Indonetwork, Transportasi – Pernahkah Anda ingin mengirim barang yang berisiko tinggi seperti barang elektronik atau motor? Risiko tinggi pada saat mengirim barang yang kerap dialami adalah rusaknya barang seperti lecet atau bahkan ada bagian dari barang tersebut hilang. Sedangkan mengirimkan barang tersebut sangatlah penting dan Anda tidak memiliki pilihan lain.

Namun, Anda tidak perlu khawatir dengan risiko-risiko tersebut karena artikel ini akan memberikan beberapa tips yang berguna bagi Anda saat ingin memilih jasa pengiriman via kereta api supaya barang Anda sampai di tempat tujuan dengan kondisi baik dan tepat waktu. Simak kelanjutannya di sini untuk beberapa tips dan informasi lainnya.

GAMBARAN UMUM JASA PENGIRIMAN VIA KERETA API

pengiriman barang via kereta api
Sumber: Unsplash

Jasa pengiriman barang via kereta api atau yang sering disebut kereta api logistic dan disingkat dengan KAlog adalah layanan pengiriman barang jalur darat yang menggunakan kereta api dalam pengiriman dan pendistribusian. Banyak keunggulan dari jasa pengiriman barang via kereta, seperti pengiriman bergaransi barang elektronik dan kendaraan pribadi ataupun kendaraan untuk dijual lagi.

Hal lain yang tidak kalah penting adalah jasa ini dapat mengirimkan cairan, yang biasanya tidak dapat dipenuhi oleh jasa pengiriman dengan jalur udara. Selain itu, untuk biaya yang ditawarkan cenderung murah dengan jaminan kondisi barang aman terjaga. Tidak heran banyak pelaku usaha maupun individu memilih jasa pengiriman via kereta api. 

TIPS MEMILIH JASA PENGIRIMAN VIA KERETA API UNGGULAN

Jasa Pengiriman Via Kereta
Sumber: Ekonomi.bisnis.co

Jasa pengiriman barang via kereta terbagi menjadi dua jenis perusahaan yaitu swasta dan non swasta. Keduanya memiliki keunggulan dan kekurangan dari masing-masing perusahaan dalam penawaran yang disediakan. Berikut tips memilih jasa pengiriman via kereta api unggulan.

1. PILIH PERUSAHAAN YANG BERPENGALAMAN

Mengetahui perusahaan yang berpengalaman bisa dengan mengecek dari bio perusahaan, kemudian pastikan perusahaan tersebut memiliki website yang berisikan informasi-informasi penting seperti alamat, nomor telepon yang dapat dihubungi atau customer service, dan memiliki profil perusahaan yang ditulis profesional.

2. PASTIKAN JAMINAN YANG DITAWARKAN SESUAI KEBUTUHAN DAN HARAPAN

Tidak perlu ragu untuk melakukan tanya jawab dengan customer service atau nomor telepon perusahaan yang tersedia untuk memastikan jaminan yang disediakan oleh pihak jasa pengiriman. Biasanya pihak logistik akan memberikan beberapa jaminan seperti pilihan packing yang tersedia, lamanya waktu pengiriman, bentuk tanggung jawab yang ditawarkan jika terjadi barang hilang, rusak atau tidak sampai tempat tujuan tepat waktu.

3. TANYAKAN DETAIL TEMPAT DAN BATAS WAKTU

Tempat dan batas waktu untuk drop barang dari pengirim atau pengguna jasa biasanya mudah didapatkan informasinya melalui gerai-gerai yang tersedia, lain halnya dengan waktu barang sampai untuk penerima. Tanyakan detail lokasi akhir dari barang apakah langsung ke alamat penerima atau barang diletakan di gudang penyedia jasa.

Jika barang sampai langsung door to door ke alamat penerima maka kita bisa tenang, tetapi jika barang tersebut berlokasi akhir di gudang penyedia jasa maka tanyakan jam operasional dengan jelas dan syarat atau dokumen apa yang harus dibawa untuk melakukan pengambilan barang.

