Indonetwork, Peralatan Industri – Elevator atau lift memiliki peran sebagai alat transportasi untuk menaikkan dan menurunkan muatan pada sebuah gedung bertingkat. Ketika Anda memiliki bangunan tinggi tanpa elevator tentu akan memperlambat mobilitas sehari-hari. Bahkan saat ini bukan hanya pada bangunan perkantoran atau perbelanjaan, rumah pun sekarang juga mulai dipasang elevator sehingga Anda perlu mencari penyedia elevator Jakarta yang memadai.

Harga elevator Jakarta serta proses perbaikannya sendiri memang dinilai tidaklah murah, akan tetapi manfaatnya sangat membantu kegiatan sehari-hari. Nah, supaya elevator  passanger Anda bertahan lama, tidak menimbulkan kerugian dan tidak mudah rusak sebaiknya dipelihara dengan baik dan benar sesuai instruksi pihak produsen. Simak terus informasi lengkapnya dibawah ini ya!

Manfaat Elevator untuk Rumahan

Manfaat Elevator untuk Rumahan

Mungkin pemasangan elevator pada area hunian tidak banyak dilakukan masyarakat terlebih lagi jika rumah hanya terdapat 2 lantai saja, pemasangan biasanya dilakukan pada hunian besar yang memiliki tingkatan yang luas serta basement. Berikut di bawah ini beberapa manfaat elevator yang bisa Anda nikmati jika dipasang pada area hunian, yaitu:

1. Membantu Mobilitas Harian

Ketika Anda lebih banyak beraktivitas di dalam rumah atau mobilitas harian anggota keluarga yang cukup padat menuju ruangan lain maka fungsi elevator akan sangat berguna. Anggota keluarga Anda tidak perlu memakan waktu menaiki tangga manual dengan segala risiko yang mungkin saja terjadi.

Baca juga: 5 Jenis Lift Berdasarkan Fungsi Pemasangannya

2. Memberikan Rasa Aman dan Nyaman pada Lansia

Faktor terpenting dari pembangunan suatu hunian yaitu keamanan dan rasa nyaman. Jika Anda memiliki keluarga lansia yang sudah sakit dengan menggunakan kursi roda atau disabilitas. Keadaan ini tentu akan menghambat gerakan, sehingga fungsi elevator sangat berguna untuk membantu berpindah dari lantai atas ke bawah maupun sebaliknya.

3. Dekorasi Interior

Ketika hunian Anda menggunakan elevator sebagai fasilitas dekorasi maka akan memiliki nilai jual rumah yang lebih mahal, sehingga hal ini sangat menguntungkan bagi Anda seorang investor property yang akan menjual hunian kembali pada masyarakat menengah ke atas.

4. Lebih Fungsional Dibanding Tangga

Sebagian besar semua orang tahu bahwa penggunaan elevator akan lebih efisien penggunaannya dari segi tenaga dan waktu. Selain itu pemasangan elevator juga dapat mempermudah pemindahan barang dari atas ke bawah atau sebaliknya dengan menghilangkan risiko yang dapat terjadi seperti tersandung, jatuh dan membahayakan jiwa.

5. Menambah Nilai Mewah pada Rumah

Tentu saja pemasangan elevator biasanya digunakan pada hunian besar yang dinaungi oleh banyak orang dengan mobilitas yang padat. Selain itu pemasangannya pada rumah Anda akan memiliki nilai tambahan dengan kesan lebih mewah dan elegan.

Cara Kerja Elevator

Cara Kerja Elevator
Sumber: Istockphoto

Prinsip kerja bucket elevator atau lift ini sebenarnya menggunakan sistem katrol. Elevator yang terbuat dari logam dibentuk untuk menampung muatan berbagai ukuran atau biasa yang disebut kereta lift/car lift. Car lift tersebut terhubung ke tali baja yang sangat kuat yang melewati sheave di elevator di ruang mesin. Di sini, sheave seperti roda dalam sistem katrol untuk memegang erat tali baja dengan kuat. Sistem ini dioperasikan oleh motor penggerak, ketika saklar dalam kondisi ON, maka elevator dapat naik dan turun atau berhenti.

Perlu diketahui bahwa motor penggerak dapat berfungsi dengan baik, dengan elevator harus dilengkapi dengan sistem pengendali elevator. Sistem yang biasanya digunakan adalah Programmable Logic Controller (PLC).

Tips Merawat Elevator

Tips Merawat Elevator

Jika hunian Anda sudah terpasang elevator, maka tahap selanjutnya yaitu merawat elevator agar tidak rentan rusak, karena perbaikannya dibutuhkan tenaga profesional dan biaya yang tidak murah. Berikut terdapat tips yang dapat kamu pahami supaya elevator tetap berfungsi selama bertahun-tahun, yaitu:

1. Sesuaikan Kapasitas dan Beban Muatan

Elevator akan bertahan lama jika digunakan sesuai dengan jenis kegunaan dan kapasitas beban yang telah ditentukan oleh pabrik, sehingga jangan sampai elevator bermuatan manusia dibebani oleh barang dengan kapasitas yang tentunya lebih berat. Biasanya beban elevator rumahan sangat beragam mulai dari 250 kg sampai 450 kg sekitar (3 sampai 5 orang).

2. Pemeliharaan Secara Rutin

Jangan lupa untuk lakukan pemeliharaan elevator secara berkala, baik kerusakan interior maupun mesin dalam elevator. Pemeriksaan mencakup bell, pintu hall, lampu indikator, level tombol naik turun, getaran mesin, tata udara ruang mesin, hingga alat pengaman setiap kreta lift.

3. Perhatikan Komponen Elevator

Proses maintenance kesehatan elevator biasanya perlu diperhatikan dari segi ruang mesin seperti gearbox, pembersihan mesin, penggantian oli rem hingga motor, lalu pengecheckan pada bagian kabin elevator, hoistway untuk meluncurnya lift dari atas ke bawah, pit lift, hingga tombol penghentian lift. Komponen tersebut butuh dilakukan pengecheckan rutin sebanyak satu bulan sekali. 

4. Temukan Instalasi yang Sudah Berpengalaman

Tentu saja setiap merek dan jenis lift memiliki pengaturan yang berbeda. Perbaikan lift maupun proses maintenancenya juga sebaiknya dilakukan oleh teknisi yang berpengalaman di bidangnya. Sehingga perbaikan dilakukan secara maksimal bukan menambah kerusakan di sektor lainnya.

Baca juga: Jenis-jenis Eskalator dan Perbedaannya dengan Travelator

Penyedia Elevator Jakarta

Jika hunian Anda membutuhkan pemasangan elevator Jakarta bermuatan manusia maupun barang di lokasi hunian maupun kantor, silakan hubungi PT. Ritz Elevator Indonesia. Perusahaan ini bukan saja menjual berbagai kebutuhan elevator passenger, home elevator, BED elevator, panoramic elevator dan cargo elevator akan tetapi menyediakan jasa service dan penjualan sparepart elevator yang tentunya berkualitas baik dengan harga yang terjangkau.

Seiring berjalannya waktu dengan berbagai kemudahan yang ada kebutuhan pemasangan lift ini akan banyak digunakan untuk keperluan mobilitas rumah tangga. Silakan lakukan konsultasi kebutuhan dan budget yang Anda miliki pada pelayanan PT. Ritz Elevator Indonesia yang ramah dan temukan penawaran harga terbaiknya.

Editor: Langgeng Irma S.

Author

Enable Notifications OK No thanks