Indonetwork, Peralatan Industri – Memiliki saluran air merupakan kebutuhan yang selalu ada baik untuk rumahan ataupun sebuah industri. Biasanya untuk memaksimalkan kinerja aliran air pada paralon dan boiler dibutuhkannya sikat pembersih pipa yang dapat mengatasi berbagai penyumbatan.dengan cara membersihkannya secara rutin dan berkala. 

Sikat pembersih pipa umumnya dapat menjangkau wilayah yang sempit dan mengatasi masalah di berbagai lubang yang tidak mungkin Anda raih dengan tangan. Nah agar Anda tidak bingung berikut terdapat tips yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi aliran pipa rumah tangga yang tersumbat. Simak informasinya dibawah ini ya!

Alderon Pipa - Solusi Perpipaan Kuat, Bebas Perawatan dan Inovatif - Alderon

Baca juga: MENGENAL APA ITU PIPA DAN JENISNYA DALAM KEHIDUPAN SEHARI HARI

Mengapa Pipa Bisa Tersumbat

MENGENAL APA ITU PIPA DAN JENISNYA DALAM KEHIDUPAN SEHARI HARI

Pernahkah Anda melihat wastafel atau saluran air yang tersumbat?  Saluran pembuangan air merupakan elemen yang paling penting untuk dimiliki. Tanpa saluran pembuangan air, Anda tidak akan bisa menyalurkan zat cair yang dibutuhkan atau yang seharusnya dikeluarkan dengan baik dan benar. Sehingga memiliki aliran yang baik merupakan suatu prosedur yang harus dipenuhi oleh setiap pemilih perusahaan produksi.

Jika Anda memiliki sebuah mesin produksi pasti terdapat bagian paralon atau boiler yang menggabungkan satu bagian ke bagian lainnya. Terkadang pipa pembuangan air tersebut bisa saja mampet karena adanya beberapa faktor seperti:

  • Tumpukan lemak makanan biasanya ditimbulkan ketika filter pada wastafel tidak berfungsi secara baik, sehingga kotoran pada makanan akan memasuki aliran pipa dan sewaktu-waktu mungkin saja terjadinya penyumbatan.
  • Gumpalan kotoran atau debu seperti pasir dan berbagai benda-benda kecil lainnya mungkin saja memenuhi saluran pipa dan membuat pengairannya terhambat.
  • Hewan yang mati didalam pipa juga , juga tidak jarang menjadi penyebab penyumbatan seperti tikus, kepiting atau katak yang terjebak didalam paralon memungkinan aliran bekerja secara tersendat.
  • Endapan lumpur dan sabun yang diakibatkan setelah mencuci tangan atau mencuci suatu peralatan lalu sisa kotorannya mengering dan membatu pada dinding pipa, hal itu yang menyebabkan saluran air tidak berfungsi secara baik dan benar.
  • Zat padat lainnya yang tidak sengaja terjatuh akibat kelalaian manusia.

Jika paralon sampai mampet dan alirannya meluber bahkan pipa bisa timbul kebocoran akibat tidak mampu menampung kotoran tentu perbaikannya akan sangat sulit dan membutuhkan teknisi khusus. Namun Anda tidak perlu khawatir karena dibawah ini kami akan menjelaskan tips yang dapat Anda lakukan ketika pipa mulai mengalami tanda-tanda penyumbatan.

Tips Mengatasi Pipa Tersumbat

Tips Mengatasi Pipa Tersumbat
Sumber: Istockphoto

Tanda-tanda dari pipa yang tersumbat dapat Anda ketahui dengan timbulnya bau yang tidak sedap, aliran air yang tersendat diiringi dengan suara berdegup saat air masuk kedalam pipa. Jika tanda di atas mulai muncul, maka cermati tips berikut ini untuk mencegah kerusakannya yang semakin parah.

1. Alirkan Air Mendidih ke dalam Pipa

Cara yang paling mudah untuk menghilangkan sumbatan ringan pada pipa yaitu menyiramnya dengan air mendidih. Air mendidih hanya bisa digunakan untuk pipa tersumbat yang terbuat dari logam atau metal.

Apa Sih Yang Ada Dalam Gelembung Air Mendidih? - Your Chemistry A+
Sumber: avkimia.com

Jangan pernah menuangkan air mendidih ke dalam pipa paralon pvc. Hal ini disebabkan karena risiko pipa meleleh akibat suhu air mendidih yang terlalu panas.

