Category

Budidaya

Category

Gandeng APPBI, Kemendag Gelar Indonesia Kreatif di Mall Kokas

Indonetwork.co.id (Jakarta) – Untuk memperkenalkan produk Usaha Mikro, Kecil, dan Kecil Menengah (UMKM) lebih luas kepada masyarakat, terutama di tengah pusat perbelanjaan. Kementerian Perdagangan bersama (APPBI) Asosiasi Pusat Perbelanjaan Indonesia menggelar pameran Mall to Mall bertema Indonesia Kreatif 2018 di Mall Kota Kasablanka (Kokas). Dalam pembukaan event tersebut, Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Tjahja Widayanti mengatakan, selama ini banyak produk anak bangsa belum maksimal terpublikasikan. Sehingga, banyak masyarakat yang tidak mengetahui produk buatan anak bangsa. Baca juga: Kemendag Dukung Kerja Sama Perdagangan dengan Afrika “Sesungguhnya Indonesia memiliki produk hasil karya UMKM yang cukup bagus dan bernilai. Makanya, kami ajak mereka berpameran di Mall Kota Kasablanka,” ungkap Tjahja di Grand Atrium, Mall Kota Kasablanka, Jakarta, Kamis (17/5). Menurut Tjahja, pameran ini akan roadshow ke dua belas mall berbeda sesuai dengan tema, yakni mall too mall. “Pameran ini memasuki tahun ke empat yang digelar Kemendag. Hanya saja polanya berbeda dengan tahun sebelumnya,” paparnya.…

Pameran Gebyar Wisata dan Budaya, Eksplorasi Keindahan Nusantara

Indonetwork.co.id (Jakarta) – Memasuki tahun ke-16, ajang memperkenalkan beragam keindahan alam dan budaya nusantara kembali segera digelar di Jakarta Convention Center, 10-13 Mei 2018. Pameran Gebyar Wisata dan Budaya Nusantara merupakan satu-satunya pameran wisata di Indonesia yang hanya menyajikan obyek wisata tanah air dari Sabang sampai Merauke. Baca juga: Bagi Masyarakat Amerika, Kopi Indonesia Memiliki Cita Rasa Nan Unik Oleh pihak  penyelenggara, event akbar tersebut diselenggarakan setiap tahun sejak tahun 2003 dengan tujuan antara lain mempromosikan objek wisata daerah di Indonesia seperti obyek wisata pegunungan, pertanian, lingkungan, seni dan budaya, sejarah, belanja, kuliner, pantai, kepulauan dan alam bawah laut ke masyarakat Indonesia dan internasional. Tak hanya itu, gelaran tersebut juga menyuguhkan beragam pilihan lokasi wisata terbaik dan terindah yang ditujukan bagi masyarakat Indonesia untuk bisa mencintai keindahan alam Nusantara. Sehingga, mereka dapat memilih berwisata ke berbagai daerah dari pada ke luar negeri. Pesta wisata ini juga ditujukan untuk meningkatkan kunjungan wisata,…

Bagi Masyarakat Amerika, Kopi Indonesia Memiliki Cita Rasa Nan Unik

Indonetwork.co.id (Jakarta) – Dalam memperkenalkan kopi di mancanegara, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) melakukan Roadshow KOPI pada tanggal 14-24 April 2018 di sejumlah tempat di Amerika dan Kanada. Selama 11 hari di berbagai lokasi yang dikunjungi, para delegasi Indonesia mereka menyajikan berbagai jenis kopi untuk dicicipi oleh para potential partner yang ditemui. Salah satunya adalah Roberto, Division Head of Roastery dari Cumaica Cafe di San Francisco. Baca juga: KOPI Indonesia Disambut Baik di Pasar Amerika Dan Kanada Dalam kesempatan itu Roberto mengatakan bahwa, dalam persepsinya kopi Indonesia cenderung “membosankan” karena kekhasan rasanya tidak berubah sejak dulu, “ini adalah suatu rasa yang baru dan tidak terduga,” ucapnya. Saat dipersilahkan meminum kopi Papua Monemani, Roberto memaparkan kekagumannya. Menurutnya, cita rasa kopi tersebut memiliki rasa yang berbeda dan unik. Baca juga: Dukung Pemerintah, GEM Hadirkan Pameran Sektor Energi Terbesar Sementara itu di lokasi acara Specialty Coffee Expo, Nick seorang trainer dari Specialty Coffee Association (SCA) yang…

