Indonetwork.co.id (Jakarta) – Guna meningkatkan produktivitas dan menumbuhkan jiwa wirausaha nasabahnya Bank Mandiri Taspen Pos (Bank Mantap) meluncurkan program Wirausaha Mantap Sejahtera.

Program tersebut terutama ditujukan bagi para pensiunan PNS dan TNI atau Polri. Wirausaha Mantap Sejahtera merupakan program yang terintegrasi antara pelatihan ide, praktik usaha, pengembangan diri dan mentoring usaha berkelanjutan.

Tujuan diluncurkannya, agar para calon pensiunan atau pensiunan dapat berkarya membangun usaha dan hidup sejahtera di masa selanjutnya.

Baca juga: Fintech Punya Inovasi, Fleksibilitas dan User Experience yang Mudah

Direktur Utama Bank Mantap, Josephus K. Triprakoso mengatakan, program Wirausaha Mantap Sejahtera adalah bentuk dukungan perseroan kepada pemerintah guna menumbuhkan jumlah wirausaha, khususnya dari kalangan pensiunan PNS dan TNI atau Polri.

“Langkah ini tentunya untuk mendorong pensiunan agar bisa mandiri dan tidak bergantung kepada orang lain,” ucap Joseph.

“Program ini menjadi sarana pengembangan diri guna menuangkan ide serta kreativitas untuk menjaga tingkat keaktifan di masa pensiun. Diharapkan Bank Mantap dapat memecahkan masalah yang dihadapi masyarakat seperti turunnya daya beli serta memberikan manfaat ekonomi dan sosial,” tuturnya

Antisipasi Populasi Lanjut Usia
Direktur Bank Mantap, Nurkholis Wahyudi menambahkan, Indonesia akan mengalami ledakan populasi lanjut usia (lansia) pada 2050 dengan jumlah 80 juta jiwa lansia. Sehingga lndonesia termasuk dalam 10 besar negara dengan jumlah lansia terbesar di dunia berdasarkan data UN Population Projection.

Hal ini berpotensi menjadi beban bagi populasi usia produktif dimana lansia dimungkinkan menderita sakit, tidak mampu melakukan apa-apa dan tergantung pada orang lain. Ditambah bahwa 53 persen masyarakat Indonesia khawatir akan kemampuan menjalani masa pensiun yang berkecukupan.

“Dengan mempertimbangkan hal tersebut dan keterbatasan fisik para pensiunan, maka Bank Mantap menciptakan program wirausaha guna membantu memberikan solusi dari hulu hingga hilir, sejak mendapatkan motivasi dan teori usaha hingga bantuan pemasaran,” ungkap Nurkholis.

Program ini merupakan salah satu dari tiga pilar Bank Mantap, yaitu Mantap Sehat dengan meningkatkan derajat kesehatan dan mutu kehidupan masyarakat, khususnya pensiunan.

Kedua Mantap Aktif, yakni mendukung penciptaan masyarakat, khususnya pensiunan yang aktif, produktif, tangguh dan bahagia. Ketiga, Mantap Sejahtera, menciptakan masyarakat, khususnya pensiunan yang mandiri dan sejahtera melalui kewirausahaan.

Dedy Mulyadi

Author

Enable Notifications OK No thanks