Indonetwork, Tips & Trik – Labuan Bajo merupakan salah satu destinasi yang begitu menarik dan mempesona untuk dikunjungi oleh tiap kalangan mulai dari penduduk asli hingga warga mancanegara. Labuan Bajo merupakan destinasi yang menyimpan segudang keindahan alam menakjubkan untuk dilestarikan bersama.

Labuan Bajo juga menawarkan pemandangan panorama terbaik dan keistimewaan pantai yang indah dengan air laut yang jernih. Terdapat kawasan habitat hewan endemik, seperti komodo yang dapat Anda nikmati bersama dengan pasangan dan keluarga Anda. Dan pada kesempatan kali ini,  kami akan mengulas tips liburan ke Labuan Bajo untuk pemula dengan waktu dan paket berwisata yang menarik!

Menentukan Jenis Transportasi dan Paket Open Trip

liburan ke labuan bajo
Sumber: Freepik/Topntp26

Rata-rata open trip berlibur ke labuan bajo yang dapat diikuti memakan waktu selama sekitar 3 hari 2 malam. Jika Anda baru mengikutinya, Anda dapat memilih hari Jumat hingga Minggu. Dengan waktu yang relatif singkat, Anda dapat memilih jenis transportasi udara untuk waktu yang efisien diperjalanan menuju destinasi Labuan Bajo.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan jenis transportasi darat maupun laut bila ingin mengeluarkan biaya perjalanan yang lebih hemat. Waktu perjalanannya pun dapat dinikmati menjadi lebih santai dalam perjalanan atau tidak mengejar waktu berlibur.

Mengetahui Waktu yang Tepat untuk Berwisata

Dengan mengetahui waktu berkunjung yang tepat, Anda dapat menikmati waktu terbaik untuk berkunjung ke Labuan Bajo. Pastikan cek cuaca terkini dari BMKG atau prakiraan kondisi cuaca pada saat Anda akan berkunjung nantinya. Dengan begitu Anda dapat menyiapkan perlengkapan lengkap untuk cuaca tertentu, seperti musim hujan yang mulai datang sekitar dipertengahan September hingga Maret dan lain sebagainya.

Selain itu, pada musim liburan, seperti libur sekolah dan tahun baru, dapat dipastikan harga akomodasi dan pesawat melonjak pesat. Untuk mengantisipasinya, Anda bisa menghindari kunjungan pada waktu-waktu tersebut. Waktu liburan, seperti pada akhir pekan yang sedikit longgar, dapat membuat anggaran Anda lebih hemat. Anda juga dapat menikmati keindahan alam Labuan Bajo tanpa banyaknya rumunan wisatawan mancanegara.

Baca Juga: Itinerary Liburan ke Labuan Bajo 4 Hari 3 Malam

Memilih Akomodasi dan Transportasi Lokal Selama Berlibur

Dengan menggunakan akomodasi atau tempat bermalam yang terjangkau, dapat membantu Anda menghemat biaya berlibur dengan meriset terlebih dahulu kebutuhan penginapan yang Anda butuhkan mulai dari kategori guesthouse, homestay hingga hotel berbintang. Anda perlu melakukan perbandingan untuk dijadikan referensi harga dan fasilitas bermalam yang ditawarkan oleh beberapa tempat booking online.

Dan selama berkunjung serta berwisata di sana, Anda dapat menggunakan transportasi lokal yang tersedia seperti bus umum atau minibus dengan biaya yang relatif terjangkau daripada menyewa mobil atau taksi. Dapat juga memilih kebutuhan berjalan kaki atau menyewa kendaraan bermotor untuk perjalanan yang memakan waktu lebih dekat.

Anda juga akan mendapatkan pengalaman autentik bila menggunakan transportasi lokal serta memberikan dampak positif untuk mengurangi emisi karbon yang dihasilkan kendaraan pribadi.

Menyiapkan Biaya Fleksibel untuk Liburan

Anda juga perlu memperhatikan betapa pentingnya memperkirakan jumlah biaya yang sekiranya akan dikeluarkan selama berada pada destinasi  liburan Labuan Bajo. Anda dapat sortir mulai dari biaya konsumsi, transportasi, tiket destinasi hingga biaya bermalam atau penginapan di sana.

Dengan budget minimal yang dapat Anda siapkan mulai dari Rp6 juta untuk berlibur selama 3 hari 2 malam, termasuk biaya tiket pesawat pulang pergi dengan paket open trip. Anda juga dapat menghemat dan meminimalisir biaya pengeluaran dengan tidak menggunakan jasa agen atau calo perjalanan. Anda dapat menggunakan sepeda yang disewakan sembari mencari trip dengan tarif yang relatif murah.

Memanfaatkan Promo dan Diskon

Anda juga dapat memanfaatkan promo dan diskon yang telah ditawarkan oleh maskapai atau platform e-commerce tertentu. Biasanya promo serta diskon ini akan memberikan potongan harga yang lumayan signifikan terutama bila Anda telah merencanakan berlibur pada jauh hari sebelumnya.

Anda dengan mudah mendapatkan informasi mengenai potongan harga tersebut dengan mengikuti akun media sosial milik platform tersebut. Anda juga dapat mendaftar sebagai anggota traveler yang menyediakan beragam paket lengkap dengan tetap mengikuti syarat dan ketentuan yang sudah ditetapkan oleh penyelenggara.

Kuliner dengan Makanan Lokal Lebih Menarik

Anda juga dapat mencari makanan lokal yang terdapat pada pedagang kaki lima ataupun warung lokal dengan menu khas Labuan Bajo yang begitu menarik dan tidak kalah enak dengan kafe populer ataupun restoran mewah pada sekitar tempat wisata.

Membawa Perlengkapan Pribadi yang Dibutuhkan Seperlunya

Untuk menghemat biaya berlibur dan berjalan sesuai dengan harapan dan lancar, Anda harus memastikan untuk membawa perlengkapan pribadi yang dibutuhkan dengan mencegahnya membeli barang-barang tersebut yang mungkin dapat terlupa ketika packing. Berikut ini beberapa barang perlengkapan yang diperlukan saat berkunjung dan berwisata di Labuan Bajo:

liburan ke labuan bajo
Sumber: Eksplorasiindonesia.com/travel-tips

Baca Juga: Review dan Rekomendasi Aksesoris Paspor Terbaik dan Terlaris

Demi perjalanan pertama liburan ke Labuan Bajo yang maksimal dan berkesan seru seumur hidup, pastikan Anda memerhatikan tips di atas, ya. Supaya lebih aman dan memudahkan rencana perjalanan, Anda juga bisa mengikuti open trip Labuan Bajo yang diadakan oleh agensi tour and travel Komodo L Bajo Permai.

Ada beragam pilihan paket wisata yang mereka adakan. Bukan hanya paket liburan ke Labuan Bao 4 hari 3 malam, namun Anda juga bisa memilih paket wisata 3 hari 2 malam atau bahkan 5 hari 4 malam jika ingin stay lebih lama, serta Flores Overland Nusa Tenggara Timur. Hubungi tour and travel Komodo L Bajo Permai untuk informasi selengkapnya dan penawaran penariknya.

Editor: Langgeng Irma S.

Author

Enable Notifications OK No thanks