Indonetwork, Makanan Tentunya banyak orang yang ingin mengadakan acara selamatan supaya tetap menjaga tradisi ini secara turun temurun, akan tetapi banyak orang yang menginginkan tradisi ini dilakukan tanpa ribet dengan tempat yang lebih fleksibel. Lalu, sebagian orang lainnya memiliki keterbatasan waktu untuk memasak dan mempersiapkan hal lainnya.

Hadirnya jasa catering paket nasi kotak di Tangerang dan sekitarnya membuat pada pembuat acara merasa terbantu, selain lebih hemat biaya dan masalah kebersihan umumnya nasi kotak yang disajikan juga memiliki gizi yang seimbang.

Acara yang Membutuhkan Nasi Kotak

Tradisi acara syukuran atau dikenal dengan selamatan di Indonesia merupakan hal yang umum dilakukan. Biasanya setelah acara selesai para tamu akan diberikan paket nasi kotak yang berisi beragam hidangan makanan dengan variasi menu yang sudah dicocokkan. Penyajian nasi kotak ini sangat populer karena penggunaanya lebih praktis, mudah dan tidak perlu melayani tamu secara langsung. 

Beberapa acara yang membutuhkan paket nasi kotak untuk menjamu tamu, seperti:

  1. Kelahiran Bayi
  2. Ulang Tahun
  3. Pembukaan Kantor Baru
  4. Penempatan Rumah Baru
  5. Rapat Kantor
  6. Syukuran karena telah tercapainya suatu kegiatan
  7. Pengajian Bulanan 
  8. Arisan
  9. Hajatan dalam rangka perayaan pernikahan ataupun aqiqah

Pembagian nasi kotak biasanya dilakukan dengan serangkaian acara terlebih dahulu, seperti penyambutan, pengajian dan agenda acara yang akan disampaikan oleh tuan rumah. Setelah itu pihak penyelenggara dapat membagikan nasi kotak atau besek pada tamu yang telah mengikuti serangkaian acara.

Meskipun ada banyak cara penyajian makanan dalam acara selamatan. Jasa catering berupa paket nasi kotak biasanya sangat membantu penyelenggara dan Anda tidak perlu takut dengan biaya yang akan dikeluarkan karena menu dari paket nasi kotak ini dapat disesuaikan dengan budget Anda.

Acara yang Membutuhkan Nasi Kotak
Sumber: Pinteres

Tips Memilih Penyedia Nasi Kotak yang Tepat

Sekarang Anda tidak perlu repot lagi, karena terdapat jasa penyedia nasi kotak dalam kapasitas besar yang bisa dijadikan pilihan praktis. Jangan sampai makanan yang Anda sajikan mendapatkan komplain oleh tamu undangan, karena bagi beberapa orang konsumsi merupakan hal yang fatal. Berikut terdapat tips pintar sebelum Anda memilih penyedia paket nasi kotak, yaitu:

1. Pilih Tempat yang Terpercaya

21 Tempat Makan di Jakarta Paling Enak & Murah - Java Travel
Sumber : www.javatravel.net

Pastikan Anda menggunakan jasa katering yang telah dikenal akan kualitas dan kebersihannya. Kebersihan merupakan faktor utama dari sebuah makanan, karena makanan yang tamu Anda konsumsi akan sepenuhnya menjadi tanggung jawab Anda. Jika diperbolehkan minta kepada penyedia catering  untuk mengunjungi dapur tempat memproses makanan. Anda dapat memperhatikan bagaimana cara mereka menjaga kebersihan makanan mulai dari pemilihan bahan, pengolahan, penyajian dan pengemasannya. Hal ini akan menunjukkan kualitas dari jasa katering tersebut.

2. Memiliki menu yang variatif

Beradaptasi Saat Pandemi, Reynaldi Dwi Putra Sukses Dirikan Dimsum Gow -  Ayo Bandung
Sumber : www.ayobandung.com

Pasti saat menyelenggarakan acara Anda tidak mau repot untuk memasak. Hidangan berupa nasi kotak yang menarik, disajikan dengan pilihan menu yang bervariatif,agar menggugah selera konsumen. Secara rasa dan tampilan nasi kotak harus disajikan dengan paduan tekstur makanan yang beragam dan warna lauk yang menarik. Isi nasi kotak yang berkualitas juga biasanya mengandung gizi lengkap seperti karbohidrat berupa nasi, berbagai lauk pauk, sayur, buah ditambah kerupuk.

