Indonetwork, Peluang Usaha – Maraknya bisnis kuliner khususnya sajian minuman dingin di Indonesia membuat distributor es tube merasa kewalahan dalam menghadapi permintaan yang semakin meningkat baik dari pedagang, penjual makanan, restoran, cafe, bahkan hotel. Jumlah konsumen yang semakin meningkat membuat prospek bisnis dari mesin es tube ini semakin diperhitungkan walaupun berisiko memiliki persaingan yang cukup ketat.

Es tube atau es kristal merupakan produk yang selalu dibutuhkan setiap harinya. Es jenis ini memiliki penampilan yang cukup menarik, berwarna putih bening seperti kristal, berbentuk silinder dan berlubang di tengahnya. Selain itu es ini tersedia berbagai ukuran seperti diameter 22, 28, 32 & 35 mm dan diameter 25, 30 & 45 mm. 

Baca juga: MESIN ES FLAKE BANTU DISTRIBUTOR SEKTOR PANGAN

Keunggulan Menggunakan Es Tube 

Es Tube
Sumber: blog.klikmro.com

Meskipun harganya sedikit lebih mahal dibandingkan dengan es balok, namun pengusaha kuliner lebih menyukai es tube, khususnya jika disajikan untuk minuman hotel dan restaurant menengah ke atas. Hal ini dikarenakan es tube memiliki banyak keunggulan, seperti:

  • Es tube boleh dikonsumsi karena menggunakan air matang yang bersih dan higienis
  • Memberikan kesan yang lebih eksklusif pada setiap minuman yang disajikan, karena tampilan es yang bersih dan lebih seragam
  • Bagi pebisnis kuliner, es tube dinilai lebih praktis digunakan dibanding es balok karena bentuknya yang kecil dan tidak perlu dipecah menjadi serpihan lagi
  • Es tube tidak mudah cair dan tidak terdapat bunga es yang menempel, sehingga saat dijadikan campuran minuman bunga es tidak meninggalkan sisa yang menggenang pada permukaan
  • Tidak jarang juga penggunaan es ini dilakukan untuk kebutuhan ekspor impor produk makanan dan minuman

Secara umum semua jenis es batu, memiliki fungsi mendinginkan makanan atau minuman baik sebagai bahan campuran, maupun pendingin di bagian permukaan makanan. Secara fungsi, mungkin es tube dan es cube terlihat sama namun penggunaan es tube lebih diunggulkan karena bentuknya yang menarik, sedangkan es cube sendiri dapat diproduksi oleh kulkas rumahan yang membuat bentuk es ini tidaklah special.

Persiapan membuka Bisnis Es Tube

Usaha Es Tube
Sumber: kompasiana.com

Saat ini peluang bisnis es tube semakin diperhitungkan, usaha ini dapat diakses oleh semua orang dengan mudah dengan jaminan laba yang menguntungkan. Beberapa persiapan yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memulai usaha es tube ini yaitu:

1. Survey lokasi usaha

Pastikan Anda mempunyai tempat khusus untuk produksi dengan suhu ruang sekitar 20 derajat celsius. Selain itu juga lokasi usaha harus memiliki sumber daya listrik power yang lumayan besar dengan pengolahan air bersih yang baik. Anda juga harus memikirkan ruang produksi, ruang penyimpanan, ruang distribusi yang memadai.

2. Survey Pelanggan

Proses ini dapat dilakukan dengan cara melihat seberapa banyak warung, cafe, restoran, pedagang yang ada di sekitar tempat produksi es tube Anda. Jika proses ini memenuhi rata-rata maka Anda dapat menargetkan berapa biaya transportasi dan produksi.

3. Survey Harga Pesaing Anda

Hal ini adalah elemen yang paling penting, pastikan harga yang Anda pasang lebih murah ataupun dapat bersaing dengan kompetitor yang memiliki mesin jual es tube. Strategi marketing lainnya yang dapat meningkatkan jumlah penjualan Anda dengan cara melakukan inovasi seperti kemasan yang lebih aman ataupun fitur gratis ongkos kirim.

4. Survey Balik Modal

Lakukan penghitungan biaya operator mesin, biaya produksi dan harga mesin es tube. Jika Anda masih ragu dengan bisnis ini, maka sebagai pemula Anda dapat memulainya dengan membeli mesin es tube dengan kapasitas kecil terlebih dahulu, selain harganya yang lebih murah biaya listrik yang dikeluarkan pun lebih sedikit. Jika bisnis Anda mulai berkembang maka Anda bisa membeli mesin es tube dengan kapasitas besar dan jual mesin es tube dengankapasitas mini. Umumnya tidak sampai 1 tahun Anda sudah balik modal dan mulai mendapatkan keuntungan penuh!

Proses Pembuatan Es Tube yang Ideal

Mesin Es Tube 1 ton - 30 ton

Tingginya peluang usaha dengan modal minim ini cukup menjanjikan, karena dalam satu pak es tube ini terdiri dari 10 Kg dengan kisaran harga Rp.10.000 hingga Rp.20.000. Modal produksi yang Anda butuhkan juga hanya air dan biaya listrik. Anda cukup mengaliri air pada saluran khusus yang ada dalam mesin dengan suhu 10 derajat Celcius.

Kemudian hidupkan mesin dan tunggu sampai mesin bekerja selama 15-20 menit. Anda pun akan memperoleh produk es batu sesuai dengan keinginan. Jangan lupa untuk pindahkan hasil es tube dalam storage ke tempat lain, karena mesin akan secara otomatis berhenti ketika kapasitas penampung penuh.

Setelah pembuatan es tube selesai maka, kemaslah 1 kantong es kristal  dengan isi 20 Kg menggunakan plastik jenis PE (polyethylene) yang sudah mendapatkan sertifikasi food grade dengan ketebalan 0,5 micron tinggi 85 cm dan lebar 46 cm yang aman digunakan 

Keunggulan Mesin Es Tube dari Snowman

Setelah melihat paparan peluang bisnis dari menjual es tube, apakah Anda mulai tertarik untuk menggeluti bisnis ini? Prospek bisnis ini akan mendatangkan keuntungan yang bombastis.  Mesin es tube dari Snowman memiliki beberapa keunggulan yang menarik, yaitu:

  • Menghasilkan es batu dalam jumlah banyak, namun tetap hemat listrik
  • Kapasitas besar, dengan pencetakan es tube hingga 20 Kg per hari
  • Hasil es batu lebih higienis karena kualitas mesin sudah diuji
  • Harga yang ditawarkan lebih ekonomis

Jadi tunggu apa lagi? Anda dapat memulai bisnis ini sekarang juga! Silakan hubungi distributor  jual mesin es tube Snowman untuk berkonsultasi dan mendapatkan penawaran harga terbaik

Author

Enable Notifications OK No thanks