Indonetwork.co.id (Yogyakarta) – Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) berkolaborasi dengan Fenox Venture Capital (VC), menggelar roadshow Startup World Cup (SWC) di delapan kota. Kali ini, Yogyakarta menjadi kota ke empat penyelenggaraan tersebut.

SWC merupakan konferensi dan kompetisi startup dunia berhadiah senilai satu juta dollar dalam bentuk investasi yang digelar Fenox VC di Silicon Valley, Amerika Serikat.

Fadjar Hutomo, Deputi Akses Permodalan Bekraf menyambut baik proposal kerjasama Fenox VC untuk menggelar SWC Regional Indonesia dengan yang diselenggarakan di delapan kota di Indonesia.

Baca juga : Peluang Bisnis Warnet Masih Relevan Untuk Tahun 2017

Menurut Fadjar, roadshow ini memberi kesempatan kepada talenta-talenta pengusaha rintisan (startup) diberbagai pelosok untuk tampil di panggung global pada konferensi maupun Grand Final SWC 2018 di Silicon Valley.

Rencananya, Bekraf dan Fenox VC akan menjaring delapan startup dari delapan kota di Indonesia untuk berkompetisi pada SWC Wild Card Round Final, yang akan digelar bersamaan dengan SWC Regional Indonesia di Jakarta pada September 2017. Tiga pemenang SWC Wild Card Round Final berpeluang mengikuti konferensi SWC 2018.

Selain konferensi, startup Indonesia juga berkesempatan menjadi finalis Grand Final SWC 2018 dengan memenangkan SWC Regional Indonesia yang diikuti oleh startup se-Asia Tenggara.

“Bekraf membuka peluang startup Indonesia untuk bertemu dan menjalin network, bukan hanya dengan startup lokal melalui roadshow SWC, tetapi juga dengan lebih dari 200 investor global, 300 eksekutif perusahaan besar, dan  500 startup global pada SWC 2018, melalui SWC Wild Card Round Final dan SWC Regional Indonesia,” tutur Fadjar Hutomo, selasa (1/8/2017).

SEA Regional Manager Fenox VC, Retno Dewati menambahkan, Fenox VC dan Bekraf memiliki misi yang sama terhadap ekosistem startup di Indonesia.

Fenox VC berpendapat, Bekraf sangat aktif di dunia startup dengan beragam kegiatan yang diselenggarakan, antara lain pelatihan, perancangan kebijakan-kebijakan yang mendukung pertumbuhan startup Indonesia, serta mempertemukan startup dengan investor.

Roadshow tahun ini, Bekraf dan Fenox VC membekali para startup yang akan pitching dengan mentoring. “Perbedaan SWC tahun ini dari segi jumlah dan jenis. Sekarang startup yang mendaftar lebih banyak dan lebih beragam,” ucap Retno.

Enam startup siap kompetisi pitching di Yogyakarta yaitu Gainz Tech, Gifood, Instanbooking, PT Kamadeva Indonesia Mandiri, Run System (PT Global Sukses Solusi), dan SyarQ.

“Startup yang dicari dewan juri sebagai pemenang dari masing-masing kota, setidaknya ada produk, bisnis model, dan market yang jelas,” imbuh Retno.

CEO SyarQ Muhammad Alfarisy, salah satu startup yang mengikuti pitching menjelaskan alasannya tertarik mengikuti roadshow SWC. “(SyarQ) tertarik ikut SWC untuk memproklamirkan SyarQ sebagai cicilan syariah pertama berbasis online. Harapannya bisa pitching di depan investor,” ungkap Alfarisy.

Adapun, startup Indonesia masih berkesempatan untuk bisa mendaftarkan diri pada roadshow SWC selanjutnya di Coworking Space Bali pada 3-4 Agustus. Untuk yang berdomisili di Makassar, bisa mendaftarkan di Ballroom Aston Hotel and Convention Center Makassar pada 7-8 Agustus, STIE Madani Balikpapan, Kalimantan Timur (10-11/8), dan Universitas Internasional Batam (14-15/8).

“Bekraf telah memfasilitasi startup lokal untuk berpartisipasi pada konferensi SWC 2017 dan Ahlijasa, startup Indonesia pemenang SWC Regional Indonesia 2016 di Silicon Valley Maret ini.

Ahlijasa sukses menyabet juara tiga pada Grand Final SWC di Silicon Valley. Kami berharap, muncul talenta-talenta baru startup Indonesia yang mampu mendunia,” pungkas Fadjar.

Sumber: bekraf.go.id