Indonetwork, Peralatan Industri – Kapal merupakan alat transportasi laut yang memiliki banyak peran dalam dunia industri. Jenis kapal laut juga beragam baik dengan tipe berpenumpang orang, barang ataupun hasil tambang. Bagian engine room sendiri merupakan jantung kapal karena di dalamnya terdapat mesin-mesin yang vital bagi operasional kapal. Tidak jarang juga mesin kapal mengalami kerusakan karena berbagai faktor alam, namun tidak perlu khawatir karena terdapat penjual spare part weichai engine marine.

Kamar mesin kapal atau engine room adalah suatu ruangan khusus di dalam kapal dan didalamnya dipasang mesin-mesin khusus sesuai dengan fungsinya yang dibutuhkan untuk operasi kapal serta muatannya, termasuk untuk penunjang kehidupan awak kapal dan orang-orang lain. Yuk simak informasi mengenai peralatan yang harus ada dalam kamar mesin kapal!

Baca juga: MENGENAL WELDING MACHINE HDPE UNTUK KEBUTUHAN INDUSTRI

Peralatan pada Kamar Mesin Kapal

Jika Anda perhatikan secara mendalam mesin kapal tersusun dari puluhan komponen mesin yang membantu kinerja kapal laut bergerak dengan baik. Setiap komponen memiliki perannya tersendiri dan harus tetap dijaga keutuhannya agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan selama kapal berlayar. Namun secara umum peralatan mesin kapal yang paling populer karena sering dicari kebutuhan sparepartnya yaitu:

1. Ruang Kontrol Mesin (Engine Control Room)

Salah satu ruangan didalam kamar mesin dimana semua alat-alat kontrol mesin-mesin yang beroperasi dipasang, termasuk sistem kontrol energi listrik, agar pengawasan terhadap mesin-mesin lebih efektif dan efisien.

2. Mesin Induk (Main Propulsion Engine)

Merupakan suatu instalasi mesin yang terdiri dari berbagai unit/sistem pendukung dan berfungsi untuk menghasilkan daya dorong terhadap kapal, sehingga kapal dapat berjalan maju atau mundur.

3. Mesin-mesin Bantu (Auxiliary Engines)

Ruangan ini digunakan untuk unit dan instalasi permesinan yang dibutuhkan untuk membantu pengoperasian kapal, termasuk untuk mesin induk, operasi muatan, pengemudian, navigasi dll. termasuk, tetapi tidak terbatas pada mesin-mesin dibawah ini.

Peralatan pada Kamar Mesin Kapal
Sumber: Istockphoto

4. Mesin Generator (Generator Engine)

Suatu instalasi mesin atau unit penggerak generator atau pembangkit tenaga listrik, merupakan salah satu mesin bantu yang paling penting di kapal untuk menghasilkan tenaga atau energi listrik. Jenis mesin ini biasanya mesin Diesel, kecuali di kapal yang menggunakan uap sebagai energi panasnya, mesin ini digerakkan dengan turbin uap.

5. Generator

Merupakan bagian yang menjadi satu dengan mesin generator yang mampu membangkitkan energi atau arus listrik yang dibutuhkan untuk operasi kapal seperti menjalankan motor-motor listrik untuk mesin kemudi, pompa, kompresor udara, dll., serta untuk penerangan, pemanas, dll.,

6. Pompa-pompa (Pumps)

Alat untuk memindahkan zat cair seperti air tawar, air laut, bahan bakar dan lain-lain, yang biasanya dilengkapi dengan sistem perpipaan, termasuk katup isap, katup tekan dan katup-katup lain, saringan, tangki-tangki, alat-alat pengaman dll.

Jenis-jenis pompa itu sendiri terdiri dari:

a. Pompa Pendingin Air Tawar

Alat ini digunakan untuk memindahkan sekaligus mensirkulasikan air tawar melalui berbagai sistem pipa-pipa, pendingin (cooler), tangki ekspansi, berbagai katup, saringan dan lain-lain, berfungsi untuk mendinginkan blok silinder/badan mesin penggerak akibat terjadinya pembakaran didalam silinder mesin.

b. Pompa Pendingin Air Laut

Alat ini digunakan untuk menghisap air laut diluar kapal dan mensirkulasikannya untuk mendinginkan air tawar, minyak pelumas dan lain-lain agar temperaturnya tetap pada temperatur yang dikehendaki. Setelah digunakan, air laut ini kembali dibuang ke laut.

c.Pompa Servis Umum 

Alat ini sebagai unit pemindah air laut yang mempunyai fungsi ganda, artinya bisa digunakan untuk berbagai keperluan seperti pendingin air tawar, minyak lumas, juga untuk mengalirkan air laut untuk pemadaman kebakaran, dan lain-lain.

d. Pompa Minyak Lumas

Alat ini digunakan sebagai unit pemindah minyak pelumas yang dibutuhkan untuk melumasi bagian-bagian mesin yang saling bergesekan, sekaligus menyerap panas yang ditimbulkan akibat gesekan tersebut. Minyak lumas ini disirkulasikan melalui unit pendingin agar temperatur tidak melebihi ketentuan.

Tips Menjaga Spare Part Kapal Laut

Tips Menjaga Spare Part Kapal Laut
Sumber: Istockphoto

Secara garis besar setiap spare part kendaraan memerlukan perawatan dan pemeriksaan secara berkala dengan tujuan mencegah kerusakan mesin yang semakin parah. Tentu saja setiap kapal memiliki peluang kerusakan dengan caranya tersendiri dan membutuhkan jenis perbaikannya sendiri.

Nah, jika kerusakan spare part semakin besar dan melebar pada aspek lain maka biaya perbaikannya juga akan semakin mahal, sehingga hal ini harus diantisipasi supaya menghindari resiko kecelakaan saat berlayar akibat performa kapal yang tidak maksimal. Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menjaga sparepart kapal laut tetap awet tahan lama:

  • Maintenance seluruh sistem ruang kontrol dan mesin secara berkala
  • Jangan membiarkan spare part yang rusak secara berlarut-larut, segera tangani kendala dengan ahlinya
  • Gunakan produk spare part yang baik dan asli sesuai rekomendasi teknisi kapan dan jangan membongkarnya secara sembarangan

Baca juga: 5 PENGAPLIKASIAN KERTAS ANTI KARAT SEBAGAI PEMBUNGKUS PRODUK

Jual Spare Part Kapal Laut

Jika Anda memiliki masalah spare part kapal yang sudah tidak berfungsi, silakan hubungi PT. Agraprana Indonesia mampu menyediakan berbagai merek spare part kapal laut dengan kualitas terbaik seperti spare part Weichain, Niigata, Akasaka, Yanmar, Mitsubishi. Biasanya produk yang paling sering dicari oleh teknisi perkapalan yaitu spare part weichai yang tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran sesuai kebutuhan Anda.

Perusahaan weichai sendiri merupakan perusahaan besar manufaktur bidang spare part transportasi yang produk dan pemakaiannya sendiri telah meluas ke berbagai negara termasuk Indonesia. Bahkan tidak jarang bus transjakarta juga menggunakan spare part weichai dalam melakukan service rutin. Jadi tunggu apa lagi, eksistensi spare part weichai sudah tidak diragukan lagi, konsultasikan kebutuhan Anda sekarang juga!

Author

Enable Notifications OK No thanks