Indonetwork, Peralatan Industri – Tahukah Anda bahwa kualitas udara di Jakarta mendapat peringkat ke-6 terburuk di dunia? Hal ini terjadi karena banyaknya faktor pendukung yang membuat Jakarta memiliki kualitas udara terburuk. Seringkali polusi yang gelap menutupi langit ibukota Jakarta, nah hal ini lah yang menjadi dasar untuk pemerintah Dinas Kesehatan dan Dinas Lingkungan untuk memantau kualitas udara di Jakarta. Ketika Anda menghitung indeks standar pencemaran udara biasanya harus menggunakan alat pengukur debu.

Alat pengukur debu ini mungkin tidak untuk digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Akan tetapi berfungsi untuk meneliti perkembangan kualitas udara baik di daerah perkotaan dan pedesaan. Yuk simak apa saja yang menjadi penyebab pencemaran udara serta bagaimana cara mengatasinya, baca terus artikel dibawah ini ya!

Baca juga: 3+ ALAT UJI TANAH WAJIB DIGUNAKAN SURVEYOR

Apa Itu Alat Pengukur Debu?

Alat pengukur debu adalah alat yang digunakan untuk mengukur jumlah partikel debu yang berada di udara. Alat ini pada dasarnya digunakan untuk mengukur atau mendeteksi debu seperti gas (HCHO, CO), suhu udara dan kelembaban udara. Alat ini biasanya digunakan pada pengukuran udara di industri atau uji coba rutin yang sering kali dilakukan oleh sistem pemerintahan, sekolah maupun industri.

Partikel debu dan kotoran pada dasarnya terdiri dari bentuk dan zat yang berbeda-beda.  Lalu, pada umumnya pengukur debu ini juga terdiri dari berbagai spesifikasi produk, harga dan kualitas yang dapat Anda tentukan sesuai kebutuhan.

Apa Itu Alat Pengukur Debu?
Sumber: Istockphoto

Penyebab Pencemaran Udara di Jakarta

Polusi dan debu terdiri dari berbagai macam seperti butiran cairan kimia, logam halus, atau partikel tanah yang mudah terbawa angin. Debu yang bisa masuk ke hidung itu memiliki ukuran mulai dari 10 mikron, jika udara dibiarkan terkontaminasi oleh debu dan berbagai partikel tidak sehat lainnya akan menyebabkan infeksi saluran pernapasan yang akut. Berikut beberapa faktor yang menjadi penyebab utama terjadinya pencemaran udara khususnya di Jakarta, yaitu:

1. Asap Knalpot Kendaraan

Sekian banyak penyebab polusi udara, kendaraan asap bermotor menjadi salah satu sumber polusi udara yang signifikan khususnya di Jakarta. Meningkatnya kepemilikan kendaraan di kota besar membuat polusi tidak terkendali bahkan semakin banyaknya penggunaan bahan bakar karbon monoksida (CO) yang mengkontaminasi udara di udara.

2. Limbah Asap Industri

Kawasan industri yang berada disekeliling Jakarta seperti Bekasi, Tangerang hingga Karawang menjadi pusat penyumbang limbah asap pabrik melalui cerobong asap yang dikeluarkan oleh pabrik plastik, baja, alumunium membuat udara menjadi tidak segar. Polutan tersebut juga mengandung zat kimia seperti karbon monoksida, hidrokarbon, dan senyawa lain yang berbahaya untuk kesehatan.

3. Kebakaran Rumah

Kebakaran rumah yang pada dasarnya tidak disengaja dan meluas secara mudah terkadang menjadi donatur penyumbang asap hitam yang cukup sulit dipadamkan. Banyak material mudah terbakar yang menambah zat kimia terkontaminasi di udara.

