Indonetwork, Peralatan Rumah Tangga – Setiap bangunan pasti memiliki lantai yang dibuat sekuat mungkin karena nantinya bagian ini akan ditimpa barang setiap hari dan diinjak-injak oleh penghuninya. Jika kekuatannya sudah terjamin, maka langkah berikutnya adalah mempercantik seluruh tampilan ruangan dengan menutup bagian lantai lapisan lantai vinyl sticker yang terdiri dari berbagai motif dan warna pilihan sesuai tema dekorasi rumah Anda. 

Penggunaan jenis lantai vinyl stiker telah menjadi trend  di kalangan masyarakat, karena dengan menggunakan material ini tampilan interior rumah dapat dirombak dengan menyajikan tampilan yang selalu terlihat baru, mudah dipasang tanpa mengeluarkan biaya yang besar. Biasanya corak yang diminati masyarakat dalam memilih jenis lantai ini yaitu dengan motif kayu yang klasik karena motif cocok digunakan pada segala interior.

Nah sebelum Anda membeli produk ini baik untuk hunian ataupun fasilitas kantor lainnya pastikan untuk mengetahui jenis lantai vinyl stiker yang paling sering konsumsi gunakan. Simak terus informasi dibawah ini!

Sumber: 6 LANGKAH MUDAH CARA MEMBERSIHKAN LANTAI VINYL KAYU

Apa Itu Lantai Vinyl?

Lantai vinyl sticker adalah alternatif jenis pelapis lantai yang harganya relatif murah dibanding keramik dan ubin, hal ini karena vinyl terbuat dari polyvinyl chloride (PVC) yang mampu melepaskan volatile organic compounds (VOC) ke udara. Jenis lantai ini memiliki karakteristik ringan, lentur, tahan guncangan, mudah menyerap suara, dan mudah direnovasi ulang. Produknya sendiri biasa dijual secara meteran dan memungkinkan lantai tetap dalam kondisi baik apabila suatu saat lantai vinyl sticker ini dilepas.

Tak hanya itu, tampilan motif kayu yang umum pada lantai vinyl juga tampak realistis, akan tetapi bagi Anda yang tidak menyukai motif kayu, ada banyak pilihan lainnya seperti bebatuan alam, zigzag, abu gelap polos, maupun motif beto. Selain itu berbagai keunggulan dan fungsi lainnya seperti tahan terhadap air, anti rayap, mudah diaplikasikan dan memiliki banyak pilihan desain, membuat peminat lantai vinyl stiker ini semakin banyak dipasaran.

Jenis-Jenis Lantai Vinyl

Setiap lantai vinyl memiliki perbedaan dari segi bahan, kenyamanan hingga segi desain. Berikut ini penjelasan tentang 4 jenis lantai vinyl yang paling sering digunakan, yaitu:

1. Vinyl Tile

Vinyl Tile
Sumber: Istockphoto

Mengaplikasikan jenis lantai vinyl tile yang sangat mirip dengan tampilan keramik. Jenis lantai vinyl tile memiliki dimensi seperti keramik yang berbentuk persegi empat yang berukuran 30 cm sampai dengan 50 cm dengan ketebalan 1,5-3 mm. Selain itu jenis ini memiliki pilihan motif dan warna yang beragam berbentuk mozaik untuk menciptakan pola yang unik, terkadang vinyl dipasang secara horizontal atau vertikal untuk menambah kerumitan pada motif kayu yang dihasilkan. Jenis vinyl lantai ini  pemasangannya juga sama seperti yang lain yaitu dengan ditempelkan menggunakan lem khusus 

2. Vinyl Roll

Lantai vinyl sticker roll
Sumber: Istockphoto

Secara umum produk ini tersedia dalam bentuk gulungan seperti karpet dengan ketebalan 0,5 mm sampai dengan 2,2 mm, dengan tingkat kelenturan yang cukup tinggi. Menggunakan bahan PVC vinyl roll pun mempunyai lebar 2 meter. Sedangkan panjangnya kisaran 25 meter yang cocok dipasang di ruangan rumah Anda. Selain itu jenis lantai vinyl ini dapat digulung dengan baik tanpa pecah sama sekali pada bagian permukaannya.

Pemasangan memang lebih sulit daripada pemasangan vinyl plank atau vinyl roll. Akan tetapi karena ukurannya yang sangat lebar yaitu 2 m x 25 m, jadi hasil pemasangannya akan terlihat rapi karena hanya memiliki sedikit sambungan. Bahan dari vinyl roll juga bebas dari zat ftalat, sejenis bahan kimia yang biasa dipakai pada plastik. 

3. Vinyl Click

Vinyl Click
Sumber: Istockphoto

Jenis lantai Vinyl click sangat baik untuk bertahan terhadap segala potensi yang membuat lantai umumnya rusak, seperti ketahanan terhadap noda air, keausan, juga kemampuan untuk mempertahankan tampilannya yang berkilau dan bebas bercak. Vinyl click tersedia dalam bentuk persegi panjang atau lembaran. Ketebalan yang ditawarkan umumnya sekitar 5 mm dan setiap sisinya dilengkapi dengan reel yang membuat sambungan tidak terlihat.

Vinyl click jadi terobosan inovatif serta memberikan tampilan interior yang otentik dari lantai kayu, ubin keramik. Pada permukaan vinyl klik memiliki permukaan yang lebih halus dibanding lantai kayu / parquet

4. Vinyl Plank

Jenis Vinyl Plank
Sumber: Istockphoto

Vinyl plank adalah jenis vinyl yang paling populer di pasaran, tersedia dalam bentuk lembaran atau persegi panjang dengan berbagai tingkat ketebalan mulai dari 2 mm sampai dengan 3 mm dan berbahan dasar polyvinyl carbonated (PVC). Bahkan keunggulannya dari segi tampilan, vinyl plank motif kayu memiliki tingkat kemiripan yang tinggi dengan lantai kayu asli. 

Masing-masing jenis dari lantai vinyl stiker plank menyediakan dua jenis permukaan, yaitu embossed dan non embossed. Permukaan embossed adalah jenis permukaan vinyl yang bertekstur seperti serat kayu sungguhan yang menjaga lantai vinyl agar tidak licin. Permukaan non emboss adalah jenis permukaan vinyl yang halus dan licin yang memudahkan saat lantai vinyl dibersihkan. Ketika Anda menggunakan produk ini maka akan memberikan kesan tampilan yang mewah dengan ketahanan yang baik.

Baca juga: 10 KEUNGGULAN DEKORASI MENGGUNAKAN LANTAI VINYL

Jual Lantai Vinyl Sticker Jakarta

Setelah mendapatkan informasi di atas tentunya Anda akan lebih paham mengenai jenis lantai vinyl yang tepat untuk dekorasi properti Anda. Percayakan produk lantai vinyl stiker kualitas terbaik pada PT. Citra Royal Bintang. Perusahaan ini menyediakan lantai vinyl plank dengan berbagai ketebalan dan pilihan warna yang menarik. Silakan hubungi perusahaan ini terlebih dahulu untuk melakukan konsultasi pemasangan sesuai kebutuhan dan budget yang Anda miliki.


Author

%d bloggers like this: