Indonetwork, Jasa Pindahan – Semakin berkembangnya zaman, cara mengirim barang ke daerah lain pun semakin bervariasi. Begitu pula dengan jenis barang yang bisa diangkut, bukan sekadar dokumen saja, melainkan mulai dari pengiriman pakaian, barang elektronik, hingga alat rumah tangga. Termasuk kini sudah bisa mengirim mobil ke pulau lain dengan mudah sejak adanya jasa pengiriman mobil antar pulau.

Kebutuhan akan kirim kendaraan ke daerah lain biasanya akan meningkat menjelang hari raya keagamaan yang memberi kesempatan libur cukup panjang.

Namun, pengiriman mobil antar pulau bisa sangat dibutuhkan jika Anda melakukan pekerjaan keluar kota, akan tetapi Anda tidak ingin berkendara membawa mobil anda sendiri. Solusinya bisa dikirim menggunakan jasa pengiriman mobil antar pulau. Atau jika Anda berpindah rumah ke pulau lain, pengiriman mobil antar pulau akan dibutuhkan dalam situasi tersebut.

Mengingat barang yang dikirim melalui ekspedisi bernilai besar, maka pengiriman mobil tidak bisa dilakukan sembarangan. Terdapat syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi, mulai dari surat-surat dokumen hingga kondisi mobil yang hendak dipaketkan.

Nah, mungkin Anda berencana melakukan pengiriman mobil ke pulau lain tapi tidak mengerti bagaimana caranya, artikel ini akan mengulas dengan lengkap syarat hingga tips mengirim mobil antar pulau.

Syarat Pengiriman Mobil Antar Pulau

syarat pengiriman mobil antar pulau
Sumber: cardekho.com

Ketentuan pada jasa pengiriman kendaraan berbeda dengan jasa pengiriman barang biasa. Mirip seperti pengiriman motor antar kota, saat hendak mengirimkan mobil ke pulau lain juga Anda perlu menyiapkan beberapa dokumen persyaratan, di antaranya:

Melampirkan Fotocopy KTP

Serahkan fotocopy KTP asli Anda sebagai pemilik mobil. Ini merupakan syarat yang wajib dilakukan dalam melakukan pengiriman mobil antar pulau.

Melampirkan Fotocopy Kartu Keluarga(KK)

Fotocopy kartu keluarga (KK) juga termasuk kelengkapan dalam pengiriman mobil antar pulau. Walaupun fotocopy KK terbilang syarat yang tidak pokok tapi ada beberapa jasa layanan pengiriman seperti pengiriman kendaraan yang memerlukan fotocopy KK.

Mengajukan Fotocopy BPKB Asli

Syarat yang ketiga adalah Anda sebagai pengirim harus memiliki BPKB mobil yang asli. Karena BPKB akan diajukan untuk proses pengiriman dan BPKB mobil yang diajukan harus sesuai dengan identitas pemiliknya.

Mengajukan STNK Asli

Setelah melakukan 3 tahap di atas tidak lengkap jika mobil tidak memiliki STNK. Dengan memiliki STNK, maka kendaraan yang Anda miliki terbilang resmi.

Melengkapi Data Alamat Pengiriman dan Penjemputan

Diperlukannya syarat ini agar pengiriman aman sampai alamat yang Anda tuju. Sebelum dilakukan pengiriman, pastikan data alamat Anda sebagai pengirim dan alamat tujuan sudah sesuai. Sebab poin ini pasti akan dicek kembali oleh petugas jasa  pengiriman supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga: Mengenal Jasa Project Cargo dalam Pengiriman Alat Berat

Biaya Kirim Mobil Antar Pulau

Untuk biaya kirim mobil antar pulau mempunyai harga yang berbeda-beda, bergantung pada jarak tempuh dan lama perjalanan. Namun, dikutip dari berbagai sumber, kisaran biaya kirim mobil antar pulau seperti Aceh – Jakarta adalah mulai dari Rp7 jutaan, dengan estimasi lama pengiriman 7-8 hari. Sedangkan untuk kisaran biaya kirim mobil Padang ke Jakarta yaitu mulai dari Rp5 jutaan dengan estimasi kirim 4-5 hari.

