Indonetwork, Mesin Minuman Sejak dahulu penggunaan es batu telah digunakan untuk berbagai macam keperluan, umumnya digunakan untuk membantu kegiatan manusia sehari-hari. Mulai dari peminatnya yang hanya dari kalangan atas hingga saat ini semua orang dapat dengan mudah mendapatkan es balok yang dijual dipasaran, karena saat ini produsen yang jual mesin es balok juga semakin banyak.

Kehadiran es balok telah menjadi pelopor bagi munculnya beragam jenis es batu yang sekarang Anda kenal seperti es flake, es tube, es slurry dan sebagainya. Pabrik es balok pertama di Indonesia, dirikan pada tahun 1985 di Semarang. Permintaan es balok yang semakin meningkat membuat pabrik ini semakin berkembang hingga ekspansinya ke Surabaya.

PROSPEK BISNIS DARI MESIN ES TUBE

Baca juga: PROSPEK BISNIS DARI MESIN ES TUBE

Apa Itu Es Balok?

Es balok adalah salah satu jenis es batu yang memiliki peminat cukup banyak, fungsi jenis es ini memang bukan untuk sebagai campuran makanan atau minuman, melainkan sebagai pengawet kesegaran bahan makanan ataupun hiasan patung es dalam dekorasi sebuah acara. Es balok seringnya dibuat dengan menggunakan air mentah, namun beberapa es batu juga diberikan tambahan bahan lain supaya terlihat lebih bening. 

Pembuatan es ini dilakukan menggunakan mesin es balok dengan cara mendinginkan air yang ditaruh dalam wadah-wadah cetakan yang terdiri dari berbagai ukuran sesuai kebutuhan Anda. Tahap selanjutnya air yang telah diisi dalam wadah akan dibenamkan dalam air garam. Kemudian air garam ini didinginkan oleh zat cair pendingin. Mesin ini memang dirancang secara khusus untuk memudahkan proses pembuatan es balok agar dapat menghasilkan produk dengan cepat dengan ukuran yang sama rata, sehingga konsumen merasa puas dan es terlihat lebih berkualitas 

Indonesia merupakan negara yang tropis berkepulauan yang memiliki banyak pantai di sekitarnya ditambah dengan rata-rata suhu mencapai 27-33 derajat celcius. Sehingga wajar saja permintaan es balok akan terus meningkat apalagi saat musim panas. 

Apa Itu Es Balok?
Sumber: 123RF

Fakta Tentang Es Balok?

Ramainya peminat es balok di pasaran, membuat distributor ini semakin menjamur. Hal ini berkaitan dengan semakin banyaknya penjual makanan dan minuman baik di restoran kelas atas maupun pedagang kecil kaki lima untuk mendukung produknya lebih segar. Tahukah Anda bahwa terdapat beberapa fakta menarik yang perlu kamu ketahui mengenai es balok yang banyak beredar dipasaran, seperti:

1. Es Balok tidak disarankan untuk campuran minuman

Es Balok Masih Dikonsumsi di Sibolga; Pemerintah Diminta Tegas Soal  Kesehatan - Kantong Berita
Sumber : kantongberita.com

Banyak pedagan minuman khususnya digunakan di berbagai warung makan ataupun pedagan minuman bubuk, menggunakan es balok sebagai bahan campuran minuman. Hal ini sebenarnya telah dilarang oleh banyak pihak, karena es balok sendiri umumnya menggunakan air mentah seperti dari sumur dan sungai yang tidak higienis, selain itu besarnya es balok ini membuat para produsen kesulitan dalam meletakkan es jenis ini, dan terkadang penempatannya sendiri hanya beralas terpal, plastik tipis bahkan terkadang langsung ke permukaan tanah maupun aspal.

