Indonetwork, Peralatan Rumah Tangga – Saat ini terdapat banyak cara yang dapat dilakukan untuk mempercantik hunian. Salah satunya adalah dekorasi pada setiap sudut ruang, tidak terkecuali lantai. Lantai merupakan salah satu bagian dari rumah tinggal yang berupa permukaan luas. Lantai perlu diperhatikan dalam suatu hunian karena permukaannya yang luas serta membutuhkan usaha lebih dalam perawatan lantai.

Sehingga tidak heran saat ini, Anda dapat menemukan berbagai macam finishing lantai. Salah satunya adalah lantai vinyl sticker yang saat ini banyak digunakan oleh banyak orang untuk melapisi lantai dengan motif yang beragam. Jenis lantai ini cukup populer karena estetika pada motifnya dapat memberikan nilai lebih pada lantai suatu ruangan. Sebelum Anda beralih ke lantai vinyl sticker, sebaiknya Anda juga perlu memperhatikan cara perawatan lantai vinyl sticker agar dapat tahan lama. 

Baca juga:  10 KEUNGGULAN DEKORASI MENGGUNAKAN LANTAI VINYL

Perawatan Lantai Vinyl Agar Awet Dan Tahan Lama

Lantai vinyl sticker saat ini kembali populer untuk melapisi permukaan lantai pada suatu ruangan, baik itu rumah tinggal, perkantoran, toko dan lain sebagainya. Lantai vinyl sendiri adalah penutup permukaan lantai yang terbuat dari bahan sintetis PVC (Polyvinyl Chloride). Material sintetis tersebutlah yang membuat produk jual lantai vinyl sticker ini lebih tahan lama dengan harga yang terjangkau. 

Lantai vinyl sticker, sering dipilih untuk melapisi lantai karena banyaknya pilihan corak atau motif yang dapat mempercantik lantai pada ruangan. Salah satu motif vinyl yang sering digunakan adalah motif kayu. Untuk tampilannya, lantai vinyl menyerupai bahkan mendekati dengan lantai kayu asli, namun perbedaan terlihat dari tekstur yang dimiliki oleh lantai vinyl yang lebih lembut, sehingga terasa nyaman ketika dipijak.  

Berikut ini adalah cara tepat untuk merawat lantai vinyl yang perlu Anda ketahui agar tahan lama.

1. Membersihkan Lantai Vinyl Secara Rutin

Membersihkan lantai vinyl sticker

Cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk merawat lantai vinyl adalah dengan cara membersihkannya. Hal tersebut diperlukan untuk mencegah debu-debu yang mengendap di permukaan lantai vinyl sticker. Jika dibiarkan, maka debu yang mengendap tersebut akan membuat tampilan lantai vinyl menjadi kusam dan mengurangi nilai estetikanya. 

Untuk membersihkan lantai vinyl dari debu Anda dapat menggunakan beberapa cara. Pertama, Anda dapat menggunakan sapu untuk membersihkan debu-debu yang menempel pada permukaan lantai. Pastikan bulu-bulu pada sapu yang digunakan cukup lembut agar tidak merusak permukaan lantai vinyl. Anda dapat menyapu lantai maksimal 2 kali sehari. 

Lalu, Anda juga dapat menggunakan vacuum cleaner untuk membersihkan debu pada lantai. Dengan daya hisap pada vacuum cleaner, debu yang menempel di sela-sela permukaan lantai akan mudah dibersihkan. Namun, jangan lupa untuk tetap menggunakan jenis penyedot debu dengan permukaan yang lembut agar tidak merusak permukaan vinyl sticker. 

Baca juga: 6 LANGKAH MUDAH CARA MEMBERSIHKAN LANTAI VINYL KAYU

2. Mengepel Lantai Vinyl

Selain membersihkan lantai vinyl dengan cara disapu, Anda juga perlu mengepel lantai agar awet dan tahan lama. Namun, untuk mengepel lantai vinyl, Anda memerlukan cairan khusus selain air. Salah satunya adalah cairan MPC (Multi Purpose Cleaner) yang banyak dijual di pasaran untuk membersihkan lantai vinyl tanpa merusak permukaan. Jenis cairan ini juga cukup efektif untuk mengangkat noda bandel yang menempel pada permukaan lantai.

Lalu, untuk alternatif lain yang bisa Anda gunakan adalah dengan penggunaan baking soda atau cuka. Kedua bahan ini dapat Anda temukan dengan mudah di rumah untuk membersihkan lantai vinyl. Baking soda atau Natrium Bikarbonat adalah jenis senyawa kimia yang dapat digunakan untuk membersihkan permukaan lantai serta mencegah tampilan permukaan lantai menjadi kusam. Selain itu, cuka juga dapat digunakan sebagai bahan alternatif untuk mengembalikan kilap serta warna cerah pada permukaan lantai vinyl.

3. Segera Keringkan Tumpahan Air

Hal yang perlu diperhatikan juga untuk merawat lantai vinyl adalah tumpahan air pada lantai. Tumpahan air dalam jumlah sedikit atau banyak pada permukaan lantai vinyl perlu segera dibersihkan. Hal tersebut, untuk menghindari lantai vinyl menjadi lembab karena terendam air dalam waktu yang lama. Hal tersebut akan menyebabkan lantai vinyl menjadi rusak.  

4. Hilangkan Goresan Pada Lantai Dengan Minyak

Ketika lantai vinyl stiker yang digunakan untuk melapisi lantai mengalami goresan, Anda dapat menggunakan minyak. Jenis minyak yang dapat digunakan adalah minyak zaitun atau baby oil yang aman untuk kulit dan untuk mencegah alergi ketika bersentuhan dengan permukaan lantai vinyl. Anda dapat mengoleskan minyak zaitun atau baby oil pada permukaan lantai yang tergores, lalu gosok perlahan dengan lembut agar tidak merusak permukaan. Namun, penggunaan minyak ini cukup efektif digunakan untuk menghilangkan goresan kecil yang halus pada permukaan lantai vinyl.

5. Memasang Karpet

Cara selanjutnya untuk menjaga dan merawat permukaan lantai vinyl dari goresan adalah dengan cara memasang karpet. Anda dapat menggunakan karpet pada bagian yang akan diletakkan benda-benda seperti furnitur atau dekorasi. Kaki meja atau kursi yang keras dapat menggores permukaan lantai vinyl nantinya, sehingga pemasangan karpet adalah salah satu cara tepat selain untuk mempercantik ruangan. 

Memasang carpet diatas permukaan lantai vinyl sticker

Hal-hal tersebut adalah informasi mengenai cara merawat permukaan lantai vinyl sticker yang dapat Anda lakukan untuk menjaga lantai agar awet dan tahan lama. Dengan mengikuti cara-cara tersebut dengan tepat, dijamin tampilan lantai vinyl sticker Anda akan selalu cantik dan bersih seperti baru. 

Jika Anda tertarik untuk mengganti atau ingin mencoba menggunakan lantai vinyl, PT. Citra Royal Bintang adalah pilihan tepat. Anda dapat menemukan produk jual lantai vinyl sticker berkualitas dengan pilihan motif kayu yang menarik. 

 


Author

%d bloggers like this: