Orang-orang mungkin bertanya-tanya, apakah peluang bisnis warnet masih relevan untuk sekarang ini, di mana semua orang sudah memiliki gawai dan modem untuk mengakses internet sendiri.

Era kesuksesan usaha tersebut mungkin sudah redup sekarang, namun bukan berarti sudah tidak lagi menjanjikan. Nyatanya hingga sekarang, tetap saja ada warnet yang bertahan dan beroperasi.

Banyaknya warnet yang bangkrut, memang menandakan bahwa sudah ada peralihan gaya hidup berselancar di dunia maya. Namun sebenarnya jika para pelaku bisnis jeli melihat peluang, ada cara untuk terus bisa menjalankannya.

Benarkah itu? pasalnya belum semua orang memiliki gawai mumpuni untuk melakukan berbagai kebutuhan. Misalnya dari kalangan anak sekolah, belum semua dari mereka memiliki laptop atau PC sendiri. Padahal, mereka sudah banyak di beri tugas yang membutuhkan komputer dan akses internet.

peluang usaha rumahan

Baca Juga: Peluang usaha rumahan dengan untung besar

Dari kalangan mahasiswa sendiri, sebagian besar mungkin sudah memilikinya, tapi selalu ada masanya mereka membutuhkan akses internet lebih stabil di mana itu cuma di dapatkan dari warnet.

Secara garis besar, sekarang pangsanya masih ada. Tinggal bagaimana kita dapat memenuhi kebutuhan target konsumennya tersebut atau tidak.

Bisnis warnet tentu saja masih relevan untuk Anda jalankan sekarang. Tergantung bagaimana kreatifitas si pemilik dalam membuat konsep baru dan berpromosi. Dua elemen itu sangatlah penting untuk menunjang keberlangsungan usaha.

Pastinya perlu adanya inovasi-inovasi baru supaya orang tertarik untuk datang ke warnet. Jika masih menjalankan konsep seperti yang sudah-sudah, tentu bisnis akan sulit berkembang. Jadi untuk lebih optimalnya, Anda perlu membuat perencanaan matang dan juga kalkulasi tepat.

Jika masih meragukan tentang keuntungan yang di dapat, mari coba berhitung:

  • Anggap saja semua pengunjung menggunakan sistem paketan dengan harga 25 ribu rupiah, estimasi komputer yang di miliki misal 15 komputer.
  • Jadi 25 ribu di kali 15 = 375 ribu. Untuk perawatan alat dan sewa tempat, di potong 150 ribu. Jadi bisa di bilang, minimal keuntungan bersih per hari nya kurang lebih 225 ribu rupiah.
  • Lalu, dalam sebulannya akan mendapat keuntungan sekitar 6.750.000 (225 ribu di kali 30).

Ini adalah hitungan kasar, dan sudah cukup terlihat keuntungannya. Belum lagi jika ada pengunjung warnet yang menghabiskan waktu cukup lama. Terlebih, apabila kita turut menjual minuman dan makanan, akan ada keuntungan tambahan yang bisa di raih.

Baca juga:  Daftar alat untuk memulai bisnis fotografi dari awal

infografik bisnis fotografi

Tapi untuk itu, memang perlukan pengelolaan penuh dan biaya yang tidak sedikit. Sebagai contoh, alat yang Anda miliki tidak bagus, atribut kebanyakan sudah rusak, dan internet lambat, orang justru malas berkunjung.

Maka dari itu perlu perhatian khusus di mana sang pelaku, wajib menyediakan peralatan yang mumpuni dan tidak mudah rusak, properti yang cukup nyaman, dan juga akses internet cepat dan stabil.

Akan lebih baik jika di sediakan juga penunjang lain seperti ketersediaan printer (warna dan tidak warna).

Lalu bagaimanakah seharusnya menjalankan bisnis ini agar menguntungkan? Berikut sedikit ulasan tentang tips menjalankan peluang usaha warnet untuk tahun 2017.

1. Pemilihan lokasi

Jika dulu membuka warnet di sembarang lokasi masih memiliki prospek cukup besar untuk mendapatkan pelanggan, kini pemilihan lahannya perlu di pertimbangkan dengan baik dan matang.

Jangan hanya sekedar memilih lokasi yang dekat jalan raya. Tidak seperti dulu, sekarang setiap orang pergi ke warnet, karena memang benar-benar perlu. Jadi apabila cuma sekedar membuka di tempat keramaian namun jauh dari target pasarnya, bisa jadi warnet malah sepi.