2. Umumnya Es Balok terbuat dari air mentah

Waspada Es Batu dari Air Mentah Berbakteri! | Republika Online
Sumber : www.republika.co.id

Terkadang es balok yang dibuat oleh pihak produsen mengandung bahan kimia untuk menjernihkan air seperti kaporit, soda api, tawas dan antifoam. Tentunya bahan kimia ini tidak layak dikonsumsi oleh manusia, karena dapat membahayakan kesehatan.

Bagi Anda penggemar minuman dingin, ada baiknya untuk memeriksa es yang digunakan oleh pedagang terlebih dahulu. Penggunaan es balok sendiri seharusnya hanya boleh dilakukan untuk pendingin minuman ataupun alas pendingin bahan makanan.

3. Es balok lebih sukar cair

Cara Pembuatan Es Balok - Rumah Belajar Bzet
Sumber : rumah-belajar-bzet.blogspot.com

Setiap es jika bersentuhan dengan udara luar akan cepat mencair, penggunaan media seperti garam dan amonia dapat membantu menjaga temperatur es tersebut agar lama mencair.

Umumnya es balok lebih sukar cair, karena permukaan es berukuran besar, sehingga permukaan yang terkena udara luar pun semakin sedikit. Berbeda dengan halnya es yang telah dipecah, bagian dalam es yang terbuka dan bersentuhan langsung dengan udara luar memiliki kepadatan yang rendah sehingga meningkatkan laju perpindahan panas dari udara luar ke es itu yang membuat es itu mencair lebih cepat.

4. Harga Es Balok relatif Murah

Mesin Es Balok | Mesin Pembuat Balok Es | Ice Block Machine
Sumber : astromesin.com

Selain sebagai pelopor utama es batu, es balok sendiri lebih murah dibanding jenis lainnya. Karena proses pembuatannya jauh lebih mudah, biaya packing yang minim dengan bahan baku yang simpel. Harga rata-rata untuk ukuran es balok 50 kg dijual oleh agen sekitar Rp.20.000 – Rp.30.000 saja, namun hal ini tergantung wilayah Anda.

5. Pemasok Es Balok Mulai Menurun

Selain 2 Pabrik Es Balok di Tanjabtim Tutup, Nelayan Terancam Tak Melaut  Karena Tak Dapat Solar - Tribunjambi.com
Sumber : jambi.tribunnews.com

Setelah beredar banyak informasi mengenai pembuatan es balok yang tidak higienis, banyak para konsumen beralih menggunakan es tube sebagai penyajian makanan atau minuman. Untuk memulai kembali ketenaran bisnis ini, Anda perlu mensurvey segala sektor untuk kelancaran jual mesin es balok.  Anda perlu mengembalikan kepercayaan konsumen dan memastikan digunakan oleh pasar yang tepat sasaran.

Penutup

Setelah Anda mengetahui beberapa fakta mengenai es balok, apakah mulai tertarik untuk membuka bisnis pembuatan es balok yang aman di wilayah Anda? Atau  Apakah Anda adalah salah satu pebisnis yang bergerak di sektor pangan? Sehingga membutuhkan es balok dengan kapasitas besar.

Prospek bisnis ini bisa saja kembali bangkit karena memiliki keunggulan harga produksi yang lebih murah dibanding jenis es lainnya, masih banyak distributor yang membutuhkan biaya perlengkapan yang relatif murah, akan tetapi Anda harus memastikan target yang membeli produk Anda bukan berasal dari penjual makanan atau minuman yang siap dikonsumsi.

Snowman merupakan distributor yang jual mesin es balok dengan berbagai kapasitas dan kebutuhan, mulai dari 500 kg sampai 20 ton tersedia pada toko ini. Pemasangan instalasi dari mesin ini juga relatif mudah dan tidak ribet, Anda tidak perlu khawatir karena Snowman akan memberikan garansi untuk produk mesin es balok yang telah terpasang pada tempat usaha Anda.

 

Editor : Muhammad Riva Ibnu Safwan

Author

Enable Notifications OK No thanks