat Yang Kokoh
Jenis kayu jati yang di pergunakan untuk bahan bangunan biasanya harga nya di pengaruhi dari asal kayu tersebut, berbeda asal juga berbeda harga , jenis kayu jati bisanya berasal dari pohon dengan tingga sekitar 40 meter , karna dengan tinggi seperti itu kayu jati sudah matang.

2. Kayu Kamper
Kayu kamper adalah kayu yang memiliki teksture yang indah dengan serat yang begitu detail, kayu ini biasa di sebut kayu borneo, kayu ini digunakan untuk pembuatan kusen dan juga jendela, memang dari segi kekuatan kayu, kayu ini tidak sekuat kayu jati, namun kayu ini dapat disandingkan dengan kayu jati, kayu ini terbagi 3 jenis yaitu kampre samarinda, kamper krueng, kamper Surabaya, kayu ini memiliki texture yang sama dari setiap jenis nya, kayu kayu tersebut bisa anda dapatkan di distributor bahan bangunan berkualitas di kota anda.

3. Kayu Bengkirai
Harga kayu pada bahan bangunan tentunya berbeda beda tergantung dari kualitas kayu nya, kayu bengkirai adalah salah satu jenis kayu yangh kuat dan tahan lama, kayu bengkirai sering sekali digunakan sebagai bahan atap sebuah banguna, dikarenakan kekuatan nya yang tahan terhadap cuaca extreme, dan juga gunakan sebagai decking dan lipsting.

4. Kayu Merbau
Kayu merbau adalah kayu yang kuat dan tahan terhadap serangan rayap dan juga memiliki kekuatan yang sebanding dengan kayu bengkirai, kayu ini memiliki tekstur berwarna merah dan kadang ada corak kuning pada bagian tengahnya serta serat garisnya yang terputus putus, kayu ini banyak digunakan sebagai atasp dari sebuah bangunan.

Baca Juga : 6 Fungsi Whell Loader

5. Kayu Ulin
Kayu ulin adalah kayu yang banyak digunakan dalam pembuatan perahu, kayu ini tahan terhadap air asin, oleh karena itu kayu ulin juga digunakan sebagai bantalan kereta api serta tiang pancang.

Pada proses pembangunan kayu ini banyak digunakan oleh orang orang sebagai bahan untuk pagar kayu karena kayu ini memilki kelebihan yaitu tahan air.

Informasi diatas adalah jenis jenis kayu yang dapat anda gunakan sebagai bahan bangunan, anda bisa mendapatkan kayu ini di supplier bahan bangunan berkualitas di kota anda, mudah mudahan informasi ini dapat bermanfaat bagi anda.


Enable Notifications    OK No thanks