Indonetwork.co.id (Jakarta) – Tren belanja telah mengubah paradigma bisnis dan menuntut perbankan siap melayani dengan sistem digital.

Sejalan dengan itu, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk mencatat jumlah transaksi online e-commerce melonjak sebesar 594,8 persen secara tahunan. Lonjakan tersebut tercatat, nominal transaksi e-commerce melalui Bank BTN naik 472,59 persen yoy per September 2017.

Baca juga: Tingkatkan Produktivitas, Bank Mandiri Luncurkan Program Wirausaha

“Perubahan gaya hidup yang serba mudah dan cepat membuat transaksi e-commerce melalui Bank BTN naik tajam lebih dari 400 persen,” kata Direktur Bank BTN, Budi Satria.

Budi mengatakan, dalam kurun waktu satu tahun pada September 2015 tercatat hanya sekitar 5.000 nasabah yang melakukan transaksi online di BTN. Sementara pada September 2017 jumlah transaksi secara online naik menjadi sekitar 29.000 nasabah.

Saat ini katanya telah terjadi pergeseran gaya hidup ke era digital termasuk dalam hal berbelanja. “Dunia modern merupakan jawaban dimana semua kebutuhan sudah dapat dilayani dengan digital. Ini membuat kami perlu berbenah diri dan beradaptasi,” ujar Budi.

Perlu diketahui bahwa, Bank BTN tidak hanya fokus pada pembiayaan KPR, tapi juga menyasar pada produk dan layanan yang mengikuti zaman melalui digital banking.

“Kami gencar melakukan kerja sama dengan komunitas belanja online yang dapat didukung layanan digital BTN. Kita ingin bagaimana nanti akan terbentuk digital economy ecosystem,” terangnya.

Kalau ini terbentuk imbuh Budi, maka akan muncul brand yang akan dengan mudah masyarakat mengenal termasuk mudah untuk bank memberikan dukungan.

Ajak Masyarakat Berbelanja Dengan Mudah
Menurutnya, bisnis e-commerce tidak hanya transformasi bisnis untuk meningkatkan layanan, tapi juga berpartisipasi dalam pengembangan ekosistem e-commerce tersebut. Dengan memberikan edukasi bagi brand lokal agar kapasitasnya meningkat, secara tidak langsung BTN turut mengembangkan e-commerce.

“Selanjutnya, kami berencana membuat masyarakat berbelanja dengan mudah, tidak perlu mengeluarkan dompet, tidak perlu pakai kartu, cukup semua dapat dilakukan hanya dengan handphone,” pungkas Budi.

Dedy Mulyadi