Category

Budidaya

Category

Hipemi Yogya: Pemasaran Digital Sangat Penting Untuk Jaring Konsumen

Indonetwork.co.id (Yogyakarta) – Himpunan Pengusaha Muslimah Indonesia (Hipemi) Daerah Istimewa Yogyakarta mendorong pelaku UMKM untuk mengoptimalkan potensi bisnis online yang ada di Yogyakarta, sebagai salah satu strategi pemasaran saat ini. Data Asosiasi E-Commerce Indonesia atau Indonesia E-commerce of Association (idEA) mencatat, potensi transaksi e-commerce atau bisnis online di Indonesia terus meningkat secara signifikan. Baca juga: Roadshow E2E Commerce di Yogyakarta: Pelaku Usaha Haruslah Adaptasi Menurut Ketua Himpunan Pengusaha Muslimah Indonesia (Hipemi) Yogyakarta, Hj. Nina Kurnia, potensi terhadap e-commerce DIY akan membawa dampak yang besar bagi pendapatan pelaku usaha UMKM. “Produk yang dihasilkan jadi lebih berkualitas dan pemasarannya lebih luas lagi,” ungkapnya di sela-sela Roadshow #UKMGoGlobal di UGM Club (8/8) kepada indonetwork.co.id. Hipemi Yogyakarta mewadahi sekitar 130 UMKM dengan berbagai macam bidang usaha. “Di Yogyakarta, perkembangan UMKM sangat besar. Tinggal pelaku usaha itu dapat memanfaatkan peluang dan kesempatan yang diberikan oleh pemerintah melalui dinas-dinas ataupun pihak terkait seperti indonetwork.co.id,” jelasnya. Baca juga: Roadshow…

Roadshow E2E Commerce di Yogyakarta: Pelaku Usaha Haruslah Adaptasi

Indonetwork.co.id (Yogyakarta) – Sebagai satu provinsi yang memiliki keunikan, Yogyakarta merupakan salah satu gudangnya UMKM di Indonesia. Dasar itulah Indonetwork.co.id bersama dengan PT. Omni Ecomm Expo selaku penyelenggara melakukan Roadshow E2E Commerce Indonesia di UGM Club, Yogyakarta pada 8 Agustus 2018 yang lalu. Tidak salah banyak pelaku usaha di Yogyakarta yang hadir Roadshow E2E Commerce Indonesia ini. Sekitar 150 pelaku usaha yang antusias dengan roadshow ini. Baca juga: Roadshow E2E Commerce di Yogyakarta Ajak UKM Perluas Pemasaran Menariknya para pelaku usaha ini tidak hanya datang dari kawasan Yogyakarta saja. Namun juga datang dari Solo, Magelang sampai Kudus. Menurut Meddy H. Papinka selaku General Manager Indonetwork.co.id, pelaku UMKM haruslah beradaptasi dengan perkembangan zaman. “Saat ini, pelaku usaha wajib melakukan pemasaran dengan online. Jika tidak kedepan akan mati tergerus dengan perkembangan zaman,” ungkapnya. Baca juga: Indonetwork Siap Bantu Entrepreneur Muda Kota Medan Go Online Pernyataan ini juga diamini oleh Kepala Bidang UMKM, Dinas…

Indonetwork Akomodasi Kebutuhan Promosi Pelaku Usaha di Jateng

Indonetwork.co.id (Jateng) – Tumbuh suburnya UMKM dan menggeliat sektor bisnis industri di Jawa Tengah (Jateng) sekarang ini, rupanya mampu menarik minat pelaku usaha lainnya untuk ikut serta bersaing di pasar global. Menurut data statistik wilayah Jawa Tengah, di bulan Maret 2018 pertumbuhan UMKM mencapai 4 jutaan lebih. Pelaku usaha terbanyak berada wilayah di Banyumas. Artinya, ekonomi kerakyatan melalui UMKM mampu unjuk gigi di Jateng dengan support pemerintah daerah dan perbankan. Baca juga: Indonetwork Siap Bantu Entrepreneur Muda Kota Medan Go Online Menurut Sas Ariyanto, Agency Manager Indonetwork Perwakilan Jawa Tengah, selain kuliner khas, jenis usaha yang berkembang di Jateng diantaranya kerajinan batik, konveksi, makanan ringan dan produk kebutuhan sehari-hari. “Tak hanya bisnis kuliner, saat ini pengusaha lokal di Jateng juga sedang gencar berekspansi ke bisnis properti, pengembangan kawasan wisata seperti di pulau Bali,” terang Sas. Hanya saja katanya, banyak pengusaha lokal masih belum melek digital untuk memasarkan produknya secara online, mereka…