Paket nasi box biasanya disediakan ragam menu yang menarik mulai dari cita rasa yang berbeda, atau harga yang bervariatif agar konsumen tidak bosan. Ada yang mempunyai menu yang sama dan ada juga bermacam-macam. Jadi anda bisa memilih menu sesuai dengan pilihan anda, supaya tidak bosan dengan menu yang sama setiap harinya.

3. Pengemasan Aman dan Rapih

Kemasan Makanan Pilih Desain Yang Praktis dan Higienis
Sumber : bisnisukm.com

Saat memesan nasi kotak pada jasa katering, Anda bisa memilih jasa katering yang menawarkan kemasan yang aman. Maksudnya, kemasannya ramah lingkungan dan tak akan membuat makanan jadi beracun. Penyedia paket nasi kotak yang profesional pasti telah menyediakan kotak makanannya sendiri. Sehingga dapat dipastikan jika pemilihan kemasan antara jasa catering paket nasi kotak satu dengan yang lainnya pasti mempunyai ciri khas masing-masing, baik dari logo, warna yang akan mempengaruhi citra dari penyedia jasa katering tersebut. Hindari penyedia nasi kotak dengan menggunakan kemasan dengan bahan styrofoam karena kurang baik untuk kesehatan Anda.

Nasi Tumpeng

Baca juga: 3 KULINER BERBAHAN NASI KHAS JAWA TENGAH INI BIKIN NAGIH

4. Penyajian Fresh dengan Harga Terjangkau

Penyajian cepat, seafood kurang fresh tapi cita rasa cocok di lidah dan  ramah pelayanannya "" - Ulasan Warung Subak #outlet Tuban, Tuban, Indonesia  - Tripadvisor
Sumber : www.tripadvisor.co.id

Umumnya nasi box disajikan dengan berbagai lauk yang konsumen sudah kenali. Sehingga bagi penyedia jasa pun mencari bahan untuk pembuatan paket nasi box sangat mudah dan umum tersedia dipasaran. Sehingga hal ini yang membuat Harga nasi kotak lebih terjangkau. Semakin banyak Anda memesan produk nasi kotak maka harga yang ditawarkan penyedia jasa juga akan semakin murah, hal ini dikarenakan pihak katering dapat membeli bahan baku dengan kapasitas besar yang tentunya lebih murah.

Jasa catering yang baik juga biasanya akan menyediakan makanan yang fresh, dibuat dengan bahan-bahan pilihan yang mutunya berstandar tinggi. Tambahan buah yang biasa diberikan pada paket nasi kotak juga diberikan dengan kualitas yang bagus sehingga penyajian lauk pada kotak akan terlihat lebih cantik.

5. Sesuai dengan lidah tamu

Tips Memilih Menu Makanan untuk Pesta Pernikahan yang Pas di Lidah -  Arafuru.com
Sumber : blog.arafuru.com

Setiap orang tentunya memiliki cita rasa yg berbeda-beda, ada yang suka lauk yang lebih pedas, manis maupun hambar. Akan tetapi sebagai penyelenggara acara Anda tidak mungkin memenuhi semua kebutuhan nasi kotak sesuai dengan cita rasa masing-masing peserta. Karena nasi box merupakan sebuah tradisi, maka dari itu lauk yang disajikan juga biasanya memiliki cita rasa rempah Indonesia yang kuat.
Definisi sesuai lidah tamu pada jasa boga digambarkan dengan, lauk yang disajikan harus beragam cita rasanya. Jangan sampai semua elemen lauk memiliki satu rasa yang terlalu dominan, sehingga Anda hanya dapat memenuhi cita rasa satu golongan tertentu saja. Pihak catering juga biasanya akan memberikan list menu dengan paduan berbagai lauk dan buah yang dapat kamu pilih.

Demikian ulasan mengenai tradisi nasi box yang marak di Indonesia. Pastikan sebelum Anda membeli produk nasi box dalam skala besar untuk para tamu undangan, lakukanlah survei kepada jasa catering. Bagi Anda yang berada di wilayah tangerang dan sekitarnya jika ingin pesan  paket nasi box, kami merekomenrasikan untuk mempercayai Kanjeng Mama. Jasa katering ini memiliki cita rasa yg baik, pilihan menu yang lengkap dengan beragam harga sesuai budget. Janan khawatir menggunakan Kanjeng Mama, karena penyedia nasi box ini sudah banyak digunakan untuk mensupport penyelenggara acara.

Author

Enable Notifications OK No thanks