Indonetwork, Peralatan Rumah Tangga – Ketika melihat sebuah rumah atau bangunan, tentu tampilan eksterior dari bangunan sering kali menjadi perhatian. Salah satu pendukung tampilan eksterior bangunan tersebut adalah pintu.

Saat ini pintu bukan hanya dijadikan sebagai akses untuk keluar masuk bangunan, namun dijadikan sebagai elemen estetika pada sebuah bangunan. Anda dapat menemukan banyak desain pintu yang dapat disesuaikan dengan konsep dan gaya arsitektur dari bangunan tersebut, serta terbuat dari berbagai macam material.

Tidak hanya kayu, namun juga alumunium, plastik, batu, kaca, dan lain sebagainya. Hal tersebut dikarenakan faktor bahan baku seperti kayu yang semakin sulit dan mahal, membuat banyak produsen mengganti bahan baku untuk pintu yang lebih terjangkau. Salah satunya adalah pintu baja yang saat ini banyak digunakan dan dicari karena harganya yang terjangkau dengan kualitas yang baik. 

Alasan Memilih Pintu Baja Untuk Hunian Anda

Pintu baja adalah salah satu jenis pintu yang memiliki beberapa keunggulan dari segi kekuatan dibandingkan dengan jenis pintu lainnya. Berikut ini adalah alasan memilih pintu baja pintu baja untuk hunian Anda.

1. Harga Yang Murah

Seperti yang kita tahu, harga kayu solid saat ini sangat mahal karena bahan yang sulit didapatkan dengan permintaan yang tinggi. Sehingga, banyak produsen yang membuat pintu dengan bahan alternatif yang tidak kalah berkualitas.

Pintu baja murah adalah pilihan yang tepat untuk mempercantik hunian Anda. Dengan harga berkisar antara 2-5 juta, Anda sudah bisa mendapatkan pintu baja murah dengan desain yang modern dan menyerupai pintu kayu.

2. Sistem Pintu Yang Aman

Pintu baja terkenal dengan jenis pintu yang kokoh, sehingga jenis pintu ini memiliki sistem pintu yang aman. Hal ini terlihat pada engsel pintu yang juga terbuat dari baja dan berada pada kerangka pintu (kusen). Kerangka pintu yang terbuat dari baja juga inilah yang membuat pintu baja semakin aman untuk hunian Anda. 

Baca juga: 11 KELEBIHAN PINTU BAJA MODERN DIBANDINGKAN PINTU KAYU

3. Tahan Lama

Baja merupakan paduan logam yang terbuat dari unsur besi dan karbon. Kandungan logam pada pintu baja membuat jenis pintu ini tahan lama. Hal ini dikarenakan pintu yang terbuat dari baja tidak mengalami penyusutan atau melengkung akibat perubahan cuaca, tahan terhadap panas dan air, serta tidak akan dimakan oleh serangga seperti rayap (anti rayap).

4. Bahan Yang Kuat Dan Kokoh

Kekuatan dari baja sudah tidak diragukan lagi untuk menjadi bahan pada pintu. Kekuatannya yang tinggi per satuan berat ini membuat potensi pada beban matinya cukup kecil.

Tidak heran jika baja sering digunakan sebagai bahan untuk konstruksi bangunan dan lain sebagainya karena kokoh dan kuat. Oleh karena itu, jika Anda mencari pintu yang tahan panas, tahan api dan kokoh, pintu baja adalah pilihan yang tepat.

5. Desain Pintu Dan Fitur Modern

Tidak diragukan lagi, desain pintu baja saat ini cukup beragam dan inovatif. Anda dapat menjumpai desain pintu baja bergaya minimalis, modern, klasik dan lain sebagainya. Sehingga Anda dapat menyesuaikan dengan konsep arsitektur hunian Anda.

Tidak hanya itu, pintu baja juga memiliki fitur modern yang tidak dimiliki pintu konvensional atau pintu biasa. Pintu baja memiliki Silencer atau peredam suara berupa karet yang berada pada bagian tengah pintu dan sekeliling kerangka pintu. Selain itu, pintu juga dilapisi dengan fiber bermotif kayu untuk tampilan yang lebih natural.

6. Pemasangan Dan Perawatan Yang Mudah

Untuk pemasangan pintu baja juga sangat mudah dan cepat. Biasanya ketika Anda membeli produk pintu baja murah, Anda akan mendapatkan baut yang digunakan untuk instalasi pintu. Sehingga Anda tidak perlu lagi mencari jenis baut atau engsel pintu ketika pemasangan.

Selain itu, pintu baja sangat mudah dalam perawatan karena tidak ada keahlian atau perawatan khusus. Anda cukup mengelap pintu baja agar tampilan pintu bersih dari debu dan tidak terlihat kusam seperti baru.

Baca juga: 5 TIPS MEMASANG PINTU BAJA DENGAN HARGA MURAH

Cara Pemasangan Pintu Baja

Setelah Anda mengetahui dan memahami bahwa pintu baja adalah pilihan tepat untuk mempercantik hunian dengan pintu harga terjangkau dan kualitas baik dalam jangka panjang. Sebelum Anda membeli pintu baja murah, tidak ada salahnya jika Anda mengetahui dan memahami bagaimana cara pemasangan pintu baja yang benar.

Pastikan Anda sudah memilih pintu yang sesuai dengan ukuran dan fungsi pintu untuk indoor atau outdoor. Berikut ini adalah cara pemasangan pintu baja.

  • Siapkan semen, pasir, 15 paku beton berukuran 5 cm.
  • Pastikan permukaan lantai tidak bergelombang.
  • Membuat lubang tembok untuk pemasangan kusen pintu. Anda perlu melebihkan ukuran lubang dari ukuran kusen.
  • Pastikan kusen bagian bawah harus ditanam sedalam kira-kira 35 mm.
  • Pasang dan letakkan kusen pada tembok yang akan dipasang pintu dengan presisi dan keempat sudutnya harus siku 90 derajat.
  • Tekuk angkur yang ada di sebelah kanan dan kiri kusen paku pada tembok, fungsinya sebagai pengikat kusen agar tidak bergeser atau bergerak.
  • Buat adukan semen dan pasir atau cor. Lalu isi pada sisi atas dan kanan kiri kusen untuk memperkuat pintu. Lalu diamkan hingga benar-benar kering, kurang lebih 24 jam.

Pintu baja adalah pilihan tepat bagi hunian Anda. Dengan harga terjangkau serta perawatannya yang mudah, Anda tidak perlu lagi khawatir untuk ketahanan dari pintu baja.

Untuk Anda yang ingin mengganti dan mencari pintu baja berkualitas, belanja di Indonetwork adalah pilihan yang tepat. Indonetwork, merupakan pioner marketplace B2B di Indonesia yang menyediakan kebutuhan untuk rumah tangga hingga berbagai industri.

Termasuk produk pintu baja baja berkualitas tinggi pun tersedia di Indonetwork. Pintu baja dengan spesifikasi yang mengedepankan teknologi dan sudah tersertifikasi sesuai standarisasi internasional, sehingga mampu memberikan kenyamanan dan keamanan hingga mampu mencegah penyebaran api pada saat terjadi kebakaran. Tunggu apalagi, untuk pilihan pintu baja murah dan berkualitas, langsung cek di Indonetwork sekarang.

Editor: Langgeng Irma S.

Author

Enable Notifications OK No thanks