Pastikan Anda benar-benar menanyakan lebih dulu kepada pihak ekspedisi jasa kirim mobil mengenai total biaya yang harus dikeluarkan. Termasuk apakah ada biaya asuransi dan akan mendapat garansi kerusakan selama pengiriman atau tidak.

Tips Pengiriman Mobil Antar Pulau

tips mengirim mobil antar pulau
Sumber: BuyaCar

Dalam pengiriman mobil antar pulau, kita juga harus memperhatikan beberapa faktor agar pengiriman aman dan selamat sampai tujuan. Berikut beberapa tips pengiriman mobil antar pulau yang bisa Anda cermati.

Amankan Barang yang Ada di Mobil

Mengecek kembali kondisi bagian-bagian mobil, seperti audio, AC, speedometer, jok mobil, pedal dll. Jangan lupa siapkan kamera dan alat tulis untuk mencatat seluruh kondisi barang di mobil.

Cuci Mobil Sebelum Dikirimkan

Hal ini dilakukan untuk memastikan eksterior dan seluruh body mobil dalam kondisi yang baik. Pastikan juga Anda tahu bagian mobil mana saja yang terdapat lecet.

Mencuci mobil lebih dulu sebelum dikirim juga akan menghemat waktu Anda atau penerima, sehingga mobil bisa langsung dikendarai tanpa perlu mengkhawatirkan body dan interior yang kotor. Apalagi jika mobil yang dikirim akan digunakan untuk kepentingan yang sifatnya mendesak.

Melakukan Dokumentasi Keseluruhan Mobil

Poin penting yang tak boleh terlewatkan, pastikan Anda memfoto atau merekam seluruh body dan interior mobil sebelum diserahkan ke pihak ekspedisi.

Dengan adanya dokumentasi, Anda bisa memastikan keadaan mobil sebelum dan setelah dikirim sama atau tidak. Dan jika ditemukan kerusakan di perjalanan, akan mudah terlihat perbedaanya, sehingga Anda bisa klaim kerugian atau garansi pengiriman bila disediakan oleh pihak ekspedisi.

Periksa Cairan Sebelum Kirim

Arti dari kata cairan disini adalah anda perlu memeriksa semua kondisi bahan bakar seperti bensin dan sebelum mobil dikirim. 

Isi Bahan Bakar Secukupnya 

Beberapa di antara Anda sebagai pemilik mobil mungkin memiliki pendapat berbeda mengenai hal ini, kaitannya dengan bahaya kebakaran yang disebabkan oleh tangki terisi bensin. Namun, menurut Mekanik Astrido Toyota Jakarta, Suryadi, untuk pengiriman jarak jauh tangki mobil lebih baik diisi bensin sampai penuh sebelum dikirim oleh ekspedisi, seperti dikutip detik.com. Memenuhi tangki bensin mobil dapat mencegah terjadinya kondensasi selama di perjalanan pengiriman.

Namun, Jika Anda merasa ragu untuk memenuhi bensin mobil, Anda bisa mengisi secukupnya saja agar bisa dinyalakan untuk parkir.

Baca Juga: Mengenal Freight Forwarding dan Bedanya dengan Pengiriman Logistik

Demikian informasi mengenai syarat pengiriman mobil antar pulau beserta tips yang bisa Anda catat. Adanya jasa pengiriman mobil antar pulau memang sangat membantu efisiensi tenaga saat harus pindahan ke luar pulau. Anda pun tak perlu lelah mengendarai mobil sendiri berhari-hari dengan jarak tempuh yang jauh.

Salah satu jasa pengiriman mobil antar pulau yang memiliki pelayanan profesional dan amanah yaitu CV. MULTI PRIMA MANDIRI. Selain kirim mobil antar pulau, mereka juga melayani pengiriman barang Surabaya ke Papua dan pulau lainnya via trucking, kontainer, port to port, port to door, hingga door to door. Anda bisa berkonsultasi lebih dulu dengan menghubungi langsung nomor telepon yang tersedia atau datang ke kantornya yang berlokasi di Jl. Kalimas Baru No 4 E Kel. Perak Timur Kec. Pabean Cantikan, Surabaya, Jawa Timur.

Penulis: Muhammad Pemuka Bangsaraja dan Langgeng Irma Salugiasih

Editor: Langgeng Irma Salugiasih

Enable Notifications OK No thanks