Indonetwork, Peralatan Industri – Pergantian cuaca yang sering berubah-ubah seperti panas dan hujan, umumnya dapat merusak lapisan permukaan barang. Supaya mencegah barang tidak cepat rusak, dibutuhkannya kain terpal yang berguna untuk melindungi barang saat diletakkan diluar ruangan. Pasti Anda juga tidak jarang melihat toko yang jual terpal di pinggir jalan, karena kain memiliki banyak fungsi yang fleksibel. 

Tentu lembaran kain terpal yang besar, tebal dan elastis memiliki keunggulan lebih tahan air dan pengaruh cuaca. Jika Anda hendak menggunakan terpal sebagai alas atau perlengkapan dalam mengelola bisnis rumahan Anda, silahkan telusuri info lebih lengkapnya dibawah ini! Artikel ini akan membahas jenis dan fungsi dari terpal.

Terpal Berdasarkan Jenisnya

Kain terpal menjadi bahan yang paling umum digunakan untuk perlengkapan eksterior. Bukan hanya itu pilihan warna, ukuran dan harga yang disediakan tiap jenisdapi jual kain terpal juga beragam, tergantung kebutuhan Anda. Bahkan kain terpal dapat dibentuk menjadi beberapa pembungkus, seperti tas jasa kurir di motor yang sering Anda lihat.

Tentunya, setiap jenis kain terpal memiliki karakteristik dan fungsinya masing-masing. Berikut dibawah ini terdapat tujuh jenis kain terpal yang umum digunakan oleh pelaku usaha, seperti:

1. Polyester

Jual TERPAL ULIN bahan POLYESTER. - Kota Bogor - UD sumber makmur tenda | Tokopedia
Sumber : www.tokopedia.com

Bahan ini terbuat dari kain terpal yang agak tipis namun dengan rajutan yang baik. Biasanya terpal jenis ini digunakan untuk tenda lipat polos baik untuk berjualan dipinggir jalan maupun sebagai tenda camping. Kebanyakan penjual sudah melapisinya dengan pelapis coated unsur Polyurethane untuk kemampuan ketahanan air karena juga harganya yang cukup terjangkau.

Terpal jenis ini biasanya dijual dengan spesifikasi bahan D300, D400, D500, D600 dan D800 yang menyesuaikan ukuran produk dalam satu roll. Harga dari jenis terpal ini biasanya berkisar Rp.18.500/m2

2. Nylon

Kain Terpal Berlapis Pvc Pisau,Kain Terpal Nilon Untuk Perahu Karet Dan Tenda - Buy Pvc Terpal Dan Nilon Terpal Tenda,Pvc Terpal Untuk Perahu Karet,Pisau Dilapisi Pvc Terpal Product on Alibaba.com
Sumber : indonesian.alibaba.com

Terpal jenis ini hampir mirip dengan bahan polyester yang dilapisi lapisan coated. Namun bahan nylon memiliki abrasi yang lebih baik jika dibandingkan dengan Polyester. Umumnya jenis terpal ini memiliki tampilan yang lebih mengkilap sehingga terkesan lebih menarik. Jenis terpal ini biasanya digunakan untuk pembuatan kolam ikan atau alas penampungan air lainnya. 

3. Flexy Korea

Jenis terpal ini bahannya langsung di import dari korea, umumnya bahan ini digunakan sebagai bahan percetakan seperti banner. Flexy Korea memiliki ketebalan 410gsm, 440gsm dan 550gsm dengan daya tahan yang lebih baik daripada Flexy China, akan tetapi jenis terpal ini lebih tipis jika dijadikan penutup sebuah barang sehingga fungsinya sendiri digunakan untuk media promosi luar ruang. Harga dari jenis terpal ini biasanya berkisar Rp.32.000/m2

Terpal Berdasarkan Jenisnya

4. Terpal Ulin

Jual Terpaulin | Terpal Ulin Roll isi 2x50 Meter | Terpaulin 2x50 M - Jakarta Utara - Terpal Plastik Jakarta | Tokopedia
Sumber : www.tokopedia.com

Terpal ulin atau yang bisa disebut dengan tarpaulin memiliki bahan PVC semi karet dengan ketebalan yang lebih baik dibanding jenis terpal tenda lainnya.  Ketebalan model terpaulin terbagi menjadi menjadi beberapa jenis seperti A2, A3, A3 Super, A5 hingga A15 dengan jenis serat coated yang menggunakan karet pada permukaan luarnya sehingga jika dibandingkan kualitas apalagi ketahanan penggunaannya sangatlah jauh.

