Indonetwork, Otomotif – Terdapat banyak hal yang dapat kita lakukan untuk menjaga penampilah mobil agar selalu terjaga, bahkan seharusnya beberapa bagian harus diperhatikan lebih detail agar tetap terlihat seperti baru. Nah salah satunya, ban atau roda menjadi salah satu komponen penting dari sebuah kendaraan. Anda juga tidak akan kesulitan mendapatkan produk perawatan ban, karena sekarang sudah banyak toko yang jual semir ban, salah satunya adalah Pegasus Hikari Indonesia.

Tahukah kamu jika ban kendaraan bisa saja rusak dikarenakan kekeringan? Ciri-ciri ban yang rusak ditandai dengan adanya retak dan warna hitam yang memudar pada bagian karet ban kendaraan akibat musim yang terus berganti-ganti. Nah, perlu diketahui bahwa mencuci ban saja tidak cukup untuk merawat kondisi kendaraan Anda, dibutuhkannya perawatan lebih seperti menyemir ban kendaraan agar terlihat hitam pekat dan mengkilat seperti kendaraan baru.

Jika anda ingin tahu informasi semir ban lebih lengkapnya? simak terus artikel dibawah ini ya!

Manfaat Semir Ban

Fungsi semir ban pada umumnya merupakan cairan yang dioleskan pada ban kendaraan baik mobil ataupun motor, agar terlihat mengkilap dan lebih hitam. Lalu, fungsi lain yang dapat anda rasakan setelah menggunakan semir ban kendaraan, yaitu:

1. Membersihkan ban dari kotoran 

Cara Membersihkan Ban Mobil | mobil88
Sumber : www.mobil88.astra.co.id

Biasanya kotoran yang menempel pada permukaan karet ban, berjenis seperti permen karet yang menempel, tanah ataupun paku payung. 

2. Membuat ban tampak seperti baru

Harga Ban Mobil Ring 16, Ini Daftarnya | kumparan.com
Sumber : kumparan.com

Setelah Anda menyemir ban, maka akan tampak warna yang lebih hitam pekat sesuai warna karet ban aslinya

3. Merawat kondisi ban, 

Fungsi ini bertujuan agar tetap terjaga keelastisitasnya sehingga tidak timbul retak-retak pada area ban

Semir ban sendiri biasanya digunakan setelah kendaraan dicuci bersih, sehingga cairan ini digunakan sebagai pelengkap yang dapat memperindah kualitas kendaraan anda.  Penggunaan semir ban biasanya diminati oleh bengkel rumahan atau jasa cuci kendaraan, sehingga konsumen merasa puas dan memiliki daya tarik tersendiri pada ban kendaraan setelah proses pencucian.

Jenis-Jenis Semir Ban
Sumber: Istockphoto

Jenis-Jenis Semir Ban

Produk ypppp ang jual semir ban di Indonesia cukup banyak dijumpai di pasaran baik supermarket ataupun bukan dengan berbagai merk yang tersedia, umumnya penggunaan jenis semir ban terdiri dari tiga variasi, seperti:

1. Semir Ban Cair

Macam-macam Semir Ban, Berikut Kelebihan dan Kekurangannya
Sumber : akurat.co

Semir ban cair adalah semir dengan bahan dasar silikon dengan beragam campuran yang berguna untuk mengkilapkan ban lebih hitam dan optimal. Penggunaan semir ban jenis ini tergolong mudah, Anda hanya menggunakan kuas yang dicelupkan pada cairan semir lalu di usapkan secara merata pada ban. Biasanya memiliki tekstur lebih lengket dan licin, selain itu jenis semir ban ini tidak efektif untuk membersihkan ban kendaraan.

Akan tetapi efek pemakaian jenis semir ini tidak bisa tahan lama. Saat digunakan secara intens, justru bisa mempercepat usia pakai ban, mulai dari getas dan retak pada dinding ban

2. Semir Ban Spray and Foam

9 Rekomendasi Semir untuk Ban Mobil Agar Terlihat Selalu Tampil Bersih dan  Mengkilap (2021)
Sumber : bp-guide.id

Umumnya jenis semir ban ini dikemas dalam bentuk kaleng aerosol sehingga lebih praktis jika digunakan. Walaupun bahannya terbuat dari silikon, semir ban ini juga dapat digunakan untuk membersihkan dan mengkilapkan permukaan ban dengan cara menyemprotkan foam pada ban dan menunggunya hingga kering. 

3. Semir Ban Wax

Wajib Tahu, Ini 3 Efek Buruk jika Ban Mobil Sering Disemir : Okezone  Otomotif
Sumber : otomotif.okezone.com

Semir jenis ini berbentuk seperti wax dan beberapa orang menganggap penggunaanya lebih maksimal dibanding jenis semir lain. Jenis semir ini termasuk non silikon sehingga warna hitam yang keluar juga tidak terlalu menonjol namun fungsinya yang berguna untuk melembabkan permukaan ban sangat berpengaruh. Cara menggunakan produk ini cukup mudah, Anda dapat menempelkan spons ke wax lalu digosokkan pada permukaan ban secara merata.

Bikin Semir Ban Motor Buatan Sendiri

Baca juga: CARA MEMBUAT SEMIR BAN BUATAN SENDIRI DENGAN MUDAH

Tips Semir Ban yang Aman

Semir ban jadi salah satu produk yang cukup diminati untuk membuat tampilan mobil jadi lebih menarik. Banyak mitos yang menyatakan, bahwa penggunaan semir ban dapat merusak komponen ban itu sendiri. Akan tetapi hal tersebut terjadi karena kesalahan konsumen dalam menggunakan semir ban.

Produk ini memang tidak boleh digunakan terlalu sering, karena unsur utama zat kimia adalah panas. Jika ban terlalu sering dioleskan oleh bahan kimia maka permukaanya juga mudah menipis. Produk ini biasanya digunakan oleh jasa cucian pada saat selesai mencuci kendaran mobil dan motor.

Berikut tips dibawah ini yang dapat Anda lakukan untuk mencegah ban kendaraan rusak:

  1. Lakukan semir ban setelah selesai mencuci dan lap kering kendaraan, hal ini bertujuan agar ban tidak begitu kering saat proses pengolesan
  2. Bersihkan ban secara berkala, ban dengan kondisi bersih umumnya lebih tidak mudah rusak dan tetap cantik saat proses penyemiran
  3. Jangan membawa beban terlalu berat, biasanya semakin berat beban pada kendaraan maka ban Anda pun akan cepat aus dan rusak.
  4. Pilih kualitas semir ban yang baik dan sesuaikan kebutuhan Anda agar ban tidak mudah aus dan tetap kokoh.

Nah, informasi diatas sudah cukup lengkap untuk mengetahui serba serbi tentang semir ban untuk mempercantik tampilan kendaraan Anda. Pemakaian semir ban akan lebih aman jika Anda dapat melakukan tips diatas, sehingga nantinya akan mengurangi risiko ban yang cepat gundul dan lebih tipis. 

Pegasus Hikari Indonesia dapat mensupport kebutuhan toko yang jual semir ban. Sebagai reseller Anda tidak perlu bingung dengan kualitas dari semir ban yang diproduksi oleh perusahaan ini. Pegasus Hikari Indonesia cukup banyak bekerja sama dengan para distributor di berbagai pelosok Indonesia.

 

Editor : Muhammad Riva Ibnu Safwan

Author

Enable Notifications OK No thanks