Indonetwork, Peralatan Industri – Salah satu jenis bahan material bangunan yang populer dicari oleh tenaga konstruksi maupun industri adalah pipa. Siapa yang tidak mengenal pipa? Hampir seluruh toko material pasti jual pipa SNI dengan berbagai ukuran, kualitas, merek dan jenis yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumen.

Jika kita membahas pipa tentu banyak sekali yang bisa dibahas, pasalnya setiap jenis pipa memiliki manfaatnya tersendiri. Tentunya setiap jenis pipa SNI memiliki fungsi pengairan ataupun pelindung kabel tersendiri untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga, fasilitas tertentu hingga industri. Nah biasanya penggunaan pipa PVC merupakan jenis material yang paling populer diminati di dunia, untuk informasi lebih lengkapnya mari simak artikel dibawah ini!

Baca juga: Jenis-Jenis Pipa Besi

Apa Itu Pipa PVC?

Pipa PVC adalah pipa polimer termoplastik urutan ketiga yang berguna untuk pengairan dalam suatu proyek perumahan, gedung atau jalan. Pipa PVC atau paralon memiliki sifat yang keras, ringan, dan kuat sehingga penggunaanya sangat ideal digunakan untuk saluran bawah seperti area dapur, kamar mandi, dll. Pipa PVC (PolyVinyl Chloride) memiliki kelebihan seperti harga yang cukup terjangkau dan pemasangan yang mudah sehingga Anda tidak membutuhkan teknisi khusus yang memakan banyak biaya.

Perlu Anda ketahui, bahwa jenis pipa ini terbuat dari plastik dan beberapa kombinasi vinyl lainnya bahan dengan bahan khusus seperti polivinil klorida sehingga tidak mengandung zat berbahaya. Pipa ini aman digunakan untuk menyalurkan air bersih dan menjadi saluran air buangan seperti air hujan maupun kotoran.

Jenis-Jenis Pipa PVC
Sumber: Istockphoto

 

Karakteristik lainnya dari pipa ini yaitu sifatnya yang anti api, tidak berkarat, bahan tidak terpengaruh oleh cuaca dan permukaanya licin sehingga dapat menjaga aliran air agar bebas tersendat. Daya tahan produk juga cukup kuat berkisar antara 1-2 tahun sebelum diperlukan penggantian yang baru untuk menghindari keretakan dan kebocoran. Sehingga sudah tidak heran lagi bahwa pipa PVC selalu menjadi pilihan utama bagi proyek-proyek di seluruh Indonesia.

Jenis-Jenis Pipa PVC 

Salah satu komponen saluran air yang perlu diperhatikan secara berkala adalah pipa. Jenis pipa yang dijual dipasaran tentu sangat bervariasi mulai dari bentuk, jenis hingga merknya. Berikut beberapa jenis yang paling populer, yaitu:

1. Berdasarkan Standarisasi

Pipa PVC JIS (Japanese Industrial Standard)

PVC JIS
Sumber: rucika.co.id

Pipa jenis ini memiliki standarisasi industri Jepang sehingga dari segi kualitas tentunya lebih unggul dan tetap terjaga. Jenis paralon ini terbagi menjadi tiga bagian, seperti:

  • Tipe AW yang memiliki kekuatan 10 kgf/cm2 sehingga biasanya dapat digunakan untuk pengairan dengan arus yang cukup tinggi, karena ketahanannya sendiri cukup kuat.
  • Tipe D, umumnya tidak terlalu kuat dan biasanya hanya digunakan sebagai penampung air ke keran. Kekuatan jenis pipa ini hanya berkisar 10 kgf/cm2
  • Tipe C, memiliki kualitas yang paling tipis, sehingga tidak bisa digunakan untuk mengairi dengan arus tinggi karena hanya memiliki ukuran 5/8″ sampai 4″. Umumnya jenis ini hanya digunakan untuk pelindung kabel.
  • Tipe PVC-O, jenis pipa ini memiliki bahan polivinil klorida yang lebih elastis, lebih tipis, dan lebih efektif menampung volume air. Sehingga tingkat keretakan yang lebih rendah dibandingkan dengan PVC biasa.

Pipa PVC SNI ( Standarisasi Nasional Indonesia)

Jenis paralon ini biasanya digunakan untuk kebutuhan PDAM, proyek pekerjaan umum, real estate, perkebunan, pertanian, industri, air limbah dan lainnya. Biasanya jenis pipa ini telah diuji dan dikeluarkan oleh otoritas Panitia Teknis yang ditetapkan oleh Badan Standarisasi Nasional sehingga baik dari kualitas dan ukuran dibuat dengan material dan kualitas yang seragam.

Pipa PVC BS (British Standart)

Standarisasi ini dikeluarkan oleh British Standard Institution (BSI) yang sudah ada sejak 1901 dan dibuat berdasarkan aspek rekayasa, sistem kualitas, keselamatan, dan keamanan. Standarisasi BS mengatur seluruh produk industri barang maupun jasa di seluruh wilayah Kerajaan Inggris beserta negara-negara persemakmurannya (commonwealth).

2. Pipa Berdasarkan Ukurannya

Ragam Ukuran Pipa
Sumber: berita.99.co

Berdasarkan ukuran, pipa ini biasanya tersedia di pasaran dengan panjang hingga 4 meter. Diameter dari pipa ini diukur dengan menggunakan inci. Untuk diameternya bervariasi mulai dari 1, 1 ¼ inch, ¾ inch, ½ inch, 2 inch, 2 ½ hingga 6 inch.

3. Pipa Berdasarkan Bentuk

Jenis Pipa Berdasarkan Bentuk
Sumber: Istockphoto

Sebelum membeli produk pipauntuk kebutuhan industri, Anda wajib mengetahui berbagai bentuk pipa PVC yang cukup dikenal, seperti:

Pipa Polos

Jenis pipa ini biasanya memiliki diameter yang sama atau konsisten dari keseluruhan panjang batangnya. Namun, untuk menyambung kedua pipa polos kamu membutuhkan pipa penyambung atau fitting (increaser).

Pipa MOF

Jenis ini memiliki diameter lebih besar pada salah satu ujungnya, sehingga untuk menyambungkan dua pipa tidak memerlukan increaser atau pipa penyambung.

Pipa Fitting

Jenis ini memiliki beragam bentuk berupa increaser, yaitu bentuk T, bentuk L, bentuk tanda tambah, dan lain sebagainya sesuai jumlah batang.

Pipa Talang

Jenis pipa ini memiliki bentuk penampang, seperti huruf U. Biasa dipasang di ujung jurai atau rumah guna mengalirkan air hujan.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Pipa Dan Jenisnya Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Rekomendasi Raja Pipa Indonesia

Itulah beberapa informasi yang perlu Anda ketahui mengenai jenis pipa yang cukup populer digunakan. Jika Anda hendak jual pipa SNI di toko material yang dimiliki atau membutuhkan distributor pipa untuk kebutuhan konstruksi maka PT. Raja Pipa Indonesia, merupakan distributor atau agen pipa beserta aksesorisnya dengan kualitas yang baik dan terpercaya. Perusahaan ini menyediakan berbagai jenis produk dengan merek dan harga yang bervariasi sehingga bisa disesuaikan dengan budget Anda. Hubungi perusahaan ini sekarang juga, untuk mendapatkan penawaran harga terbaik di akhir tahun!

Editor: Muhammad Arsyah Al Bassam

Author

Enable Notifications OK No thanks