4. Aktivitas Rumah Tangga

Aktivitas rumah tangga seperti memasak, membakar makanan, membakar sampah, serta yang menimpulkan polutan lainnya akan menurunkan kualitas udara di sekitar area perumahan. Bahkan aroma tidak sedap dan debu kotoran dari sampah bisa dikatakan sebagai pencemaran udara. Hal ini dikarenakan dalam tumpukan sampah terdapat gas metana yang berbahaya untuk kesehatan.

5. Aktivitas Konstruksi

Aktivitas konstruksi yang dimaksud seperti pembangunan jalan, gedung atau rumah juga menimbulkan debu dan pasir hasil konstruksi beterbangan. Hal ini bisa saja menambah zat yang kontaminasi di udara.

Mengantisipasi Pencemaran di Jakarta
Sumber: Istockphoto

Mengantisipasi Pencemaran di Jakarta

Polusi udara masih menjadi isu lingkungan yang marak diperbincangkan. Cukup banyak solusi yang dijalankan pemerintahan dan masyarakat untuk membuat kota Jakarta menjadi ruang terbuka yang layak huni., sehingga banyak peneliti yang membutuhkan alat pengukur debu untuk kebutuhan penelitian. Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi pencemaran udara dan debu pada suatu lingkungan, yaitu:

1. Mengurangi Penggunaan Kendaraan Pribadi

Solusi ini telah diterapkan selama beberapa tahun belakangan dengan munculnya alat transportasi umum berbahan bakar gas seperti MRT, LRT, Transjakarta cukup menampung mobilitas masyarakat kota Jakarta yang padat.  Solusi ini merupakan aspek utama yang berhasil mengurangi penggunaan kendaraan pribadi sehingga kumpulan debu dan asap juga akan berkurang seiring berjalannya waktu.

2. Memiliki Banyak Tanaman

Kegiatan penanaman 1000 pohon mungkin telah Anda dengar sejak lama akan tetapi baru-baru ini pemerintahan Jakarta telah berhasil membuat taman kota, bahu jalan yang lebih banyak tanaman dan RTH lainnya. Seperti yang Anda ketahui bahwa tanaman mampu menyaring zat C02 kendaraan asap dan menghasilkan kembali O2 yang segar.

3. Tidak Membakar Sampah

Kegiatan yang satu ini mungkin sering Anda temukan di beberapa perkampungan atau perumahan di desa. Terkadang kegiatan membakar sampah akan menghasilkan asap hitam yang mengumpul di langit-langit belum lagi risiko tersambarnya percikan api pembakaran sampah pada rumah atau bangunan disekitarnya yang memungkinkan terjadi bencana kebakaran yang lebih besar.

4. Membatasi Pemakaian Listrik

Tenaga listrik di Indonesia kebanyakan masih diperoleh dari mesin pembangkit listrik yang menggunakan minyak atau batu bara, sehingga menciptakan banyak asap dan polusi. Oleh karena itu, untuk mengurangi polusi udara di kota, Anda bisa membatasi pemakaian listrik guna mengurangi emisi pembangkit listrik penyebab pencemaran udara tersebut.

Baca juga: CARA MENGGUNAKAN ALAT PENGUJIAN KADAR AIR DIGITAL

Jual Alat Pengukur Debu

Jika Anda membutuhkan alat pengukur debu dengan kualitas terpercaya silakan hubungi CV Berkah Amanah yang berlokasi di Banyumas, Jawa tengah. Perusahaan ini menjual berbagai kebutuhan alat uji baik untuk penelitian sekolah, penelitian pemerintahan hingga alat uji kebutuhan industri. Tidak perlu khawatir dengan harga dan kualitas yang perusahaan ini jual, karena kredibilitas perusahaan ini telah dipercaya oleh beberapa konsumen yang tersebar di nusantara.

Tunggu apa lagi, segera hubungi CV Berkah Amanah dan konsultasikan alat uji lingkungan sesuai kebutuhan Anda. Pelayanannya yang ramah akan memberikan Anda penawaran harga yang cukup bersaing dan solusi tepat sesuai kebutuhan.

Editor: Langgeng Irma Salugiasih

Author

Enable Notifications OK No thanks