Indonetwork Siap Bantu Entrepreneur Muda Kota Medan Go Online

Indonetwork.co.id (Medan) – Kota satu ini tercatat sebagai kota ketiga yang memiliki tingkat kepadatan penduduk tertinggi di Indonesia, setelah Jakarta dan Surabaya. Dari data statistik kependudukan Indonesia, jumlah penduduk  Ibukota Provinsi Sumatera Utara mencapai 2.467.183 jiwa.  Tak heran jika semua bidang usaha tumbuh subur. Untuk menjangkau pelaku usaha di kota tersebut, Indonetwork hadir menempatkan perwakilannya di Medan. Selain membantu pelaku usaha memasarkan produknya secara online, strategi ini dilakukan untuk menciptakan interaksi positif. Baca juga: Jangkau Wilayah Jawa Tengah, Indonetwork Hadir di Kota Jogjakarta “Geliat bisnis UMKM di Medan saat ini sangat beragam. Selain kuliner dan produk kerajinan khas Sumatera Utara, geliatnya bisa nampak di sektor komoditas, seperti batik, bordir, rotan, tas, sepatu dan lain-lain,” ucap Anto Juniawan, Agency Manager Indonetwork perwakilan Medan. Menurutnya, Medan telah melahirkan entrepreneur muda yang mencoba mengembangkan bisnis komoditas seperti kopi, kemiri, bawang, dan produk pertanian lain yang pangsa pasarnya menjangkau pelosok nusantara. “Tak hanya hasil bumi,…

Peringati Hubungan Bilateral Indonesia Gelar RISING Fashion di Singapura

Indonetwork.co.id (Jakarta) – Setelah sukses pada tahun lalu, Indonesia dan Singapura kembali bakal menggelar pameran kolaborasi yang bertajuk RISING Fashion pada 1-31 Agustus 2018 mendatang. RISING Fashion merupakan rangkaian event berjenis pop-up store yang awal mulanya diselenggarakan untuk memperingati momen 50 tahun hubungan bilateral Indonesia dan Singapura di tahun 2017 lalu. Pada gelaran tahun ini, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) bekerjasama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Singapura memberikan fasilitasi dan pendukungan untuk sejumlah pelaku kreatif subsektor fesyen lokal menampilkan produk unggulannya. “Total ada 14 brand yang mendapatkan fasilitasi serta pendukungan untuk tampil di perhelatan yang akan berlangsung di Paragon Mall, Singapura,” ungkap Deputi Pemasaran Bekraf, Joshua Puji Mulia Simanjuntak. Menurutnya, penyelenggaraan RISING Fashion di Singapura diharapkan dapat menjadi salah satu sarana promosi produk fesyen Indonesia secara global. Dari sudut pandang Indonesia, Singapura merupakan salah satu pusat fesyen di Kawasan Asia yang juga merupakan negara tujuan utama ekspor produk fesyen…

Wujudkan Ekonomi Kerakyatan, KOMINFO Siap Gandeng Indonetwork

Indonetwork.co.id (Jakarta) – Guna mendukung program Pemerintah meningkatkan ekonomi kerakyatan, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo) rencananya bakal menggandeng sejumlah marketplace online, satu diantaranya Indonetwork. Dalam mensukseskan program tersebut, Kominfo mengajak masyarakat khususnya pelaku usaha untuk beralih memasarkan produknya secara online. Baca juga: Selain Manufaktur, Indonesia Bakal Perkuat Ekspor Industri Pertanian “Tagline yang kami gaungkan kepada pelaku usaha yaitu “Ayo UMKM Jualan Online.” Kami ingin mengajak mereka untuk melek digital terutama soal pemasaran produk yang mereka miliki,” papar Harry, Direktorat Pemberdayaan Informatika UMKM Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Salah satu program yang telah dilakukan yaitu Grebek Pasar. Pihaknya merangkul para pelaku usaha di pasar tradisional dan di pusat kerajinan. “Untuk memudahkan produk mereka jadi lebih mudah terserap, kami bekerjasama dengan penyedia jasa aplikasi pengiriman,” terang Harry. Bukan hanya itu, pihaknya juga mengajak mereka (pelaku UMKM) untuk mempromosikan produknya di berbagai marketplace online dan ecommerce. Adapun syarat dan ketentuan untuk…

Selain Manufaktur, Indonesia Bakal Perkuat Ekspor Industri Pertanian

Indonetwork.co.id (Jakarta) – Kuartal I tahun 2018, ekspor Indonesia ke Australia mencatat kinerja yang baik. Sektor industri manufaktur tercatat naik hingga 18,7 persen. Nilainya membukukan angka USD399,3 juta dari USD336,3 juta di periode yang sama tahun 2017. “Industri manufaktur telah mampu memberikan kontribusi signifikan, mendorong pertumbuhan ekonomi nasional serta menekan defisit perdagangan,” ucap Airlangga Hartarto, Menteri Perindustrian. Baca juga: Indonesia Genjot Sektor Industri Manufaktur ke Australia Menurutnya, lonjakan ekspor industri manufaktur membawa kinerja ekspor RI ke Australia kian membaik. Lonjakannya ada peningkatan sebesar 13,1 persen dengan angka menjadi USD667,8 juta, jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. Untuk menggenjot ekspor ke Australia melalui produk industri manufaktur, Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian berkeinginan untuk meningkatkan ekspor berupa kendaraan dalam bentuk utuh (completely built up/CBU) baik itu mesin yang menggunakan bahan bakar maupun elektrik. Dirjen Ketahanan dan Pengembangan Akses Industri Internasional (KPAII) Kemenperin, I Gusti Putu Suryawirawan menyatakan, peluang ekspor kendaraan Indonesia ke…

