Indonetwork.co.id (Jakarta) – Guna mendukung program Pemerintah meningkatkan ekonomi kerakyatan, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo) rencananya bakal menggandeng sejumlah marketplace online, satu diantaranya Indonetwork.

Dalam mensukseskan program tersebut, Kominfo mengajak masyarakat khususnya pelaku usaha untuk beralih memasarkan produknya secara online.

Baca juga: Selain Manufaktur, Indonesia Bakal Perkuat Ekspor Industri Pertanian

“Tagline yang kami gaungkan kepada pelaku usaha yaitu “Ayo UMKM Jualan Online.” Kami ingin mengajak mereka untuk melek digital terutama soal pemasaran produk yang mereka miliki,” papar Harry, Direktorat Pemberdayaan Informatika UMKM Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Salah satu program yang telah dilakukan yaitu Grebek Pasar. Pihaknya merangkul para pelaku usaha di pasar tradisional dan di pusat kerajinan. “Untuk memudahkan produk mereka jadi lebih mudah terserap, kami bekerjasama dengan penyedia jasa aplikasi pengiriman,” terang Harry.

Bukan hanya itu, pihaknya juga mengajak mereka (pelaku UMKM) untuk mempromosikan produknya di berbagai marketplace online dan ecommerce. Adapun syarat dan ketentuan untuk menjadi UMKM binaan Kominfo, para pelaku usaha wajib memiliki produk, alamat email, rekening bank, dan KTP.

Baca juga: Indonetwork Siap Perluas Jangkauan Pemasaran Anggota APTIKNAS

Menurut Harry, program tersebut sudah dijalani sejak tahun 2017. Dalam seminggu, target yang diharapkan mampu menjaring 1.000 pelaku UMKM. “Dengan kapasitas pasar yang mampu menampung 1.000 pedagang, kami berharap mampu menjaring mereka secara serentak untuk bisa Go Online,” paparnya.

Hanya saja kata Harry, kendala yang dihadapi terkadang tidak tepat sasaran, karena dari banyak UMKM, ternyata mereka bukan pemilik usaha. “Dengan menggandeng marketplace yang membernya jutaan seperti Indonetwork, langkah kami tentunya akan jauh lebih mudah,” urainya.

Hal serupa juga diungkapkan Septriana Tangkary, Direktur Pemberdayaan Industri Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Ajak Pelaku Usaha Go Online
Menurut Septriana, untuk mendukung program Pemerintah, visi misi Kominfo sesuai dengan amanah Presiden RI Joko Widodo yaitu turut serta meningkatkan ekonomi kerakyatan, mengajak masyarakat khususnya pelaku usaha Go Online, terutama dalam menyongsong “Digital of ASEAN.”

“Indonesia akan digerakkan dengan ekonomi kerakyatan. Salah satunya dengan menggerakkan UMKM Go Online. Harapan dari capaian transaksi tersebut akan menembus 1.800 Triliun rupiah. Perlu diketahui bahwa, sedikitnya ada 8 juta UMKM yang belum tergerak untuk memasuki ranah digital,” paparnya.

“Kami ingin semua produk Indonesia merajai pasar online. Dengan demikian, pelaku UMKM tak hanya dapat menjangkau pasar tanah air tapi juga pasar global yang lebih luas,” imbuh Septriana.

Lebih lanjut beliau mengatakan, produk buatan Indonesia sudah diakui oleh pasar Internasional dan sudah sepantasnyalah produk karya anak bangsa bisa menjangkau dunia.

Baca juga: On Air di Radio, Sejumlah Kepentingan Sepakat Bantu UMKM Go Digital

“Dengan memanfaatkan pesta olah raga seperti Asian Games misalnya, produk ciri khas Indonesia harusnya dapat menggunakan kesempatan ini sebagai ajang promosi,” kupas Septriana.

Beliau menegaskan, strategi inilah yang kiranya harus ditingkatkan untuk menggerakkan ekonomi kerakyatan. Hal yang sifatnya sederhana tentunya bisa mendatangkan potensi bisnis yang menjanjikan kedepannya.

“Selain merubah pola pemasaran, cara ini juga mampu membangkitkan rasa percaya diri pelaku UMKM. Produk mereka bisa dinikmati pasar secara mudah dan cepat,” jelas Septriana.

Menurutnya, ekonomi kerakyatan adalah program nasional yang harus diwujudkan bersama-sama. Apalagi jika Kominfo bisa menggandeng Indonetwork yang ekosistem pelaku usahanya telah mencapai jutaan member.

Dalam kesempatan yang sama, Meddy H. Papinka, General Manager Indonetwork menyambut baik rencana tersebut.

“Sebagai direktori bisnis online terbesar di Indonesia, tentunya kami memiliki peranan dalam mendukung program Pemerintah. Terpilih Indonetwork menjadi marketplace online yang tepat bagi pelaku UMKM merupakan penghargaan istimewa yang patut dibanggakan,” terang Meddy.

“Kami juga senantiasa mengedukasi pelaku UMKM dalam gelaran workshop digital yang dilakukan setiap bulan secara rutin. Cara ini mungkin bisa jadi terobosan baru yang dapat dilakukan dengan KOMINFO,” tegasnya.

“Kami berharap, kolaborasi tersebut dapat mewujudkan visi misi ekonomi kerakyatan secara nyata. Pelaku UMKM dapat memanfaatkan flatform Indonetwork dengan optimal. Mereka dapat menjangkau pasar yang lebih luas melalui Indonetwork,” pungkas Meddy.

Dedy Mulyadi