Indonetwork.co.id (Jakarta) – Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam perekonomian Indonesia, pertumbuhannya pun meningkat setiap tahunnya.

Selain mendorong perekonomian, UMKM juga mampu menyerap banyak tenaga kerja. Tingginya kreatifitas masyarakat Indonesia dalam membangun usaha tersebut terlihat dari beragam jenis produk UMKM, seperti pakaian, makanan, cendramata khas daerah, tekstil, keramik dan lainnya.

Baca juga: Waralaba Indonesia Diharapkan Dapat Bersaing di Pasar Global

Seiring dengan pertumbuhan yang terus meningkat, hal tersebut melahirkan tantangan bagi pelaku usaha UMKM untuk bersaing di pasar global.

Salah satu tantangannya adalah kemampuan para pelaku usaha dalam memanfaatkan strategi dan aktivitas pemasaran berbasis digital. Pelaku usaha tak hanya dituntut untuk mengenal digital tapi juga mampu menguasai sarana pemasaran di ranah digital secara strategis.

Dalam hal ini, Novaon Indonesia, digital marketing agency berbasis di Vietnam juga merupakan Google Premier Patner memiliki tujuan untuk menciptakan kesuksesan bagi perusahaan dengan menggunakan media online dan teknologi di area digital ini.

“Diperbantukan oleh Google, Novaon Indonesia mengedukasi para pelaku UMKM untuk live digital bukan hanya go digital,” ucap Ergintianus Julianta, Business Development Director Novaon Indonesia.

Beliau mengatakan, kami membantu para pelaku UMKM mengenal dunia digital, membantu mereka mencari pelanggan baru melalui online. Selain itu, kami juga memberikan solusi untuk menyesuaikan biaya promosi dengan kondisi masing-masing pelaku usaha.

“Melalui digital ini, semua hasil dapat terukur, seperti mengetahui seberapa dana yang sudah dikeluarkan dan seberapa besar manfaatnya. Bahkan beberap patner Novaon Indonesia sudah merasakan penjualan dari hasil promosi mereka melalu digital,” papar Ergintianus.

“Dari data yang dimiliki, kami bisa mengetahui bahwa UMKM yang online dapat tumbuh jauh lebih cepat dibandingkan mereka yang hanya berbasis offline,” tegasnya.

Ajak Pengusaha UMKM Go Digital
Hal tersebut dipertegas dalam presentasi Karim Sulisto, Patner Enablement Manager, Google PSP Program Indonesia. Karim mengatakan, dengan menggunakan aset-aset yang tersedia di online, UMKM dapat menawarkan jasa dan produk mereka kepada penonton yang tepat.

Pada kesempatan ini, Krafie.com salah satu mall online spesialis produk kreatif Indonesia turut hadir dalam seminar dan berbagi kiat usaha UMKM kepada peserta.

“Produk kreatif lokal UMKM di tanah air sangat banyak, untuk itu Krafie.com membantu para pelaku usaha untuk go digital dalam sebuah flatform online specialis karya produk kretif negeri,” ucap Iim Rusyamsi, Co Founder Krafie.com dan Founder Komunitas Tangan Di Atas (TDA).

Dalam seminar bertajuk “Sukses Kembangkan Wirausaha di Era Digital,” Iim Rusyamsi juga mengatakan bahwa, pihaknya ingin bersama-sama memberikan edukasi mengenal dunia bisnis berbasis digital secara lengkap.

“Kami ingin mempersiapkan kebutuhan para pelaku usaha untuk bertahan dan terus tumbuh di sektor ini. Harapannya, UMKM di Indonesia semakin terampil memanfaatkan teknologi pemasaran secara online. Sehingga, pemasaran produk menjadi lebih tepat guna dan pertumbuhan bisnis pun menjadi lebih efektif serta maksimal,” paparnya.

Dedy Mulyadi