Lirik Pasar Indonesia, Pelaku Bisnis China Banjiri Konferensi Ecommerce

Indonetwotk.co.id (Jakarta) – Sektor bisnis dan industri di Indonesia masih menjadi primadona bagi negara lain. Tak hanya investor, para pelaku bisnis asing pun seolah berlomba mengepung pasar Indonesia. Tak heran jika para pebisnis asal China seolah berebut pangsa pasar tanah air. Indonesia mempunyai ceruk bisnis yang menjanjikan bagi pelaku usaha asing. Selain populasi, tingkat konsumtif masyarakat Indonesia merupakan poin penting ekspansi bisnis mereka. Ditambah lagi dukungan Pemerintah tentang pasar global yang telah membuka peluang emas bagi mereka (pelaku usaha dan investor asing). Baca juga: Hadir di Balikpapan, Indonetwork Siap Bantu Pelaku Usaha Go Online Menangkap peluang tersebut, Shan Hai Map bersama J&T Express menggelar “First Indonesia E-commerce Conference 2018,” membahas “A to Z about E-commerce Indonesia. Ajang ini merupakan kali pertamanya konferensi bisnis E-commerce di Indonesia, bahkan semua pesertanya berasal dari negeri tirai bambu. Dalam rangkaian konferensi itu, Shan Hai Map selaku penyelenggara menyuguhkan semua sektor industri yang diharapkan dapat menarik…

Indonetwork Siap Perluas Jangkauan Pemasaran Anggota APTIKNAS

Indonetwork.co.id (Jakarta) – Berupaya membantu para pelaku usaha untuk memasarkan produk secara online, Indonetwork bersama Asosiasi Pengusaha TIK Nasional (APTIKNAS) menandatangani nota kerjasama. Dalam kerjasama tersebut kedua belah pihak sepakat untuk saling mendukung. Indonetwork bersedia membantu para anggota APTIKNAS untuk memasarkan produknya menjangkau pasar global. Sebaliknya, APTIKNAS berusaha mendukung para anggotanya untuk memilih Indonetwork sebagai market place sekaligus mitra yang tepat, guna memasarkan produknya secara online. “Sebagai direktori bisnis dan UKM terbesar di Indonesia, kami berupaya untuk terus membantu pelaku usaha di semua sektor bisnis. Dengan menggandeng APTIKNAS, selain memperkuat jaringan bisnis, kategori produk yang kami tawarkan semakin lengkap,” ungkap Meddy H. Papinka, General Manager Indonetwork, Jumat (13/7). Baca juga: On Air di Radio, Sejumlah Kepentingan Sepakat Bantu UMKM Go Digital Perlu diketahui bahwa, sejak beroperasi tahun 2001 hingga kini, kategori produk yang disediakan telah mencapai 1.800 kategori. “Guna memudahkan pencarian, ada berbagai pilihan jasa dan produk yang kami tawarkan untuk…

Hadir di Portech 2018, Indonetwork Gelar Digital Workshop

Indonetwork.co.id (Jakarta) – Bertempat di Jakarta Internasional Expo (JIExpo) Kemayoran, kali pertama di semester II tahun 2018, Indonetwork sukses menggelar workshop di gelaran pameran Power Technology (Portech 2018). Sama halnya yang telah dilakukan diberbagai kota, bisnis networking terbesar di Indonesia ini kembali melakukan hal serupa yaitu digital workshop marketing di event Portech 2018, buah kerjasama dengan PT. Global Kreatif Expo. “Memasuki pertengahan tahun ini, kami kembali mengedukasi para pelaku bisnis untuk menerapkan strategi bisnisnya melalui jalur online,” ungkap Meddy H. Papinka, General Manager Indonetwork. Dalam event tersebut, direktori bisnis online dan UKM terbesar di Indonesia ini melakukan workshop singkat dihadapan para pelaku usaha, sekaligus mengedukasi mereka memahami ranah digital yang tengah menjadi tren saat ini. Adapun tema yang diangkat dalam workshop di event tersebut, “Tingkatkan Bisnis Anda ke Level Tertinggi Bersama Indonetwork. Menurut Meddy, tema yang diusung sangatlah tepat di era digital seperti saat ini. “Kami ingin para member aktif…