Indonetwork, Peralatan Industri – Ketika melakukan aktivitas di sebuah gedung perkantoran atau pusat perbelanjaan yang terdiri dari beberapa lantai, tentu Anda merasa sangat terbantu dengan adanya lift passenger. Dengan adanya lift memudahkan aktivitas untuk berpindah dari satu lantai ke lantai lain tanpa mengeluarkan tenaga ekstra. Anda akan dengan mudah mengakses lift di suatu gedung bertingkat karena lebih cepat dan mudah penggunaannya.

Umumnya, lift dapat ditemukan pada gedung yang memiliki lebih dari tiga atau empat lantai. Jenis transportasi vertikal ini memiliki beberapa jenis yang digunakan untuk mengangkut barang ataupun orang dari satu lantai ke lantai. Untuk bekerja dengan baik, lift didukung dengan komponen dasar yang sangat penting.

Komponen Dasar Pada Lift 

Lift merupakan angkutan transportasi vertikal yang digunakan untuk mengangkut orang atau barang dari satu lantai ke lantai lain pada gedung bertingkat. Untuk berjalan dengan baik, lift didukung dengan komponen-komponen yang menjadi satu kesatuan dan tidak dapat dipisahkan karena masing-masing komponen memiliki fungsi untuk menjalankan lift. Berikut ini adalah komponen dasar pada lift passenger dan barang untuk bekerja dengan baik.

1. Komponen pada Ruang Mesin (Machine Room)

Ruang mesin merupakan ruang terpenting karena ruang tersebut menjadi tempat terjadinya semua proses pengoperasian elevator secara keseluruhan. Komponen pada ruang mesin terdiri dari:

  • Komponen Sistem Kontrol

Komponen ini berfungsi sebagai pusat pengendali dan kontrol kinerja lift. Di sini semua permintaan naik dan turun dicatat lalu diolah, kemudian instruksi diberikan kepada lift agar bergerak dan berhenti sesuai permintaan.

  • Mesin Penggerak (Geared Machine)

Mesin ini merupakan motor penggerak yang ditransformasikan oleh roda gigi sehingga dari putaran motor tinggi dapat berubah ke putaran motor rendah. Pada mesin penggerak terdapat rem khusus yang berfungsi jika motor penggerak lift tidak dialiri listrik.

  • Primary Velocity Transducer

Primary velocity transducer adalah komponen pada lift yang berfungsi untuk mendeteksi kecepatan pada lift dan putaran motor.

  • Governor

Governor merupakan komponen pengaman yang berfungsi ketika beban lift melebihi batas maksimal. Komponen ini akan bekerja secara elektrik dan mekanik yang memberhentikan lift jika membawa beban melebihi batas maksimal.

Baca juga: 5 JENIS LIFT BERDASARKAN FUNGSI PEMASANGANNYA

2. Komponen pada Ruang Luncur (Hoistway)

Ruang luncur adalah lorong atau lintasan pada lift untuk bergerak naik dan turun. Berikut ini komponen yang ada pada ruang luncur.

  • Guide Rel

Komponen ini merupakan komponen baja yang memandu jalannya kereta dan bandul lift (counterweight).

  • Limit Switch atau Saklar Batas Lintas

Limit Switch berfungsi untuk menjaga kereta agar tidak menabrak lantai kamar mesin. Komponen ini terdiri dari 2 jenis yaitu direction switch dan final switch.

  • Vane Plate

Komponen ini berfungsi untuk mengatur pemberhentian lift pada lantai yang dikehendaki. Vane plate juga bertugas untuk mengatur pembukaan pintu pendaratan.

  • Landing Door 

Landing door merupakan pintu yang berfungsi untuk menutup ruang luncur dari ruang.

  • Counterweight atau Beban Imbang Elevator

Counterweight pada lift berupa bandul balok atau lempengan bermaterial baja atau besi cor yang berfungsi sebagai penyeimbang berat lift. Jumlah beban pada bandul ini beragam karena disesuaikan dengan ketinggian lift yang ingin dicapai serta balok-balok tersebut mengikat sehingga kuat dan aman. Counterweight biasanya terpasang di belakang atau samping lift. 

  • Buffer

Komponen ini berfungsi untuk meredam tenaga kinetik kereta dan bandul lift (counterweight) pada saat jauh.

  • Governor Tensioner

Pada governor tensioner terdapat pulley berbandul yang berfungsi sebagai penegang rope governor yang terletak pada pit.

3. Komponen di Kereta (Car Lift)

Komponen pada lift merupakan fitur yang dapat dioperasikan oleh penumpang maupun petugas yang membawa barang ketika menggunakan lift. Berikut ini adalah fitur pada komponen di dalam kereta lift, seperti:

  • Car atau Kereta Lift

Komponen kereta lift ini berbentuk kotak yang menjadi ruang bagi penumpang. Biasanya kereta lift memiliki beberapa ukuran yang sesuai dengan kebutuhan untuk lift passenger atau penumpang dan lift yang mengangkut barang. 

  • Car door atau Pintu Kereta Lift

Bagian ini berupa pintu lift untuk jalur aktivitas keluar masuk pengguna.

  • COP (Car Operating Panel)

Komponen ini merupakan panel yang berisi tombol-tombol input untuk mengatur buka-tutup pintu, lift naik dan turun, lantai, bantuan dan lain sebagainya. COP ini terletak di sisi depan lift agar mudah diakses.

  • Interphone

Interphone ini berfungsi untuk mengadakan komunikasi antara lift, kamar mesin dan ruang kontrol gedung pada keadaan-keadaan tertentu.

  • Alarm Buzzer

Komponen ini berupa alarm khusus yang memberi tanda apabila lift dalam keadaan darurat, seperti saat kelebihan atau lainnya. Nantinya alarm akan berbunyi ketika lift mengalami keadaan darurat tertentu.

  • Floor Indicator

Floor indicator berfungsi sebagai penunjuk arah lift bekerja saat naik turun dan penanda penomoran lantai yang dilewati lift.

  • Emergency Light

Komponen ini merupakan lampu darurat yang menyala jika dalam keadaan darurat seperti mati listrik. Emergency light ini dapat menyala dengan sumber energi baterai.

  • Emergency Exit Switch

Emergency switch berupa saklar untuk mematikan lift agar tidak berjalan ketika pintu darurat dibuka saat proses penyelamatan.

  • Safety Link

Komponen ini berfungsi sebagai pengaman atau penahan pada lift agar tidak overspeed ke bawah dalam keadaan darurat.

4. Komponen di Ruang Luncur pada Setiap Lantai

  • Tombol Lantai

Tombol lantai berfungsi untuk memanggil lift di setiap lantai untuk digunakan. Tombol berupa keterangan lift ke arah naik atau lantai atas dan arah turun ke lantai bawah.

  • Saklar Parkir

Saklar khusus ini berfungsi untuk menjalankan dan mematikan lift.

  • Saklar Kebakaran

Saklar ini akan bekerja ketika ada percikan api saat kebakaran dan akan mengaktifkan fungsi fireman control.

  • Hall Indicator atau Penunjuk Lantai

Penunjuk lantai pada lift sangat berguna untuk membantu pengguna mengetahui lantai tujuan dan posisi lift saat beroperasi.

Baca juga: PANDUAN MEMILIH ELEVATOR DI JAKARTA

Lift yang sering digunakan di gedung-gedung ternyata memiliki komponen yang cukup lengkap dan banyak untuk bekerja dengan baik. Sehingga untuk membuat fasilitas lift passenger membutuhkan perencanaan matang dan dengan produk jual lift passenger berkualitas. PT. Ritz Elevator Indonesia adalah pilihan tepat bagi Anda yang ingin mencari supplier lift elevator berkualitas dan terpercaya.

Editor: Langgeng Irma Salugiasih

Author

Enable Notifications OK No thanks