Indonetwork.co.id (Nusa Dua, Bali) – Pemerintah Kabupaten Karangasem sepakat menjalin kerjasama ekonomi kreatif dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dalam suatu nota kesepahaman.

Potensi Ekonomi Kreatif di Kabupaten Karangasem akan lebih dikembangkan demi pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Karangasem.

Baca juga: Dibalik Gempuran Tren Ekonomi Digital, Ada Sejuta Peluang Usaha

Badan Ekonomi Kreatif melalui Deputi Hubungan Antarlembaga dan Wilayah menyusun Nota Kesepahaman dengan tujuan utama yakni untuk pengembangan dan fasilitasi ekonomi kreatif dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Karangasem. Nota kesepahaman ini akan ditindaklanjuti masing-masing pihak dengan perjanjian kerja sama.

Nota Kesepahaman ini diberikan paraf oleh Deputi Hubungan Antarembaga dan Wilayah, Endah Wahyu Sulistianti sebagai wakil pihak pertama dan ditandatangani oleh Bupati Kabupaten Karangasem, I Gusti Ayu Mas Sumatri sebagai pihak kedua.

Hadir menyaksikan penandatanganan tersebut, Anggota Komisi X DPR RI Fraksi Demokrat dapil Bali Putu Supadma Rudana, Direktur Hubungan Antarlembaga Dalam Negeri Hassan Abud, Kabag Perekonomian Pemkab. Karangasem Made Hadi Susilo, dan Staf Ahli Pemkab. Karangasem Gus Agung.

“Hari ini adalah hari baik dalam mengawali inovasi dan kreativitas dalam pengembangan ekonomi kreatif. Semoga Bekraf dan Pemkab. Karangasem terus bersinergi demi peningkatan perekonomian,” Kata I Gusti Ayu Mas Sumatri.

“Musibah yang beberapa waktu ini dialami masyarakat Karangasem, membuat kita sadar untuk tidak selalu bergantung dengan sumber daya alam. Sumber daya manusia harus dikembangkan untuk kesejahteraan masyarakat itu sendiri,” Tutur Endah.

Lebih lanjut Endah mengatakan, ekonomi Kreatif adalah salah satu sektor yang dapat menjadi penggerak roda perekonomian. Akan ada Enam kedeputian di Bekraf yang akan membantu dalam pengembangan ekonomi kreatif di Kabupaten Karangasem.

Dalam acara tersebut, Anggota Komisi X DPR RI Fraksi Demokrat dapil Bali Putu Supadma Rudana menyampaikan bahwa pihaknya akan mendukung penuh kegiatan pengembangan ekonomi kreatif khususnya di Kabupaten Karangasem, kabupaten pertama di Provinsi Bali yang mengadakan Nota Kesepahaman dengan Badan Ekonomi Kreatif. Putu mengharapkan bahwa daerah lain di Bali akan segera menjalin kerjasama dengan Badan Ekonomi Kreatif.

Dedy Mulyadi