4. TANYAKAN BIAYA YANG DITAWARKAN

Tanyakan detil dari biaya yang harus dikeluarkan, biasanya jasa pengiriman mematok harga jasa dengan satuan berat kilogram dari barang yang akan dikirimkan, tetapi tak jarang barang elektronik, kendaraan ataupun barang yang memiliki kerusakan tinggi dan jaminan yang besar memiliki harga lain. Pastikan apakah harga tersebut sesuai dengan penawaran yang ada.

Baca Juga: TIPS MEMILIH PENYEDIA JASA PENGIRIMAN BARANG YANG AMAN

TIPS PACKING BARANG ANTI GAGAL

Packing adalah hal wajib yang harus dilakukan sebelum melakukan pengiriman, beberapa orang sering menyepelekan bagian ini karena menganggap jaminan dari penyedia jasa pengiriman sudah cukup, padahal packing penting untuk memaksimalkan pencegahan kerusakan selama pengiriman berlangsung. Berikut tips agar barang yang dikirim aman sampai tujuan:

1. POTRET KONDISI BARANG SEBELUM DIPAK JIKA MEMUNGKINKAN

Dengan memotret kondisi barang yang akan dikirim sebelum dipak, maka akan lebih mudah untuk melakukan komplain jika barang tersebut sampai dengan kondisi tidak utuh, rusak ataupun lecet.

2. SESUAIKAN PACKING DENGAN BARANG YANG AKAN DIKIRIM

Packing yang banyak dipilih adalah packing dengan menggunakan kardus, kardus memang dapat melindungi barang selama pengiriman berlangsung, tetapi hanya untuk beberapa jenis benda seperti benda yang terbuat dari kain atau kertas, lain halnya jika barang yang dikirim adalah motor atau handphone maka packing dengan kayu dapat mencegah kerusakan lebih baik karena lebih kuat, berikut jenis-jenis packing dari jenis pengemasan yang dipakai:

  1. Packing Kardus : Kardus memiliki bentuk yang rapi sehingga banyak dipilih untuk packing barang, tetapi biasanya kardus tidak tahan benturan dan air. Packing dengan kardus cocok untuk barang yang dasarnya sudah tahan air seperti produk kecantikan, alas kaki berbahan karet atau plastik dan lain-lain.
  2. Packing Plastik : Plastik sangat cocok untuk melindungi benda yang tidak boleh terkena air seperti dokumen, baju dan produk-produk elektronik. Namun sifat plastik yang tipis tidak tahan benturan dan mudah rusak, maka gunakan plastik sebagai pelapis akhir dalam packing.
  3. Packing Styrofoam : Styrofoam yang tebal cocok digunakan untuk packing makanan seperti buah dan frozen food, karena sifat styrofoam tebal selain melindungi makanan dari benturan, juga bersifat tahan air sehingga makanan terjamin kualitasnya.
  4. Packing Kayu : barang elektronik terbuat dari beberapa bahan kadang campuran metal dan plastik sehingga dalam pengirimannya harus dipastikan aman dari benturan dan air untuk menghindari kerusakan. Sehingga packing kayu penting digunakan tetapi sebagai pelapis, jadi urutannya adalah barang disimpan dalam kardus, kemudian dilapisi plastic dan terakhir diberi kayu di beberapa sisi untuk packing akhir.

Baca Juga: ALASAN MEMILIH JASA EKSPEDISI DOOR TO DOOR

REKOMENDASI JASA PENGIRIMAN VIA KERETA API TERPERCAYA

Jasa pengiriman via kereta api di Indonesia sudah banyak dan tersebar luas di hampir seluruh daerah, jika Anda memiliki keraguan dalam menentukan jasa pengiriman yang ingin Anda gunakan tidak perlu khawatir, Anda dapat langsung berkunjung ke laman resmi dari PT. Edelweis Logistik. Perusahaan tersebut sudah menjadi perusahaan dengan jasa pengiriman terpercaya selama bertahun-tahun dan memiliki komitmen yang tinggi dalam memenuhi kebutuhan konsumen.

Editor: Nafila Chaerunnisa

Author

Enable Notifications OK No thanks