Indonetwork, Peralatan Rumah Tangga – Indonesia merupakan negara tropis yang memiliki ancaman penyakit yang ditularkan oleh nyamuk. Para peneliti mengemukakan setidaknya 3.000 spesies nyamuk yang tersebar di seluruh dunia. Masing-masing memiliki jenis dan karakteristik yang berbeda-beda. Sangat banyak faktor yang membuat nyamuk berkembang biak dengan cepat, seperti faktor cuaca, keadaan sekitar yang kotor dan bau dengan banyaknya tumpukan barang, tanaman liar di area sekitar, hingga terdapat banyak genangan air. Penanggulangan utama yang Anda butuhkan untuk menjaga keluarga dan diri Anda dari wabah ini adalah memasang kasa nyamuk.

Cukup banyak penanggulangan wabah nyamuk yang dilakukan oleh pemerintah seperti melakukan penyemprotan secara rutin. Tidak jarang orang yang sakit bahkan meninggal karena penyakit yang dibawa oleh nyamuk, sehingga Anda harus waspada terhadap berbagai jenis nyamuk yang cukup populer berkeliaran di sekitar kita.

kasa nyamuk murah

Baca juga: JENIS MATERIAL KASA NYAMUK MURAH DENGAN DESAIN MEWAH

Jenis Nyamuk Paling Berbahaya

Jenis Nyamuk Paling Berbahaya

Nyamuk merupakan hewan yang paling dihindari oleh manusia, baik disekitar rumah maupun kantor. Hal ini dikarenakan nyamuk merupakan sumber masalah dan menghambat kegiatan Anda, mulai dari yang paling ringan seperti bekas gigitannya yang membuat gatal-gatal sampai yang mematikan seperti demam berdarah dan malaria. Maka dari itu, yuk ketahui jenis-jenis nyamuk yang berbahaya!

1. Nyamuk Aedes Aegypti

Mengenali Ciri-Ciri Nyamuk Aedes Aegypti Penyebab DBD - Alodokter
Sumber : www.alodokter.com

Jenis nyamuk yang paling populer ini biasanya muncul saat musim penghujan di mana genangan air sedang banyak-banyaknya dan penularannya sangat cepat. Nyamuk ini biasanya akan berkeliaran mulai dari pagi hingga siang hari sehingga cukup banyak orang yang tidak waspada dengan gigitannya. Karakteristik tubuh nyamuk ini adalah ukurannya yang mencapai 4-7 mm dan memiliki garis-garis putih pada tubuhnya.

Bukan saja membawa penyakit demam berdarah, nyamuk jenis ini mampu membawa penyakit kuning, virus zika dan Chikungunya, dll. Selain menimbulkan kematian, nyamuk ini juga berdampak buruk bagi ibu hamil karena gigitan nyamuk jenis ini dapat mengganggu pertumbuhan janin.

2.  Nyamuk Aedes Albopictus

Mengenal Nyamuk Aedes Albopictus Penyebab Demam Berdarah
Sumber : www.halodoc.com

Jenis nyamuk ini memiliki karakter yang hampir sama dengan Aedes Aegypti, namun biasa dikenal dengan nama nyamuk macan karena berwarna belang dengan garis hitam putih pada bagian thorax. Ciri-ciri lainnya nyamuk ini berukuran 2 mm sampai 10 mm dengan populasi nyamuk biasanya berada di area hutan atau semak-semak yang cukup rimbun sehingga banyak tinggal di negara tropis dan subtropis. Nyamuk ini juga hanya terbang rendah (kurang dari 200 meter). Karena itulah, mereka hanya terbang tak jauh dari tempat mereka bertelur.

3. Nyamuk Culex

3 Nyamuk Penyebar Mosquito-borne Disease: Aedes Aegypti, Anopheles, dan  Culex Halaman all - Kompas.com
Sumber : www.kompas.com

Habitat jenis nyamuk ini biasanya berada di perairan kotor seperti selokan septic tank, dan kubangan air. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan kalau genangan air yang bersih jadi habitat nyamuk ini. Ciri-ciri nyamuk Culex sekitar 3.96 mm hingga 4.25 mm dengan karakteristik berwarna coklat dan biasanya mencari makan pada waktu jam 8 malam hingga jam 2 pagi.

