Indonetwork, Peralatan Industri – Jika Anda memperhatikan lampu yang berderet setiap perjalanan keluar kota maupun lampu taman yang menghiasi sekitar kota, tentu Anda merasa asing dengan bentuk lampu yang tidak umum terpasang karena memiliki cukup banyak komponen. Nah, lampu tersebut memiliki daya yang dibuat dari sistem tenaga surya. Trend lampu jalan tenaga surya sedang marak baik di ibukota maupun daerah sekitar.

Selain itu sering menjadi pertanyaan bagi masyarakat awam, mengapa baru-baru ini pembangunan lampu jalan solar cell cukup marak dilakukan oleh pemerintan di Indonesia? Yuk simak terus informasi di bawah ini!

Trend Lampu Jalan Tenaga Surya

Lampu dan listrik merupakan elemen yang umumnya saling berdampingan. Trend menggunakan pju tenaga surya juga mulai marak berkembang, bukan saja di kota besar melainkan di daerah pelosok. Para pemerintah provinsi umumnya telah teredukasi oleh kementerian ESDM untuk menggunakan jenis lampu ini.

Trend Lampu Jalan Tenaga Surya
Sumber: istockphoto

Berikut alasan trend lampu jalan tenaga surya mulai hits digunakan di beberapa provinsi:

1. Perlindungan Lingkungan

Lampu jalan solar cell adalah alat penerangan jalan yang diproduksi menggunakan dioda pemancar cahaya. Selama proses pencahayaan lampu tidak akan menghasilkan zat pencemaran lingkungan lainnya seperti lampu natrium tinggi di masa lalu.

Penggunaan panel surya bukan hanya dapat mengurangi biaya listrik harian, namun juga dapat mengurangi emisi karbon. Sebab, sebagian besar produksi listrik di Indonesia masih bergantung pada bahan bakar fosil, khususnya batubara.

2. Penghematan Biaya

Menggunakan PJU tenaga surya tentu akan menghemat biaya tagihan listrik bulanan, hal itu karena pemakaian listrik dari PLN hanya berkisar 60% saja. Mungkin awalnya Anda akan merasakan beban pembelian perlengkapan pju tenaga surya yang cukup mahal akan tetapi manfaat hemat biaya ini dapat Anda rasakan selama berbulan-bulan.

PJU tenaga surya yang umumnya dipasang di jalan umum protokol, taman kota maupun area toll luar kota juga akan menghemat anggaran dana listrik suatu pemerintah daerah. Sehingga tidak jarang tiap provinsi mulai menggunakan teknologi ini sebagai alternatif pencahayaan.

Baca Juga: Model Lampu Jalan Tenaga Surya yang Banyak Digunakan

3. Kenyamanan

Sinar dari lampu jalan ini tentu memberikan rendering warna yang lebih baik dibanding lampu dengan tenaga listrik. Cahaya yang dihasilkan tentu tidak akan seterang menggunakan tenaga listrik akan tetapi lampu jalan ini memiliki arah pemancar cahaya yang kuat dan fungsi peredupan yang sempurna.

4. Estetika

Banyak upaya yang dilakukan oleh produsen untuk menarik minat konsumen supaya menggunakan jenis lampu ini untuk kebutuhan hunian,penerangan jalan maupun tempat umum. Dilihat dari segi estetika, saat ini variasi model cup lampu jalan tenaga surya hadir dalam bentuk yang lebih artistik sperti lampu antik, model cina, maupun dengan konsep minimalis.

Kelebihan dan Kekurangan Lampu Jalan Tenaga Surya 

Lampu jalan ini terdiri dari berbagai ukuran dan umumnya digunakan sebagai penerangan luar ruangan. Beberapa orang menggunakan lampu untuk mempercantik properti, Sementara yang lain menggunakan energi matahari untuk mendapatkan perlindungan dan rasa aman terhadap bangunannya.

Energi matahari sebagai sumber penerangan tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri, seperti:

1. Kelebihan

Terdapat berbagai macam keunggulan yang dapat Anda rasakan dalam pemasang lampu jalan tenaga surya, salah satunya Anda tidak akan bergantung sepenuhnya dengan PLN, mengurangi biaya kabel dan pencurian kabel. Lalu kondisi lampu lebih tahan lama dan tidak mudah rusak karena pada umumnya setiap unit pembangkit listrik bekerja mandiri, sehingga jika satu lampu mati, Anda hanya perlu memeriksa dan memperbaiki satu unit tersebut.

Selain itu pju tenaga surya juga terus melakukan inovasi dari segi teknologi dan bentuk, sehingga Anda tidak akan terlihat ketinggalan zaman.

2. Kekurangan

Setiap kelebihan tentu memiliki kekurangan. Walaupun PJU tenaga surya mendapatkan energi dari matahari yang tidak terbatas akan tetapi pemasangan instalasinya membutuhkan modal yang tidak murah bahkan beberapa orang merasa pemasangan jenis lampu ini lebih mahal dari lampu jalan konvensional.

Selain itu kondisi lampu jalan ini juga harus rutin Anda periksa saat kondisi cuaca tidak mendukung, karena dikhawatirkan terdapat komponen pju yang rusak. Anda juga harus mewaspadai maraknya kasus pencurian elemen terlebih komponen pju tenaga surya ini dibandrol dengan harga yang cukup mahal.

Cara Memperbaiki PJU Tenaga Surya

Teknisi Panel Surya
Sumber: economictimes.indiatimes.com

Setiap produk tentu memiliki kemungkinan untuk rusak, hal ini terjadi karena berbagai aspek pendukung baik secara internal maupun eksternal. Lampu jalan yang rusak ditandai dengan lampu yang tidak menyala saat malam hari, cahaya lampu yang kurang terang dan tanda-tanda kerusakan lainnya.

Kerusakan ini bisa saja terjadi karena adanya kesalahan di salah satu komponen lampu tenaga surya. Lalu cara memperbaiki lampu jalan tenaga surya yang paling efektif dengan melakukan:

  • Cek Panel Surya
  • Cek Accu
  • Cek kontroler
  • Cek kualitas lampu

Baca Juga: Pemanfaatan Lampu Jalan Tenaga Surya Yang Eefisien

Perangkat yang rusak memang harus di cek satu persatu untuk mengetahui titik kerusakan, sehingga elemen yang rusak ini dapat dibetulkan atau dicari sparepartnya agar berfungsi seperti semula. Biasanya dari pihak distributor jual lampu tenaga surya akan memberikan Anda buku panduan untuk melakukan pengecekan baik dari kabel maupun komponen lampu.

Rekomendasi PJU Tenaga Surya

Setelah Anda mendapatkan informasi diatas, menggunakan lampu tenaga surya tentu perlu dipertimbangkan untuk kebutuhan rumah tangga, namun untuk penggunaan lampu jalan yang dipasang oleh pemerintah daerah tentu. Hal ini sangat menguntungkan banyak pihak. Anda dapat menemukan rekomendasi lampu jalan tenaga surya dengan berbagai kualitas, bentuk dan ukuran di Indonetwork. Jadi tunggu apa lagi, kunjugi perusahaan ini sekarang juga!

Editor: Langgeng Irma S.

Author

Enable Notifications OK No thanks