KOPI Indonesia Disambut Baik di Pasar Amerika Dan Kanada

Indonetwork.co.id (Jakarta) – Untuk memperkenalkan kopi di mancanegara, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) melakukan Roadshow KOPI pada tanggal 14-24 April 2018 di sejumlah tempat di Amerika dan Kanada. Selama 11 hari hadir di berbagai lokasi seperti Los Angeles, San Francisco, Portland, Seattle, dan Vancouver, delegasi Indonesia berhasil menorehkan prestasi. Baca juga: Dukung Pemerintah, GEM Hadirkan Pameran Sektor Energi Terbesar CEO Kopi Spectrum (Indonesia), Tresna Yaniza Putra telah menandatangani kesepakatan bisnis pembukaan kedai kopi Indonesia di Portland dengan CEO Kopi Coffee House (Amerika) Joshua Lee. Selama Roadshow juga telah dilakukan penandatanganan kesepakatan co­-branding KOPI antara Perwakilan CEO Kopiku Michael Utama (Indonesia) dengan CEO Mr. Green Beans Trevin Miller (Amerika). Kedua penandatangan kesepakatan bisnis ini dilakukan di Paviliun Indonesia yang hadir dalam event Specialty Coffee Expo 2018 dan disaksikan oleh Deputi Pemasaran Bekraf, Joshua Puji Mulia Simandjuntak di Washington State Convention Center, Seattle. Dua hari berselang, di Vancouver – Kanada juga dilakukan penandatanganan kesepakatan…

Bekraf Gelar Sesi Konsultasi Bagi Pelaku Usaha Ekonomi Kreatif

Indonetwork.co.id (Surakarta) – Guna mensukseskan BISMA (Bekraf Information System in Mobile Application) di Surakarta, Bekraf menggelar sejumlah kegiatan. Salah satu tujuannya adalah untuk menjaring dan menjadi langkah awal kolaborasi antar pelaku ekonomi kreatif yang diwadahi oleh Bekraf. Kegiatan berupa seminar tersebut diisi oleh narasumber yang memberikan insight dan transfer knowledge dari para pelaku yang telah memiliki reputasi di bidangnya seperti Trisnia Anchali Kardia (LINE), Ali Nasrulloh (Indonesia Fashion Chamber), Sylvie Arizkiany Salim (KOPIKKON), Adrian Ishak (Chef Molecular Gastronomy Indonesia, Namaaz Dining), Firstman Marpaung (Aksi Nusantara), Prima Arya (Scoido) dan Mohamad Iqbal (BANDROS.CO.ID). Baca juga: Majukan Usaha Kreatif, Bekraf Kembangkan Bisma di Surakarta “Kegiatan sosialisasi bermetode experiental ini akan memberikan pengalaman langsung lewat Masterclass sekaligus menjadi wadah networking dan berkolaborasi bagi para pelaku ekonomi kreatif yang hadir,” jelas Wawan Rusiawan, Direktur Riset dan Pengembangan Ekonomi Kreatif. Pembicara kunci sekaligus pembuka kegiatan ini adalah Fransiskus Xaverius Hadi Rudyatmo, Wali Kota Surakarta, dengan tema…

Indonesia Siap Optimalkan Komoditas Laut Ke Pasar Amerika

Indonetwork.co.id (Jakarta) – Dengan masuknya kembali produk ekstraksi rumput laut oleh Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) ke dalam daftar pangan organik pada 4 April 2018, langkah tersebut harus mencermati. Mengingat daya saing komoditas laut tetap harus ditingkatkan dari hulu ke hilir. Pasalnya, perkembangan tren pangan organik dunia yang semakin meningkat di sektor industri makanan dan minuman. Direktur Pengamanan Perdagangan Pradnyawati menyampaikan, beberapa langkah yang dapat dilakukan agar karagenan dapat terus masuk dalam daftar produk pangan organik AS pada hasil Sunset Review AS di tahun 2023. Baca juga: Masuk Daftar Pangan Organik AS, Indonesia Kembali Pasok Rumput Laut “Langkah-langkah tersebut, di antaranya melalui pembenahan sektor rumput laut dalam negeri dengan cara mengembangkan bibit kultur jaringan yang berkualitas,” jelas Pradnyawati. Menurutnya, Indonesia harus terus mendorong budidaya rumput laut dan industri olahan rumput laut bersertifikasi organik. Cara tersebut agar produk unggulan itu diakui negara mitra dagang. “Langkah lain yang perlu dilakukan adalah dengan gencar…

Masuk Daftar Pangan Organik AS, Indonesia Kembali Pasok Rumput Laut

Indonetwork.co.id (Jakarta) – Ditandai dengan dimasukkannya kembali (re-listing) produk ekstraksi rumput laut oleh Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) ke dalam daftar pangan organik pada 4 April 2018. Ekspor rumput laut Indonesia ke AS dipastikan dapat berlanjut. Kepastian tersebut dipertegas Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan, Oke Nurwan. Dalam pemaparannya, Oke mengatakan, pasar ekspor rumput laut asal Indonesia ke Negeri Paman Sam berhasil diamankan. Baca juga: Kemendag Optimalkan Peran Ekonomi Digital di Sektor Perdagangan Menurut Oke, keputusan masuk produk ekstraksi ini mulai berlaku efektif mulai 29 Mei 2018 dan akan berlaku hingga 29 Mei 2023. Keputusan ini juga merupakan Notifikasi Sunset Review 2018 yang memperbarui 17 bahan pangan/organik dalam dalam daftar produk-produk yang diizinkan dan dilarang secara nasional di AS (National List of Allowed and Prohibited Substances). “Masuknya karagenan ke daftar pangan organik AS merupakan angin segar bagi pelaku usaha rumput laut Indonesia, terutama petani kecil dan pelaku industri rumput laut,” ungkap…

