Indonetwork, Wahana – Sudah waktunya liburan lagi? Perihal kebersamaan dalam liburan, Anda dapat menghabiskan waktu sejenak atau sekedar menikmati indahnya pemandangan alam setelah seharian yang super sibuk dengan aktifitas pelajaran di sekolah, kampus, ataupun kegiatan dengan mitra kantor atau partner kerja.

Dan pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai indahnya alam pertiwi kita salah satunya yaitu berlibur ke Labuan Bajo. Kami akan membahas gambaran menarik mengenai itineray 4 hari 3 malam di Labuan Bajo yang dapat Anda jadikan sebagai referensi nantinya. Serta tak lupa beberapa perihal wisata yang dapat Anda nikmati bersama rekan kerja ataupun keluarga.

Referensi Itinerary Liburan 4 Hari 3 Malam ke Labuan Bajo

Berikut rencana perjalanan wisata atau itinerary liburan 4 hari 3 malam ke Labuan Bajo yang bisa dijadikan acuan.

Day 1: Tiba Di Labuan Bajo, Istirahat di Hotel, dan Menikmati Sunset di Bukit Sylvia

itinerary dan biaya liburan ke labuan bajo
Sumber: Agoda.com/sylviaresort

Penerbangan yang akan Anda tempuh dari bandara Soekarno Hatta ke Labuan Bajo memakan waktu sekitar 2.5 Jam. Dan apabila Anda mendapati penerbangan dan tiba di Labuan Bajo menjelang waktu sore hari, Anda dapat langsung memesan kamar penginapan terdekat dengan harga mulai dari Rp300.000-an.

Setelah beristirahat sejenak, Anda dapat melanjutkan perjalanan menuju Bukit Sylvia yang begitu indah dan akan disuguhkan dengan pemandangan sunset-nya. Jangan lupa untuk kulineran, karena di sini terdapat rekomendasi menu olahan ikan yang segar dan nikmat untuk disantap bersama dengan sunset!

Day 2: Berwisata ke Pulau Padar – Labuan Bajo

itinerary dan biaya liburan ke labuan bajo
Sumber: Pandooin.com

Pada hari kedua, Anda dapat berwisata dan menghabiskan waktu liburan di tempat yang lumayan poluler bila dilewati ketika Anda berada di Labuan Bajo. Wisata ini adalah Pulau Padar. Dengan mempersiapkan HTM atau harga tiket masuk sekitar Rp5.000 Anda sudah dapat menikmati indahnya pesona surga dari atas bukit Pulau Padar.

Baca Juga: Manfaat Menggunakan Passport Kulit untuk Perlindungan

Day 3: Menikmati Trip Di Pulau Komodo dan Pantai Pink

itinerary dan biaya liburan ke labuan bajo
Sumber: Phinemo.com

Pada hari ketiga itinerary liburan ke Labuan Bajo 4 hari 3 malam, Anda dapat berkunjung dan ikut melestarikan budaya serta habitat komodo. Dengan biaya masuk sekitar Rp5.000 pada hari kerja atau weekday dan Rp7.500 pada akhir pekan atau weekend dan hari libur. Anda sudah dapat berkeliling dan bertemu dengan hewan komodo serta di pulau ini, Anda juga dapat mencoba snorkling, diving, hingga mendaki bukit Pulau Komodo. 

Pada sekitar Pulau Komodo, juga terdapat pantai yang indah dan dapat dikunjungi bernama Pink Beach Lombok. Demikian disebutkan Pink Beach Lombok karena terdapat terumbu karang yang berwarna merah muda yang mengelilingi area pinggir laut dan terbawa oleh area pantai.

Day 4: Menjelajah Budaya Indonesia Bagian Timur

itinerary dan biaya liburan ke labuan bajo
Sumber: Travel.tempo.co

Di sini Anda dapat berkunjung ke Bukit Teletubbies dan Rumah Tenun Khas Labuan Bajo pada hari keempat. Bukit ini begitu menawan dan nyaman untuk dikunjungi dan memiliki pemandangan yang instagramable. Dengan hamparan sabana yang hijau dan indah, di bukit ini juga disertai dengan hewan ternak yang dipelihara oleh warga sekitar seperti sapi dan kuda.

