Indonetwork, Peralatan Rumah Tangga – Salah satu kebutuhan penting dalam rumah tangga ialah mesin pompa air. Terlebih jika Anda bertempat tinggal di kawasan padat penduduk seperti di Ibu Kota dan tidak menggunakan layanan air dari perusahaan air. Maka membeli mesin pompa air Jakarta merupakan pilihan yang tidak bisa dihindarkan. Namun sebeum Anda membeli mesin pompa air terbaik dan berkualitas, baik untuk anda menyimak terlebih dahulu tips berikut ini.

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai mesin pompa air, perlu Anda ketahui apa itu mesin pompa air dan bagaimana cara kerjanya. Sesuai namanya, mesin pompa air merupakan alat elektronik yang berfungsi untuk memompa air sehingga Anda tidak perlu mengambil air secara manual. Secara umum, cara kerja mesin pompa air ialah dengan mendorong air dari sumbernya ke tempat lain dengan memanfaatkan impeler.

CARA KERJA MESIN POMPA AIR

Cara kerja pompa air sendiri sebenarnya cukup sederhana. Ibarat kita meminum menggunakan sedotan, ketika proses menyedot air dalam gelas udara di dalam mulut dan sedotan akan berkurang. Dengan rendahnya udara di dalam sedotan, air dalam gelas akan didesak oleh atmosfer dan terdorong masuk ke dalam sedotan. Air tersebut kemudian ditarik sehinga terus masuk ke dalam mulut.

Terdapat berbagai macam fungsi pompa air tergantung dari tipe dan kebutuhan. Baik pompa air yang hanya berfungsi sebagai pendorong saja maupun lebih dari itu. Tapi pada umumnya, fungsi pompa air dapat mendorong sekaligus menyedot air dari sumbernya.

Kualitas air juga dipengaruhi oleh kualitas mesin pompa air. Terlebih untuk mencukupi kebutuhan air rumah tangga sehari-hari. Karena perbedaan jenis mesin dan akan menghasilkan kerja dorong mesin sesuai kegunaannya. Jadi penting untuk memperhatikan tahapan tips memilih pompa air yang akan Anda gunakan. Nah, berikut ini tips agar Anda tidak salah dalam memilih mesin pompa air.

TIPS-TIPS MEMILIH MESIN POMPA AIR YANG BERKUALITAS

Mengingat betapa pentingnya mesin pompa air bagi kebutuhan rumah tangga, Anda tidak perlu terburu-buru untuk membelinya. Jangan sampai Anda salah pilih dalam membeli mesin pompa air karena tidak mempertimbangkan hal-hal yang penting berikut ini. Pastikan Anda membeli mesin pompa air secara cermat dan tepat agar mesin pompa air yang Anda beli bekerja sesuai dengan fungsinya secara maksimal.

Baca Juga: 8 TIPS INSTALASI POMPA AIR UNTUK KEBUTUHAN SEHARI-HARI

1. Tentukan Kegunaan Mesin Pompa Air yang Dibutuhkan

Terdapat berbagai macam jenis pompa air sesuai dengan kegunaannya. Nah dalam hal ini yang patut Anda perhatikan adalah kedalaman sumber air. Dengan memperhatikan kedalaman sumber air yang akan diambil airnya, Anda dapat memilih mesin pompa air yang tepat sesuai yang dibutuhkan. Karena setiap mesin pompa air memiliki kekuatan yang berbeda-beda sesuai dengan kedalaman sumber air. Misal jika sumur air Anda memiliki kedalaman lebih dari 30 meter, maka Anda harus memilih pompa air dengan spesifikasi atau kekuatan yang dibutuhkan. Namun, jika sumber airnya hanya meiliki kedalaman tidak lebih dari 10 meter, Anda cukup memilih mesin pompa air dengan kekuatan yang ringan.

Jual Pompa Air
Sumber: Acme Tools

2. Penggunaan Daya Listrik Mesin Pompa Air

Setelah kita mengetahui perbedaan spesifikasi dari mesin pompa air, hal berikutnya adalah memperhatikan daya listrik yang dibutuhkan mesin pompa air. Hal ini akan berkaitan dengan kapasitas daya listrik rumah Anda. Sehingga jangan sampai ketika Anda menyalakan mesin pompa air daya listrik rumah akan terganggu karena beban listrik mesin pompa air.

Misal, jika Anda ingin menggunakan mesin pompa air dengan tenaga yang lebih, Anda dapat menggunakan mesin pompa air jenis jet pump dengan rentang daya sebesar 100 hingga 300 watt. Namun, jika Anda ingin menggunakan mesin pompa air yang umum dipakai maka daya listrik yang dibutuhkan tidak lebih dari 200 watt. Intinya, semakin besar kekuatan daya dorong dan sedot yang dihasilkan akan semakin besar daya listrik yang dibutuhkan.

Mesin Pompa Air Jakarta
Sumber: Pixabay.com

3. Garansi Mesin Pompa Air

Tips berikutnya yang terpenting ketika Anda memilih mesin pompa air adalah perhatikan garansi yang dimiliki mesin pompa air. Karena pada prinsipnya, ketika hendak membeli peralatan elektornik apapun, satu hal yang perlu Anda cermati adalah masalah garansi yang dimilki oleh produk tersebut. Terlebih jika Anda memilih kebutuhan penting rumah tangga seperti mesin pompa air. Maka hal ini menjadi bagian penting yang tidak bisa Anda tinggalkan.

Baca Juga: 5 JENIS POMPA AIR UNTUK KEBUTUHAN RUMAH TANGGA

Dengan mencermati garansi yang dimiliki produk mesin pompa air, Anda akan merasa lebih aman dan nyaman dalam menggunakannya. Anda tidak perlu merasa khawatir jika terjadi sesuatu dengan mesin pompa air. Namun Anda juga perlu memperhatikan apa saja yang tidak bisa diklaim garansi produk tersebut.

Selain itu, dengan berbekal adanya garansi dari produk mesin pompa air, jika di kemudian hari terdapat masalah kerusakan terhadap mesin pompa air Anda dapat meminta penggantian produk selama masa garansi masih berlaku.

Ditributor Mesin Pompa Air Jakarta

Setelah anda mengenal cara kerja mesin pompa air dan mengikuti tips dalam memilih mesin pompa air, Anda dapat mulai mencari informasi berbagai jenis dan spesifikasi mesin pompa air di pasaran.

PT. Mojopahit Mandiri Jaya Sentosa, merupakan perusahaan industri yang menyediakan berbagai jenis mesin pompa air yang lengkap dan berkualitas. Terdapat juga berbagai kebutuhan lainnya yang berkaitan dengan mesin pompa air mulai sparepart hingga aksesoris dengan berbagai model kebutuhan. Selain itu harga bandrol yang tersedia harganya berkompeten. Jadi tak perlu menunggu waktu lama, temukan kebutuhan mesin pompa air Anda di sini.


Author

%d bloggers like this: