Indonetwork, Bisnis – Setiap mesin pompa air mempunyai daya dorong yang berbeda-beda tergantung dari set up pabrikannya. Tapi daya dorong pompa air ini bisa kita tingkatkan seoptimal mungkin. Ada beberapa cara meningkatkan daya dorong pompa air yang dapat Anda lakukan.

Namun proses untuk menambah tekanan pompa air ini tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Karena ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan. Karena proses ini memerlukan ilmu teknik yang tidak semua orang memilikinya. Berikut Indonetwork uraikan penjelasannya.

Cara Meningkatkan Daya Dorong Pompa Air

Seperti apa cara meningkatkan daya dorong pompa air? Simak rangkuman kami berikut ini.

1. Tambah Tekanan Pressure Switch

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan daya dorong pompa air yaitu dengan menambah tekanan pressure switch. Tapi sebelumnya Anda harus tahu dulu berapa pressure switch awal atau setingan pabriknya.

Misalnya pressure switch bawaannya adalah 30/50. Maka Anda bisa meningkatkannya menjadi 40/60. Cara untuk meningkatkannya sangat mudah.

Anda hanya perlu memutar tombol penyetel ke arah jarum jam secara bertahap dengan memakai obeng atau kunci pas. Namun saran kami, jangan menambah tekanan itu melebihi 60 psi. Karena bisa menyebabkan kebocoran atau pada beberapa komponen tertentu akan rusak.

2. Pasang Tabung Tekanan

Tabung Tekanan Pompa Air

Cara lainnya yang dapat Anda lakukan untuk cara meningkatkan daya hisap mesin pompa air yaitu dengan memasang tabung tekanan. Tidak hanya itu, memasang tabung tekanan juga bisa memberikan tekanan air supaya lebih stabil dalam waktu yang cukup lama.

Prinsip kerja dari tabung tekanan ini yaitu akan meningkatkan tekanan air dengan cara menampung udara dan air yang ada di dalam tabung.

Baca Juga: Cara Merawat Pompa Air agar Tahan Lama

3. Perkecil Diameter Pipa Air

Diameter Pipa
Sumber: dekoruma.com

Pada dasarnya, semakin kecil ukuran pipa, maka semakin besar daya dorong air tersebut. Tapi lubang pipa air yang kecil sangat rawan tersumbat oleh kotoran.

Jika khawatir dengan masalah tersebut, Anda bisa memasang filter air pada pipa tersebut. Sehingga tidak akan ada kotoran yang tersumbat pada pipa air.

4. Pasang Pompa Pendorong

Pompa Pendorong Air
Sumber: artikel.rumah123.com

Anda juga dapat memasang pompa pendorong atau pump booster untuk menambah daya hisap pompa air Shimizu. Fungsi utama dari alat ini yaitu untuk menambah tekanan air.

Menariknya lagi, pompa pendorong tidak memerlukan daya listrik yang terlalu besar. Sehingga bisa menghemat biaya listrik bulanan Anda.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Pompa Air Shimizu yang Tidak Keluar Air

5. Percepat Putaran Dinamo pada Pompa Air

Mempercepat putaran dinamo pada mesin pompa air ternyata juga dapat meningkatkan daya dorong air. Bahkan mempercepat putaran dinamo juga dapat meningkatkan daya hisap air.

Ada dua cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kecepatan dinamo pompa air. Cara yang pertama yaitu dengan menggunakan inverter di mana Anda menambah liltan kumparan yang ada pada dinamo.

Cara yang kedua yaitu dengan mengubah gulungan dinamo mesin. Jika ingin lebih cepat, tentu saja cara yang kedua ini adalah solusi yang tepat.

6. Kurangi Lekukan Instalasi Pipa

lekukan Instalasi Pipa
Sumber: beritakonstruksi.com

Langkah terakhir yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan daya dorong pompa air yaitu dengan mengurangi lekukan instalasi pipa. Semakin banyak lekukan instalasi pipa, semakin kecil daya dorong airnya.

Pada proses instalasi pipa air, sebaiknya hindari memasang terlalu banyak lekukan dan tanjakan.

Baca Juga: 8 Alasan Pentingnya Memasang Pompa Air Tenaga Surya

Demikianlah cara meningkatkan daya dorong pompa air yang dapat Anda coba. Untuk mendapatkan pompa air berkualitas, Anda bisa membelinya di Daftar Perusahaan Pompa Air dengan berbagai jenis pompa air.

Editor: Langgeng Irma S.

Author

Sebagai penulis konten seo yang berpengalaman lebih dari 5+ tahun.

Enable Notifications OK No thanks