2. Garam Dapur untuk Melarutkan Sumbatan

Sama-sama Asin, Ketahui 5 Perbedaan Garam Dapur dan Garam Laut!
Sumber: dekoruma.com

Hampir sama dengan metode air mendidih yang tidak boleh digunakan pada pipa PVC, larutan garam yang sudah dicampurkan dengan air mendidih disiramkan pada pipa yang mengalami sumbatan. Setelah itu diamkan selama 3 jam hingga kerak pada pipa mulai luntur.

3. Kekuatan Mekanik Karet Penyedot

Alat ini merupakan tongkat dan karet penyedot yang saling berhubungan. Prosesnya dilakukan dengan menguras terlebih dahulu genangan air pada saluran pipa yang mampet.

Jual kop karet sedot wc mampet di Lapak lazio | Bukalapak
Sumber: bukalapak.com

Umumnya kotoran yang menyumbat pipa seperti zat padat yang tidak sengaja terjatuh dan dapat dipompa menggunakan karet penyedot. Tidak perlu khawatir karena alat ini dapat ditemukan di toko bangunan terdekat.

4. Penggunaan Soda Api pada Pipa yang Mampet

Soda api merupakan material yang sangat mudah Anda temukan. Bahan ini mampu menghilangkan sumbatan yang bisa dibilang cukup bandel. Sumbatan tersebut bisa berupa lemak, kerak, bakteri, rambut, sabun, dan lain sebagainya yang bisa menyumbat pipa saluran air.

Jual Buruan Beli Soda api 1kg ORI untuk wc mampet 08 | Shopee Indonesia
Sumber: shopee.co.id

Namun dalam penggunaannya sendiri Anda harus berhati-hati dan menggunakan sarung tangan, karena bahan kimia ini mampu membuat tangan Anda melepuh

5. Menggunakan Sikat Pembersih pipa Industri

Terakhir, cara yang paling mudah, aman dan cepat yaitu menggunakan sikat pembersih pipa industri. Tahap pertama Anda hanya perlu menyiram lokasi yang mampet dengan air panas, setelah itu sikat dinding lubang yang mampet secara menyeluruh jika panjang gagang tidak sampai pada kedalaman yang diinginkan Anda dapat menambahkan gagang tambahan pada ujung sikat.

Harga Pabrik Kustom Sikat Pembersih Pipa Industri Silindris Sikat Kawat Baja Tahan Karat Untuk Bor Pemoles Lubang Dalam - Buy Industri Sikat,Industri Pipa Sikat Pembersih,Kawat Baja Polish Product on Alibaba.com
Sumber: indonesian.alibaba.com

Material pembuat sikat ini terbentuk dari rangkaian kawat baja yang dibuat seperti bulu-bulu halus yang fleksibel namun mampu merontokkan lumpur dan kotoran yang menempel. Setelah hasil dari pemakaian sikat pembersih pipa industri bekerja, maka siram kembali lubang paralon dengan air hangat supaya kotoran rontok secara maksimal.

Daftar Harga Pipa PVC dari Berbagai Merek Terbaik Tahun 2022

Baca juga: 3 JENIS PIPA PVC YANG SERING DIBUTUHKAN KONSUMEN

Distributor Sikat Pembersih Pipa

Itulah beberapa cara untuk mengatasi pipa yang tersumbat. Secara garis besar penggunaan sikat  pembersih pipa bekerja lebih maksimal karena pengerjaanya tidak perlu menunggu dengan waktu yang lama, tidak berbahaya untuk kulit dan dapat Anda lakukan baik untuk pipa dengan bahan logam maupun PVC sehingga penggunaanya lebih fleksibel. Selain itu sikat pembersih pipa ini dapat digunakan baik pada kebutuhan pipa rumah tangga, parallon industri, hingga kebutuhan membersihkan aquarium.

Jika Anda membutuhkan produk ini dan ingin menjualnya kembali, silakan hubungi CV. Surabaya Cool. Perusahaan ini merupakan distributor brand terkemuka bernama GOODWAY USA, sikat pembersih pipa yang disediakan memiliki berbagai ukuran dengan kualitas yang baik dan harga yang terjangkau.

Editor: Deky Ahmad Syah

Author

Enable Notifications OK No thanks