Biasanya terpaulin digunakan untuk terpal bak pickup, kolam, balon gate, mainan balon dan masih banyak lagi. Harga dari jenis terpal ini biasanya berkisar Rp.31.000/m2

5. Kanvas

Pemanfaatan Kain Kanvas Terpal Untuk Kepentingan Outdoor
Sumber : fitinline.com

Jenis kain terpal ini biasanya digunakan untuk kebutuhan luar ruangan. Material dari terpal kanvas ini memiliki desain dan struktur material dengan keawetan tinggi walaupun dipakai diluar ruangan dengan cuaca yang tidak tentu. Biasanya jenis terpal ini diguanakan untuk tenda payung cafe dan taman. Harga dari jenis terpal ini biasanya berkisar Rp.21.000/m2

6. Cordura

3F UL Gear 30D Cordura Tenda Jejak Super Ringan Kain Outdoor Camping Terpal  Tenda|Aksesoris tenda| - AliExpress
Sumber : id.aliexpress.com

Kain terpal cordura memiliki serat sebagai bahan dasar sintetis nilon yang dikombinasikan dengan serat alami didalamnya. Umumnya material ini digunakan sebagai tenda dengan standard material pemerintahan dan aksesoris militer seperti tas dan velbed karena selain kuat juga memiliki tingkat kerenggangan yang sangat baik. Harga dari jenis terpal ini biasanya berkisar Rp.37.000/m2

7. Sunbrella

BAHAN KAIN SUNBRELLA | Terpal-terpal dan bahan | TendaSolution
Sumber : www.tendasolution.com

Jenis terpal ini memiliki kandungan material yang terbuat dari serat acrylic yang berstruktur tinggi secara fabrikasi. Bahan sunbrella biasanya digunakan untuk kanopi/tension shade/awning yang telah melalui proses zat pewarnaan alami dengan induk pigmen yang lebih terstruktur pada setiap serat helai pada tenda. Harga dari jenis terpal ini biasanya berkisar Rp 294.000/m2

Fungsi Terpal untuk Kegiatan Sehari-Hari

Pengaplikasian kain terpal untuk membantu perlengkapan sehari-hari tentu sangat bermanfaat untuk berbagai sektor bisnis. Jual terpal mungkin cukup banyak ditemukan, karena pelaku bisnis cukup sering menggunakan terpal sebagai wadah ataupun penutup dengan tujuan melindungi barang berharganya. Berikut dibawah ini kegiatan yang dapat memanfaatkan kain terpal, seperti:

1. Sarana Budidaya Ikan

Cara Budidaya Ikan Koi Di Kolam Terpal Anti Gagal | Ikanhias.ID
Sumber : www.ikanhias.id

Jika Anda ingin memiliki usaha budidaya ikan maka penggunaan terpal dianggap dapat menghemat budget,  Anda tidak Anda perlu membuat kolam dari semen karena terpal kolam bundar siap pakai dengan diameter yang cukup besar.

2. Penutup Mobil Pick Up atau Truk yang Membawa Barang

Aturan Baru Kemenhub soal Bak Kendaraan Barang, Simak Selengkapnya :  Okezone Economy
Sumber : economy.okezone.com

Terpal sebagai penutup mobil pick up dinilai dapat melindungi barang-barang angkutan dari pencurian, penumpang gelap, dan meminimalisir kejadian akibat ulah tangan-tangan jahil lainnya.

3. Penutup Kendaraan Pribadi

Sering Pakai Cover saat Mobil tidak Digunakan untuk Melindungi Bodi,  Waspada Hal Ini - Halaman all - Serambinews.com
Sumber : aceh.tribunnews.com

Terpal sebagai penutup mobil pribadi dapat mencegah paparan sinar matahari dan hujan secara langsung, sehingga cat dan besi mobil tidak mudah rusak. 

Manfaat budidaya ikan dengan kolam terpal

Baca juga: 5 MANFAAT BUDIDAYA IKAN DENGAN KOLAM TERPAL

4. Sebagai Tenda 

Jual Terpal Tenda Tentara 4x6 Terbaru - Feb 2023 | Lazada
Sumber : www.lazada.co.id

Bahan terpal sangat umum untuk dijadikan tenda, baik tenda dengan kualitas permanen ataupun tenda dengan kualitas minim

5. Sebagai Penadah atau Alas Jualan Kaki Lima

Nuansa Asyik “Pasar Jongkok” Setiap Jumat di Sekitar Masjid Agung Sidoarjo  – Sidoarjo News
Sumber : sidoarjonews.id

 Mungkin fungsi ini sangat sering Anda lihat jika terdapat pedagang kaki lima yang menjajalkan barangnya di atas terpal atau menjadikan terpal sebagai alas warung makan kaki lima

6. Alas Jemur Hasil Panen

Penanganan Pasca Panen Padi - Website Resmi Desa Tanjungmeru Kecamatan  Kutowinangun Kabupaten Kebumen
Sumber : tanjungmeru.kec-kutowinangun.kebumenkab.go.id

Fungsi terpal jemur pada petani dan nelayan biasanya digunakan sebagai alas menjemur hasil panennya, tidak jarang juga pagi para pabrik rumahan mengandalkan terpal sebagai alas hasil produksinya.

Rekomendasi Terpal untuk Perlengkapan Bisnis
Sumber: Istockphoto

Rekomendasi Terpal untuk Perlengkapan Bisnis

Semoga informasi diatas dapat membantu Anda untuk memilih kualitas terpal yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda. Jangan takut untuk konsultasi pada CV. Cahaya Abadi Terpal, karena perusahaan pabrik terpal asal Surabaya Barat ini jual terpal sesuai kebutuhan Anda dengan berbagai ukuran dan budget yang dipesan.

CV. Cahaya Abadi Terpal juga mampu memproduksi dalam jumlah banyak dan waktu yang singkat. Jadi tunggu apa lagi? Lengkapi kebutuhan bisnis Anda sekarang juga!

 

Editor : Muhammad Riva Ibnu Safwan

Author

Enable Notifications OK No thanks