Indonetwork.co.id (Jakarta) – Bisnis satu ini terbilang menjanjikan. Bagaimana tidak, pangsa pasar yang dibidik adalah kebutuhan pokok. Ya, rumah merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia terpenting.

Untuk menyasar segmen itu, banyak hal yang dapat dilakukan, apalagi buat Anda yang ingin memulai langkah bisnis dengan menjual material bangunan.

Selain jeli melihat peluang pasar, Anda wajib mengetahui kualitas barang yang hendak dijual. Berikut ini beberapa faktor yang bisa dicermati untuk memulai bisnis tersebut.

Baca juga: Perusahaan Asing Asal Italia Investasi Rp50 Miliar di Kota Batam

Langkah pertama untuk menjalankan bisnis bahan bangunan adalah dengan memilih lokasi usaha. Sebaiknya, pilih tempat yang strategis. Selain dapat menjaring konsumen lebih banyak, memudahkan pula saat pengiriman barang.

Pilih lokasi dekat pemukiman, perumahan ataupun proyek pembangunan. Dengan lokasi yang strategis, calon pembeli Anda akan dengan mudah mendapatkan material yang diinginkannya.

Langkah lain yang mesti dicermati adalah dengan melakukan promo. Tujuannya, selain memudahkan mendapatkan konsumen baru, cara ini juga paling efektif supaya lebih dikenal.

Ini merupakan trik menjemput bola untuk menjaring banyak pembeli secara berkelanjutan. Maka, lakukanlah berpromosi secara berkala guna memperkenalkan dan memperluas bidang usaha tersebut.

Perhatikan Kebutuhan Pasar
Selain beberapa trik di atas, hal yang wajib Anda ketahui dalam menjalankan bisnis ini adalah memperhatikan kebutuhan pasar. Cara ini tentunya untuk meningkatkan penjualan.

Pertama, cermati kebutuhan pasar apa saja yang banyak dicari, amati juga periode-periode tertentu yang bisa Anda lakukan untuk memperbanyak stok material tersebut guna memenuhi kebutuhan pasar.

Misalnya saja ketika memasuki musim hujan. Maka hal yang dapat Anda lakukan adalah dengan memperbanyak stok pemintaan pasar. Contohnya saja, cairan waterproofing, genteng, pipa dan pelapis anti bocor lainnya.

Sedangkan pada musim panas, bahan bangunan yang mesti Anda penuhi bisa berupa produk cat, semen, pasir, batu bata, serta besi dan lainnya. Ketika musim panas tiba, banyak orang memanfaatkan waktu ini untuk membangun rumah.

Oleh sebab itu, sebagai pebisnis Anda harus peka membaca peluang pasar setiap waktu agar Anda bisa tetap konsisten mempertahankan usaha tersebut.

Hadirkan Produk Berkualitas Terbaik
Tips sukses lainnya adalah dengan menyediakan produk terbaik dan berkualitas.

Caranya, cermati setiap produk yang hendak Anda jual. Usahakan untuk tetap konsisten menerapkan harga produk sesuai kualitas. Cara ini tentunya untuk mempertahankan dan meningkatkan keuntungan dalam waktu panjang.

Hindari trik meraup keuntungan besar yang bersifat sesaat, apalagi dengan cara menjual produk berkualitas rendah dengan harga mahal. Trik ini, pastinya bikin usaha Anda tidak bertahan lama dan mudah gulung tikar.

Untuk menjamin bisnis material bangunan Anda berumur panjang, sebaiknya menghadirkan produk-produk yang baik dan berkualitas.

Tanamkan Sifat Jujur 
Terpenting dalam mempertahankan bisnis ini adalah dengan menanamkan sifat jujur dalam menjual setiap produk. Katakan pada konsumen Anda jika memang ada produk yang memiliki kualitas kurang baik. Usahakan untuk memberikan solusi terbaik bukan semata-mata mendapatkan keuntungan.

Dengan bersikap jujur, dengan sendirinya usaha yang Anda jalani tidak hanya mendatangkan keuntungan yang berkelanjutan, tapi juga rekomendasi positif dari banyak konsumen. Selamat mencoba.

Dedy Mulyadi