Produk Nugget Ayam Indonesia Tembus Pasar Jepang

Indonetwork.co.id (Jakarta) – Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita melakukan pelepasan ekspor perdana nugget ayam ke Jepang hasil produksi PT Belfoods Indonesia (Belfoods), anak perusahaan PT Sierad Produce Tbk. dari Gunung Sewu Group. Sebanyak satu kontainer perdana berhasil menembus pasar Negeri Sakura. Pelepasan ekspor perdana bersama jajaran manajemen Belfoods. Baca juga: Bekraf Bantu Akses Permodalan Startup di Padang “Dengan komitmen dan kerja keras, kita bisa menyaksikan peluncuran ekspor perdana nugget ayam hasil produksi Belfoods ke Jepang. Saya sampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Belfoods yang menjadi perusahaan pertama yang melakukan ekspor nugget ayam ke Jepang dan turut berkontribusi dalam meningkatkan devisa ekspor nasional Indonesia,” ungkap Mendag. Keberhasilan Belfoods dalam melakukan ekspor perdana ini juga tak lepas dari dukungan penuh Kedutaan Besar RI di Tokyo. Ekspor ini, lanjut Mendag, menjadi tonggak sejarah bagi Indonesia yang menandai pencapaian pengembangan pasar di luar negeri. Apalagi Jepang juga terkenal ketat atas standar kualitas yang diterapkan. “Hal ini diharapkan…

Selain INAPA, GEM Indonesia Gelar RailwayTech dan IIBT di JIExpo

Indonetwork.co.id (Jakarta) – Memetik kesuksesan di tahun pertama, RailwayTech Indonesia 2018 kembali digelar dengan skala dua kali lipat lebih besar dari tahun sebelumnya. Event tersebut bekerjasama dengan MASKA (Masyarakat Perkeretaapian Indonesia). Pameran ini telah menjadi ajang bagi pelaku lokal dan mancanegara untuk memamerkan inovasi terbaru di bidang perkeratapian serta dapat memajukan perkembangan transportasi di Indonesia. Baca juga: Pameran Transportasi Terbesar SeAsia Tenggara Kembali Digelar “RailwayTech Indonesia 2018 merupakan ajang potensial tempat sharing, matching dan cooperating dengan CEO dan owner perusahaan kereta api paling berpengaruh di dunia,” ungkap Baki Lee, Direktur PT Global Expo Management (GEM Indonesia). Tahun ini, pihak penyelenggara juga bakal menggelar conference, mengupas beberapa hal penting di bidang perkeretaapian, seperti regulasi, kebijakan dan investasi, strategi dan perkembangan. Tak hanya itu, conference kali ini juga membahas studi kasus mengenai LRT, MRT dan juga teknologi. Termasuk inovasi dan sistem kontrol perkeretaapian. Pembahasan ini akan dibawakan oleh para profesional di masing-masing bidang.…

Buka Akses Permodalan Pelaku Usaha, Bekraf Gelar Business Matching

Indonetwork.co.id (Palembang) – Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) melalui Deputi Akses Permodalan memfasilitasi 200 pelaku usaha ekonomi kreatif (ekraf) guna mendapatkan pembiayaan dari perbankan melalui business matching. Bekraf mempertemukan pelaku usaha ekraf dengan perbankan konvensional jaringan Bekraf, yaitu Bank Mandiri, Bank Mega, Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Sumsel Babel, Bank Tabungan Negara (BTN), dan Maybank di Palembang beberapa hari lalu. Baca juga: Bekraf Berikan Panduan Startup Dapatkan Pembiayaan Modal Usaha “Berdasarkan survei BPS, lebih dari 90% permodalan pelaku usaha ekraf berasal dari dana pribadi,” ungkap Direktur Akses Perbankan Bekraf, Restog K. Kusuma. Menurutnya, Bekraf menggelar business matching untuk memberikan akses pelaku usaha ekraf kepada perbankan sebagai sumber pembiayaan yang bisa dimanfaatkan sebagai alternatif pembiayaan dalam mengembangkan usaha. Restog menambahkan ekonomi berbasis pengetahuan, inovasi, dan kreatifitas menyumbang hampir 1000 Triliun pada PDB ekraf nasional. Berdasarkan survei IFC, lembaga keuangan di Indonesia mensyaratkan jaminan dalam bentuk tanah dan bangunan sebesar…