Jadi pilihlah lokasi terdekat dengan target pasar yang ingin Anda sasar. Misalnya membuka di area dekat kampus atau sekolah. Ini adalah lokasi yang paling umum di pilih.

Mahasiswa dan anak sekolah adalah target market utama yang masih relevan. Merekalah yang paling banyak membutuhkan akses komputer dan juga internet untuk mengerjakan tugas dan lain sebagainya.

Namun ada juga beberapa orang yang cukup berani untuk membuka di daerah agak pelosok, dengan pertimbangan daerah tersebut jauh dari pusat kota dan kesulitan jangkauan sinyal. Pemilihan lokasi ini memang cukup berspekulasi, namun jika promosinya cukup baik, bisa saja menguntungkan.

2. Keragaman fasilitas warnet

Jadikan pelanggan benar-benar nyaman saat berkunjung ke warnet Anda. Maka dari itu, sediakan fasilitas sedemikian rupa, agar membuat pelanggan betah dan mau untuk kembali lagi.

  • Yang perlu di pikirkan pertama kali adalah spesifikasi komputernya. Gunakan komputer yang cukup handal.
  • Kestabilan akses internet adalah hal paling wajib berikutnya dalam menjalankan bisnis ini. Banyak orang justru malas kembali ke jika akses internetnya cenderung lambat.
  • Setelah itu, berikan fasilitas properti seperti bangku yang nyaman. Pastinya pengunjung akan betah berlama-lama duduk di warnet.
  • Sediakan pula berbagai kelengkapan penunjang lainnya seperti toilet, AC, printer, air minum dan makanan ringan (seperti sudah di sebutkan sebelumnya).

Jika ingin sedikit berinovasi, Anda juga dapat menyediakan area VIP dengan kelengkapan spesial dan tentu saja dengan harga lebih mahal. Atau bisa juga menyediakan lokasi khusus untuk pengguna laptop atau ponsel pribadi, dengan harga khusus pula tentunya.

3. Sediakan beragam berkas tertentu

Untuk menarik minat pendatang, kita bisa menyediakan berbagai berkas yang umum di cari. Biasanya, mereka malas untuk mencari dan mengunduhnya karena cenderung berukuran besar.

Contohnya seperti referensi skripsi, makalah, essay, master aplikasi non bajakan (permainan, aplikasi desain, aplikasi editing video, aplikasi-aplikasi lain), atau video tutorial.

Berkas-berkas tersebut akan menjadi daya tarik tersendiri. Jadi, sekalipun pengunjung tidak ingin berinternet, dirinya akan tetap menghampiri warnet Anda.

Dengan demikian, kita perlu menyediakan hardisk dengan kapasitas cukup besar. Meski membutuhkan modal tambahan, rasanya hal ini sangat sepadan untuk di lakukan.

Akan lebih bagus jika ada kontak khusus di mana pengunjung bisa meminta pada pihak warnet untuk menyediakan jenis berkas tertentu. Hal itu secara tidak langsung akan mendatangkan ikatan emosional lebih.

4. Jalankan usaha sampingan

Untuk mendapat keuntungan tambahan, bisa juga menjalankan bisnis sampingan. Beragam pola yang di jalankan beriringan di antaranya adalah jualan pulsa, jasa print, edit foto, atau jasa pengetikan.

Keuntungan dari bisnis sampingan ini sangatlah lumayan. Lebih daripada itu, tempat yang Anda sewa bisa di manfaatkan secara maksimal.

Untuk menjalankannya, maka perlu mempekerjakan pegawai dengan keahlian khusus, seperti kemampuan ketik cepat, pengetahuan dasar cetak dan lain-lain.

5. Ketersediaan lahan parkir

Hal yang jarang terpikirkan oleh pemilik bisnis warnet adalah menyediakan tempat parkir. Sekarang, sudah banyak pengunjung yang memiliki kendaraan pribadi, minimal motor. Kadang mereka akan malas ke warnet apabila sulit untuk memarkirkan kendaraannya.

Maka dari itu sangat penting untuk menyediakan tempat parkir yang memadai. Hal ini, berkaitan erat pula dengan pemilihan lokasi pembukaan usaha. Pastikan tempat yang kita gunakan, sudah menyediakan lahan parkir cukup luas.

Kesimpulannya bisnis warnet masih akan sangat menguntungkan, apabila Anda sebagai pemilik usaha terus berkreasi dan berinovasi. Sudah seharusnya seperti itu, supaya bisnis tetap relevan dengan masa sekarang.

Pertimbangkanlah juga berbagai hal seperti target pasar, lokasi, ketersediaan fasilitas, dan hal-hal terkait seperti yang sudah kami jelaskan di atas.