Indonetwork, OtomotifBagi pengguna kendaraan yang sudah biasa memenuhi kebutuhan kendaraannya sudah pasti sedikit banyak paham permesinan. Selain kendaraan, bagi orang yang sering merawat alat-alat juga pasti paham tentang komponen mesin. Salah satu contoh komponen mesin yang cukup penting adalah bearing. Atau yang sering disebut dengan klaher atau bantalan.

Lalu, apa itu bearing, fungsinya, dan tips memilih bearing berkualitas? Simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Bearing?

komponen bearing roda kendaraan
Sumber: Unsplash

Bearing memiliki fungsi sebagai penjaga keseimbangan, maka komponen satu ini terletak di bagian roda kendaraan. Bentuknya seperti cincin yang memiliki beberapa lapisan. Selain di roda kendaraan, bearing juga digunakan di beberapa peralatan industri dan rumah tangga seperti kipas angin.

Jika kendaraan yang dikendarai rodanya terasa bergoyang, artinya komponen bearing mengalami masalah. Jika sudah menunjukkan adanya kerusakan seperti itu, baiknya segera dibawa ke bengkel untuk diperiksa oleh mekanik berpengalaman. Hal ini berlaku juga untuk alat atau benda yang sudah terlihat tidak bekerja dengan baik, misalnya kipas angin tidak berputar secara normal, maka harus diperiksa bagian bearingnya.

Tentu tidak semua orang paham dengan cara kerja dan cara merawat bearing pada roda. Oleh karena itu, bagi yang tidak paham, sebaiknya langsung konsultasikan dengan bengkel atau toko sparepartnya. Sekalipun ada bagian yang rusak, lebih baik langsung meminta untuk diperbaiki oleh ahlinya langsung.

Tips Memilih bearing berkualitas

komponen bearing
Sumber: Google

Bearing sebagai komponen yang penting dalam keseimbangan roda, memiliki harga yang bermacam-macam tergantung merk dan tipenya. Di sisi lain, sebagai konsumen yang cerdas, kita perlu memilih dengan baik sesuai dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki.

Tidak perlu membeli yang mahal, saat kita sudah mengerti detail-detail pada bearing, cukup membeli yang murah namun memiliki kualitas yang baik. Supaya tak salah dalam memilih bearing yang bisa jadi mudah rusak, maka berikut tips-tips yang bisa dipakai sebelum membeli:

  1. Merek bearingnya sudah jelas, jadi kita perlu mencari referensi merek yang bagus agar tidak mudah tertipu promosi yang berlebihan.
  2. Pastikan memilih bearing dari bahan yang berkualitas. Hal ini terlihat dari warnanya yang mengkilap dan mulus tanpa goresan sedikitpun.
  3. Bentuk bearing yang berkualitas juga pasti bulat seperti cincin yang sempurna, artinya tak ada bagian yang bengkok sedikitpun, sebab jika bentuknya tak bulat sempurna maka kinerjanya kurang maksimal.
  4. Mencoba terlebih dahulu dengan cara diputar memakai jari, bearing dengan kualitas baik dijamin akan berputar dengan baik.

Tips Merawat bearing

Setelah memilih bearing yang berkualitas, maka kita wajib merawatnya agar bearing ini awet. Hal ini bisa dimulai dengan melakukan pengecekan secara rutin. Memang terdengar ribet, banyak orang yang malas untuk merawat alat atau benda yang dimiliki, namun hal ini perlu dilakukan agar bearing dapat bertahan lama. Jika tidak mengerti bagaimana cara merawatnya, cukup tanyakan ke tempat anda membeli bearing tersebut.

Di sisi lain, saat ini juga sudah beredar bearing yang tidak asli atau palsu. Dalam hal membeli bearing untuk kendaraan atau benda lainnya, alangkah baiknya jika menggunakan jenis yang asli. Bearing yang asli akan mampu bertahan jauh lebih lama dibandingkan yang palsu.

Secara tidak langsung, hal tersebut juga nantinya akan menghemat pengeluaran karena bearing yang palsu pada umumnya akan mudah sekali mengalami kerusakan. Oleh karena itu, pastikan anda memilih bearing yang berkualitas agar dapat bertahan lama.


Itulah informasi seputar bearing dan tips memilih dan merawat bearing berkualitas. Jika Anda sedang mencari komponen yang satu ini, maka Anda bisa mendapatkannya di Indonetwork. Sebagai B2B e-commerce terpercaya di Indonesia, kami memiliki beragam produk asli dan berkualitas untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Editor: Nafila Chaerunnisa

Enable Notifications OK No thanks