Indonetwork, Peralatan Rumah Tangga Egg tray atau yang biasa dikenal dengan tatakan telur merupakan wadah yang digunakan sebagai tempat meletakkan telur bagi peternak ataupun pengusaha telur agar tidak mudah pecah saat dibawa maupun sebagai sarana pemisah antara kualitas telur yang baik atau tidak. Saat ini kebutuhan tray telur wajib dimiliki, selain harganya yang ekonomis perlengkapan ini juga  memiliki banyak manfaat baik untuk toko kecil maupun supermarket besar.

Cukup banyak pilihan dan ukuran egg tray dipasaran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Nah, untuk mengetahui informasi lebih lanjut yuk simak apa saja material egg tray dan manfaat yang dapat Anda rasakan ketika menggunakan barang ini dalam menjalankan bisnis penjualan telur.

Baca juga: KEUNGGULAN MEMAKAI KEMASAN MIKA UNTUK MAKANAN

Jenis Material Tray Telur

Pemilihan material egg tray biasanya akan disesuaikan dengan kebutuhan distributor telur terkait. Biasanya tray telur hanya memiliki satu ukuran baik untuk penggunaan telur asin, telur ayam maupun telur bebek, mengingat diameter setiap telur hanya memiliki selisih yang sedikit. Berikut beberapa jenis material tatakan telur yang paling umum digunakan oleh pelaku bisnis, yaitu:

1. Tray Karton

Tray Telur Karton
Sumber: Istockphoto

Jenis tray telur yang satu ini memiliki karakteristik lebih fleksibel, tidak tahan terhadap air, hanya satu kali pakai dan ketahanan yang rapuh. Sesuai dengan namanya, jenis egg tray ini terbentuk dari kertas daur ulang seperti karton, kardus dan sejenisnya yang sudah tidak terpakai kemudian didaur ulang menjadi tray telur.

Bisanya jenis ini paling banyak ditemukan pada berbagai toko sembako dan penjualan telur lainnya karena dinilai memiliki suhu yang stabil untuk menjaga kualitas telur dan memiliki harga paling murah dibanding tray telur plastik. Selain itu menggunakan produk jenis ini tentu akan mengurangi populasi limbah kertas yang akan mencemari lingkungan.

2. Tray Plastik

Tray telur plastik
Sumber: Istockphoto

Jenis tray plastik biasanya digunakan pada supermarket untuk kebutuhan packaging yang dapat dibawa pulang langsung oleh konsumen. Namun penggunaan produk ini dengan bahan plastik akan memberi kesan mahal karena bagian luarnya dapat ditempelkan label ataupun merek tertentu. Karakteristik tatakan telur ini lebih tahan lama, tidak mudah penyok dan dapat digunakan berulang-ulang kali. Biasanya jenis egg tray ini memiliki kapasitas penyimpanan mulai dari 8 hingga 30 slot telur. Namun jenis tray telur ini tidak cukup baik untuk ketahanan kualitas telur karena plastik memiliki daya hantar panas yang kurang baik.

3. Tray Kayu

tray telur kayu

Jenis tray telur ini biasanya digunakan untuk dekorasi rumah tangga atau penyusunan telur pada area dapur sehingga terlihat lebih bagus ketika dipandang. Tray kayu juga bisa digunakan sebagai sarana photography karena bentuknya lebih authentic dan memberikan kesan klasik.

Manfaat Tray Telur Dalam Bisnis

manfaat tray telur
Sumber: Istockphoto

Telur sendiri memiliki tekstur yang rapuh, mudah pecah dengan bentuk bulat yang bisa menggelinding ke berbagai penjuru ruangan. Bukan saja kerugian di bidang materiil ketika telur pecah, akan tetapi akan menimbulkan bau amis yang melekat dan sangat mengganggu penciuman. Penggunaan produk ini dianggap wajib untuk mempermudah proses penjualan dan penyimpanan, pemasangannya sendiri biasanya digunakan pada lapisan atas dan bawah telur supaya terlindungi dengan sempurna.

Berikut dibawah ini manfaat yang dapat Anda rasakan ketika menggunakan produk ini untuk kemudahan bisnis, yaitu:

1. Keamanan pada Produk

Cangkang telur ayam terkenal memiliki kerapuhan yang lebih fatal dibanding telur bebek. Jika Anda menggunakan egg tray sebagai wadah pelindung selama distribusi, tentu posisi telur akan berada di tempat yang sama walaupun menempuh jauhnya perjalanan ditambah guncangan ringan pada kendaraan. Hal ini juga meminimalisir terjadinya benturan antar satu telur dengan lainnya, maupun benda tumpul di sekelilingnya.

2. Meningkatkan Penjualan

Ketika produk Anda terjaga dengan aman selama proses pendistribusian bebas dari keretakan, telur yang busuk ataupun produk yang pecah lainnya maka tingkat penjualan dan rasa percaya konsumen terhadap produk Anda akan lebih meningkat. Telur yang Anda jual terkesan memiliki kualitas yang tetap terjaga karena cangkang masih terlihat rapi dan bebas akan kontaminasi selama distribusi. Anda juga dapat memilah kualitas serta bentuk visual telur tergantung kebutuhan konsumen.

3. Menjaga Kesegaran Telur

Telur yang dilindungi dengan lapisan tray karton akan memperlambat proses pembusukan, karena memiliki suhu yang stabil sehingga sebaiknya hindari peletakan telur pada lemari es hal tersebut karena pintu kulkas akan dibuka-tutup sepanjang hari, itu membuat telur jadi terkontaminasi dengan suhu ruangan.

Karton juga mencegah telur menyerap bau dan rasa dari makanan lain yang ada di lemari es. Walau demikian, ada baiknya menjauhkan telur dari makanan yang berbau menyengat. Sebab, cangkang telur memiliki pori-pori yang mudah terkontaminasi oleh bau disekitarnya.

Baca juga: 5 PENERAPAN MIKA PLASTIK PADA TOKO KUE

4. Menghindari Potensi Kerugian

Tentu saja ketika telur hanya diletakkan pada wadah atau tray kayu tanpa sekat akan memiliki risiko yang lebih parah ketika terjadinya guncangan. Telur akan saling bertabrakan satu sama lain yang mengakibatkan cairan dalam telur akan mengenai seluruh badan telur lainnya. Telur sendiri memiliki tekstur yang lengket sehingga penampilan telur lainnya yg telah terkontaminasi tidak sebaik seperti di awal. Hal ini akan menurunkan minat beli konsumen terhadap produk yang Anda jual.

Produsen Tray Telur Berkualitas

Jika Anda membutuhkan produk tray telur 15 cavity dari plastik, silakan hubungi PT. Vacpack Indonesia. Selain menyediakan pengemasan telur, perusahaan ini juga menyediakan berbagai macam mika plastik ataupun mika kue yang kualitasnya sudah terjamin baik dengan harga yang terjangkau. Konsultasikan kebutuhan Anda pada pelayanan PT. Vacpack Indonesia dan temukan penawaran harga yang menarik!

Editor: Langgeng Irma Salugiasih

Author

Enable Notifications OK No thanks