Jenis Pipa Galvanis – Kebanyakan orang lebih banyak menggunakan Pipa PVC untuk konstruksi bangunan. Selain pipa PVC masih ada alternatif lain yang bisa digunakan, salah satunya adalah Pipa Galvanis. Pipa ini jauh lebih kuat dibandingkan dengan pipa yang umumnya digunakan. Dengan berbagai jenis pipa galvanis juga membuatnya sangat fleksibel dalam penggunaannya.

Pipa Galvanis adalah pipa yang dilapisi oleh lapisan seng sehingga bisa kuat di berbagai kondisi. Oleh sebab itu, pipa ini bisa digunakan pada cuaca yang beragam.

Keunggulan Pipa Galvanis

Banyak sekali keunggulan pipa galvanis dalam dunia konstruksi dibandingkan dengan pipa PVC. Penggunaanya bisa untuk bangunan rumah maupun gedung-gedung atau jembatan. Berikut ini adalah beberapa keunggulan dari pipa galvanis.

1. Tahan Karat

Pipa galvanis dilapisi dengan seng, sehingga akan membuatnya tidak mudah berkarat dalam situasi apapun. Sehingga kekuatan pipa ini tidak perlu diragukan lagi untuk konstruksi bangunan.

Dalam dunia konstruksi sendiri, karat merupakan faktor yang sangat berpengaruh terhadap kualitas bangunan. Dengan menggunakan pipa galvanis, masalah ini tentu bisa diminimalisir.

Pipa galvanis bisa Anda gunakan untuk berbagai keperluan seperti pagar rumah, tangga scaffolding, dan railing.

2. Awet

Pipa yang dilapisi dengan anti karat akan membuatnya memiliki usia yang cukup panjang dibanding pipa lainnya. Di daerah perkotaan, pipa ini bisa bertahan hingga 25 tahun. Sementara jika di daerah pedesaan, kekuatannya bisa mencapai 50 tahun.

Perbedaan usia tersebut disebabkan daerah perkotaan memiliki cuaca yang lebih ekstrim dibandingkan di pedesaan. Apalagi di perkotaan juga terkenal dengan polusi udara yang tinggi karena banyak asap kendaraan dan pabrik.

3. Perawatannya yang Mudah

Dalam perawatannya, pipa galvanis tidak serumit yang dibayangkan. Dengan melakukan perawatan yang baik, pipa ini akan lebih awet.

Tapi jika pipa galvanis sudah mulai tersumbat, alangkah lebih baik untuk langsung diganti dengan pipa yang baru. Karena jika dibiarkan terjadi bisa terjadi kebocoran yang sangat berbahaya.

4. Kuat

Pipa Galvanis terbuat dari pipa besi jenis galvanis yang secara kekuatannya tidak perlu diragukan lagi. Pipa ini sangat tahan banting dan sulit untuk dipecahkan. Sehingga pipa galvanis tidak akan mudah rusak.

Jadi Anda tidak perlu khawatir pecah jika pipa ini jatuh dari atas permukaan. Tapi Anda juga perlu hati-hati ketika memindahkan pipa ini karena bobotnya yang sangat berat.

5. Harganya Relatif Terjangkau

Selain kualitasnya yang sangat bagus, pipa galvanis juga juga memiliki harga yang terjangkau. Karena proses galvanisasi atau pelapisan anti karatnya tidak dilakukan secara manual. Sehingga biaya yang dibutuhkan tidak besar.

Untuk melihat daftar lengkap pipa galvanis, silahkan untuk klik disini.

Jenis Pipa Galvanis Dari Ukurannya

Jenis pipa ini tersedia dalam berbagai ukuran yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Pipa ini tersedia dalam ukuran kecil, menengah, hingga berukuran besar.

Pipa galvanis memiliki besaran satuan inci dengan ketebalan milimeter dalam satuan panjang per meter. Semakin besar ukuran pipa galvanis, maka ketebalannya juga akan semakin besar.

Jika Anda ingin menggunakan pipa galvanis untuk kebutuhan bangunan outdoor, menggunakan pipa berukuran besar adalah pilihan yang tepat. Dengan begitu, peredaran air akan lancar, pipa tidak akan mudah bocor, dan tahan karat.

Pipa Galvanis SCH 40

Salah satu jenis pipa galvanis yang cocok digunakan sebagai pondasi atau sanitasi, pipa galvanis SCH 40 merupakan pilihan yang tepat. Anda bisa menggunakan pipa ini di dalam maupun luar rumah karena tidak peduli dengan gempuran cuaca apapun.

Pipa Galvanis SCH 40 tersedia dalam berbagai ukuran mulai dari 2,63 mm hingga 7,80 mm. Semakin besar ketebalannya, semakin mahal juga harga yang ditawarkannya.

Untuk pipa galvanis SCH 40 berukuran 2,63 mm dibandrol seharga Rp170 ribuan. Sementara untuk ketebalan 7,80 mm dibandrol seharga Rp5 jutaan ke atas.

Untuk melihat daftar harga Pipa Galvanis SCH 40 silahkan untuk klik disini.

Pipa Galvanis Medium

Pipa galvanis medium memiliki ukuran yang tidak terlalu besar, sehingga harganya pun juga lebih terjangkau. Untuk kualitasnya tentu saja tidak perlu diragukan lagi karena sama-sama dilindungi oleh anti karat.

Pipa ini tersedia mulai dari ukuran 2,45 mm hingga 6,10 mm. Untuk pipa galvanis berukuran 2,45 mm dibandrol seharga Rp150 ribuan, sementara untuk berukuran 6,10 mm dibandrol seharga Rp4 jutaan. Semakin besar, harganya tentu semakin mahal.

Untuk melihat daftar harga Pipa Galvanis Medium silahkan untuk klik disini.

Baca juga: 3+ Alat Uji Tanah Wajib Digunakan Surveyor

Memahami jenis dan ukuran pipa tentu sangatlah penting sebelum Anda membelinya. Jadi Anda sebaiknya memiliki rancangan terlebih dahulu sebelum membeli dan sesuaikan dengan kebutuhannya.

Selalu perhatikan juga ketika membeli pipa galvanis di pasaran. Karena masih ada segelintir orang nakal yang menjual besi galvanis yang sudah berkarat. Jika kondisinya demikian, Anda jangan membelinya meskipun dengan harga yang murah.

Demikianlah pembahasan kali ini mengenai keuntungan dan jenis ukuran pipa galvanis. Pipa ini sangat direkomendasikan dibandingkan dengan pipa PVC jika akan membuat konstruksi bangunan. Karena untuk jenis pipa galvanis juga sangat beragam jika dilihat dari ukurannya.

(Bahan Bangunan – Indonetwork)