Rumah tenun khas bajo, dapat Anda jadikan sebagai tempat referensi untuk memperluas pembelajaran mengenai adat budaya, sejarah, maupun filosofi dengan khas menarik dari NTT. Barang-barang pada rumah tenun dapat di jadikan sebagai referensi oleh-oleh  tradisional khas NTT.

Baca Juga: 7 Destinasi Wisata yang Harus Dikunjungi Di Solo

Referensi Biaya dan Paket Berlibur Labuan Bajo

Dan sebelum Anda menikmati liburan yang menyenangkan, Anda juga harus melakukan perincian harga dan biaya apa saja yang nantinya dapat Anda keluarkan untuk perjalanan menuju Labuan Bajo. Berikut ini kami lampirkan estimasi biaya atau paket liburan yang dapat menjadi referensi Anda

Biaya Open Trip Labuan Bajo

Anda dapat mengetahui perkiraan biaya yang dapat dikeluarkan untuk berlibur ke wisata Labuan Bajo dengan beberapa daftar harga paket open trip yang dapat di booking kapan saja. Anda dapat mengatur rencana keberangkatan hingga destinasi oleh-oleh tanpa minimum kuota dari agen atau paket open trip yang nantinya akan Anda pilih.

itinerary dan biaya liburan ke labuan bajo
Sumber: Manado.antaranews.com

Biaya open trip berlibur ke Labuan Bajo biasanya sudah mengatur jadwal destinasi Anda untuk menikmati keindahan alam Labuan Bajo dengan biaya paket pemasaran kurang lebih mulai dari Rp4.500.000/pax.

Dengan biaya tersebut nantinya Anda sudah mendapati fasilitas berupa penjemputan ke hotel atau bandara, paket makan siang dan malam, snack untuk perjalanan, alat sewa snorkling, local guide, maupun biaya dokumentasi. Namun, biasanya paket tersebut belum termasuk biaya hotel, tiket pesawat, boat crew, tiket wisata, dan pengeluaran pribadi Anda lainnya.

Baca Juga: Pantai Nglambor Yogyakarta

Biaya Masuk Tiket Wisata Labuan Bajo

Anda juga harus mempersiapkan biaya tambahan berupa tiket masuk wisata serta tipping untuk guide (sukarela) dan keperluan pribadi Anda lainnya. Dengan kisaran harga tiket wisata mulai dari Rp300.000/orang WNI untuk tiket masuk taman nusantara komodo.

Sementara tiket masuk Pink Beach Lombok pada harga pasaran mulai dari Rp10.000 untuk wisatawan lokal. Pulau Kelor dan Bukit Cinta, Anda harus menyiapkan biaya tiket masuk mulai dari harga Rp30.000. Sehingga, Anda harus mempersiapkan kurang lebih Rp1.000.000 untuk biaya tiket masuk wisata dan biaya lainnya.

Biaya Bingkisan Tangan Khas Labuan Bajo

itinerary dan biaya liburan ke labuan bajo
Sumber: Indonesiatraveler.id/komodogiftshop

Begitu banyaknya hasil karya wisata dari Labuan Bajo yang dapat Anda support usaha dan produk mikro kecil dan menengah (UMKM) berupa cenderamata ataupun oleh-oleh yang dapat dibawa kepada orang di rumah. Mulai dari camilan, kopi, gantungan kunci, ukiran atau patung komodo khas Labuan Bajo hingga kain tenun khas kampung Todo, labuan bajo. Untuk kisaran harga oleh-oleh Anda dapat menyiapkan biaya pembelian mulai dari Rp. 10.000 hingga ratusan ribu tergantung kebutuhan dan pembelian Anda.


Liburan ke luar kota atau pulau tentunya membutuhkan persiapan yang baik. Itinerary liburan ke Labuan Bajo 4 hari 3 malam di atas merupakan contoh perjalanan wisata yang bisa Anda jadikan referensi.

Jika Anda baru akan menikmati liburan ke Labuan Bajo, Anda bisa mengikuti open trip Labuan Bajo yang diadakan oleh Komodo L Bajo Permai. Pilihan paket wisata yang mereka sediakan bukan hanya paket liburan ke Labuan Bao 4 hari 3 malam, namun Anda juga bisa memilih paket wisata 3 hari 2 malam atau bahkan 5 hari 4 malam jika ingin stay lebih lama, serta Flores Overland Nusa Tenggara Timur.

Editor: Langgeng Irma Salugiasih

Author

Enable Notifications OK No thanks