Siklus hidup nyamuk Culex berlangsung selama 7 hari, mulai dari telur, larva, pupa, hingga jadi nyamuk dewasa. Culex betina membutuhkan darah untuk bisa memproduksi telur setiap tiga hari sekali selama masa hidupnya. Penyakit yang dibawa oleh jenis nyamuk culex adalah virus west nile (WNV) dan kaki gajah.

4. Nyamuk Psorophora

Gigitan Nyamuk Jenis Ini Rasanya Seperti Ditikam Pisau - Digital Meter  Indonesia
Sumber : digital-meter-indonesia.com

Jenis nyamuk ini biasanya berkembang pada benua Amerika dengan ciri-ciri fisik yang lebih besar 6 kali dibanding nyamuk pada umumnya. Bahkan ada yang mengatakan bahwa gigitan nyamuk ini sangat sakit seperti terkena pisau. Jenis nyamuk ini sangat mengganggu karena waktu aktivitasnya cukup panjang, mulai dari siang hingga malam hari. Psorophora menjadi sebab utama penularan arbovirus yang memiliki gejala seperti flu dan bisa menyebabkan berbagai komplikasi.

5. Nyamuk Anopheles

Kenali Nyamuk Anopheles yang Jadi Penyebab Malaria
Sumber : www.halodoc.com

Jenis nyamuk anopheles betina biasanya dikenal sebagai pembawa penyakit malaria. Nyamuk ini biasanya memburu mangsa pada sore hingga malam hari. Ciri-ciri lainnya nyamuk ini hanya bisa bertelur di air yang bersih seperti rawa, sawah, kolam, hingga bak di kamar mandi. Kamu bisa mengenali nyamuk Anopheles dari tubuhnya yang pucat dengan sayap berwarna gelap.

Malaria ditularkan melalui plasmodium yang dibawa oleh nyamuk anopheles. Sejauh ini ada empat jenis plasmodium yang dapat menjangkit manusia: plasmodium vivax, plasmodium malariae, plasmodium ovale, dan plasmodium falciparum. Di Indonesia sendiri, kasus yang umum dijumpai adalah kasus terjangkit plasmodium vivax dan plasmodium falciparum.

Cara Mencegah Penyebaran Nyamuk

Cara Mencegah Penyebaran Nyamuk

Serangga yang satu ini tentu tidak bisa dimusnahkan secara massal, karena perkembangbiakannya yang sangat cepat. Sebaiknya lakukan pencegahan supaya nyamuk tidak masuk ke lingkungan dan menyerang orang disekitar Anda. Beberapa cara pencegahan populasi nyamuk yang cukup efektif di area rumah hingga kantor, seperti:

  • Gunakan Lotion Anti Nyamuk
  • Gunakan Semprotan Ruangan Anti Nyamuk
  • Lakukan Fogging Rutin dan Pemerintah
  • Sediakan Raket Nyamuk Dalam Keadaan Genting
  • Jangan Menampung Air Dalam Wadah
  • Jaga Kebersihan Lingkungan Sekitar
  • Memasang Kasa Nyamuk

Banyak orang yang masih melupakan pemasangan kasa nyamuk pada ventilasi atau jendela rumah, sehingga pencegahan populasi nyamuk yang masuk ke dalam ruangan dirasa belum maksimal. Jika kasa nyamuk sudah terpasang dengan baik dan benar maka jumlah nyamuk yang masuk ke rumah Anda juga tidak sebanyak biasanya, sehingga penggunaan lotion anti nyamuk yang digunakan akan bekerja secara maksimal. Pemasangan kasa nyamuk ini juga berguna untuk melakukan pertukaran udara di dalamnya, ketika ruangan dibuat terlalu tertutup maka sirkulasi oksigen tidak baik untuk kesehatan

jual kasa nyamuk murah

Baca juga: 5 JENIS KASA NYAMUK YANG POPULER DI INDONESIA

Distributor Kasa Nyamuk Murah

cv. d'big interior

Jika Anda membutuhkan dekorasi kasa nyamuk murah maka CV D’big Interior adalah solusinya. Perusahaan ini memiliki kredibilitas yang baik dalam menyediakan produk wallpaper, berbagai model gorden, roller blind hingga pintu PVC.

CV D’big Interior menyediakan berbagai jenis material kasa nyamuk sesuai dengan kebutuhan rumah tangga dan budget Anda. Tenang saja kualitas yang dijual pada perusahaan ini sangat berkompeten karena telah teruji selama bertahun-tahun.

 

Editor : Muhammad Riva Ibnu Safwan

Author

Enable Notifications OK No thanks