Indonetwork.co.id (Jakarta) – Pameran nasional Interior dan Craft (ICRA) kembali digelar. Gelaran tahun ketiga ini, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) melalui Deputi Pemasaran mendukung salah satu acara penting bagi dunia interior dan kriya.

Acara yang berlangsung pekan lalu di Jakarta Convention Center (JCC) menampilkan produk-produk terbaik mulai dari dekorasi rumah hingga cindera mata.

Baca juga: Bekraf Bantu Pelatihan Dan Pengelolaan Keuangan Syariah UKM

“Kami memberikan kesempatan bagi pelaku kreatif subsektor kriya dan desain produk yang telah memenuhi standar kurasi, untuk mengembangkan pasarnya melalui pameran ini,” ujar Deputi Pemasaran Bekraf, Joshua Puji Mulia Simandjuntak.

Bekraf memberikan fasilitas berupa 36 booth dengan spesial desain tanpa dipungut biaya alias gratis. Sebelumnya, para pelaku ekonomi kreatif (ekraf) yang akan menggunakan booth tersebut telah di kurasi melalui Open Call yang diadakan oleh Bekraf pada 1-8 Agustus lalu dengan total pendaftar berjumlah 282 pelaku usaha, yang dikuratori oleh Aloysius Baskoro Junianto.

“Dari 282 pendaftar ada 25 merek yang akhirnya kami pilih, termasuk tambahan binaan Bekraf,” kata Baskoro. Bekraf juga memberikan kesempatan bagi para pelaku ekraf binaan Deputi Infrastruktur Bekraf yang disebut “Detiga”, dan Deputi Riset, Edukasi dan Pengembangan Bekraf melalui Koperasi Karya IKKON Bersama (KOPIKKON).

Baca juga: Bekraf Gelar Workshop Penyusunan Proposal Permodalan Pelaku Usaha

Total sebanyak 42 merek yang didukung oleh Bekraf untuk tampil di ICRA yaitu: Diby Leather, Aiu Craft, Parnasib Etnik, Prungg, House Of Ende, Tridolbag, Wellflair, Gracia Bag, Ruaya, Janedan, Inchi Living, Origins Coconutwood, Bermock dan Rising Salem-KOPIKKON X Jawa Tengah.

Bukan hanya itu, beberapa merek lain yang juga ikut serta diantaraya adalah Kolabolasem-KOPIKKON X Jawa Tengah, Kurreka-KOPIKKON X Sulawesi, iCrayon-KOPIKKON X Nusa Tenggara Timur, Leloq-KOPIKKON X Nusa Tenggara Timur.

Selanjutnya ada Ecojindo-KOPIKKON X Nusa Tenggara Timur, Tashmiim-KOPIKKON X Sumatera, Palantay Songket KOPINKRA-KOPIKKON X Sumatera, Katon-KOPIKKON X Sumatera, Using-KOPIKKON X Jawa Timur, Sijiwa-KOPIKKON X Jawa Timur, Anoart-Detiga, Bunga Dahlia-Detiga, eS.A-Detiga, Kakomo-Detiga, Na’ni House Flores-Detiga, Tunas Cahaya (Batik Rifaiyah)-Detiga, Manika, Jendra Jewelry, Eva Unique Accessories, Teak Icon, Sweden Studio, Studio Dapur, Volcanoes Bushcraft, Wong Bandung Leathercraft, Ethnic Local , L&D Art Lamp, Tara Bags, Palemcraft.

Dedy Mulyadi