Indonetwork, Peralatan Industri – Mesin penyambung pipa biasanya dibutuhkan oleh industri pabrik untuk baik di bidang pangan maupun non pangan sebagai jalur transportasi pendistribusian bahan pokok di dalamnya. Kebanyakan pipa yang dijual dipasaran memiliki ukuran yang tidak sesuai dengan kebutuhan industri sehingga banyak pelaku bisnis yang membutuhkan alat penyambung pipa atau bisa dikenal dengan welding machine HDPE.

Mungkin beberapa dari pelaku usaha industri besar yang memerlukan welding machine HDPE, masih bingung dengan pengertian, kinerja serta komponen terpenting dalam produk ini jika rusak nanti. Nah, silakan simak artikel dibawah ini untuk mengetahui informasi lebih lengkap mengenai alat penyambung pipa HDPE!

4 Tips Memilih Water Meter Supaya Tahan Lama

Baca juga: 4 TIPS MEMILIH WATER METER SUPAYA TAHAN LAMA

Pengertian Welding Machine HDPE

Pengertian Welding Machine HDPE

Welding machine HDPE atau bisa dikenal dengan mesin HDPE (High Density Polyethylene) adalah alat yang digunakan untuk penyambung pipa dari ujung ke ujung dengan hasil yang sempurna tanpa adanya sekat menggunakan metode las butt fusion. Penyambungan antar pipa HDPE biasanya digunakan agar mendapatkan produk pipa sesuai dengan kebutuhan dan pemasangannya pada area industri.

Prosesnya dilakukan dengan pelelehan dengan suhu tinggi mencapai 220 derajat celcius menggunakan plat pemanas dengan durasi 5-15 menit. Biasanya hasil dari proses penyambungan pipa akan sangat rapih dengan tinggi pipa yang sama rata lalu ketika suhu kembali normal maka sambungan akan menjadi keras seperti sebelumnya.

Penyambungan pipa juga biasanya dilakukan oleh ukuran 2-6 inch ke atas, karena pada dasarnya proses ini kerap menghasilkan lipatan dari dalam maupun luar pipa. Ketika Anda menggunakan jenis mesin ini untuk menyambung pipa HDPE dengan fungsinya yang menyambung berbagai ukuran diameter pipa, berikut terdapat keunggulan tersendiri seperti:

  • Sambungannya sesuai dengan standar food grade pada pipa
  • Tahan terhadap tekanan dan kuat 
  • Tingkat kebocoran lebih minim, sehingga meminimalisir biaya perawatan
  • Durasi waktu pemakaian lebih awet dan tahan lama

Secara umum produk ini dibedakan menjadi beberapa bentuk, namun umumnya hanya digunakan dua variasi sesuai dengan cara penggerak pipa yaitu proses manual dan otomatis. Jika Anda ingin menggabungkan jenis pipa logam, stainless ataupun tembaga maka dibutuhkan  bahan tambahan misalnya kawat las.

Komponen Dalam Welding Machine HDPE

Jika Anda hendak menyambung pipa dengan welding machine HDPE, maka hal yang tidak tidak kalah penting yaitu mengetahui komponennya. Biasanya dalam satu set welding machine HDPE, terdiri dari 4 komponen. Tentu saja jika salah satu komponennya mengalami kerusakan, maka harus dicari pengganti spare partnya, berikut komponen yang perlu Anda ketahui:

1. Ragun

Biasanya dalam satu set terdapat dua ragum didalamnya. Ragum biasanya memiliki fungsi untuk menjaga dan mengikat posisi pipa selama proses pemanasan, penyerutan hingga penyambungan, sehingga pipa tidak bergerak dan tetap pada posisi saat akan disambungkan. Ragum juga bisa digerakkan secara maju dan mundur secara manual maupun otomatis menggunakan hidrolis.

Komponen Dalam Welding Machine HDPE

2. Teflon Pemanas

Piringan Pemanas Aluminium Teflon 220v,Untuk Mesin Las Jendela Upvc - Buy Pelat Pemanas Untuk Upvc Jendela Mesin Las,Teflon Aluminium Pelat Pemanas,Hot Plate Aluminium Heater Product on Alibaba.com

Bagian ini memiliki fungsi untuk melelehkan bagian pipa mulai dari ujung hingga aksesoris pipa yang akan disambung. Proses pemanasannya juga dilakukan dari kiri dan kanan supaya tidak lengket selain itu manfaat lainnya pemanas bisa digunakan dalam satu waktu yang sama sehingga mempercepat durasi penyambungan pipa.

Selain itu terdapat bagian yang tersambung dengan panel monitor yang bertujuan memonitor suhu ideal sebelum dilakukan proses pemanasan.

3. Alat Penyerut

Ilustrasi Mesin Pipa
Sumber : www.ragampipa.com

 

Komponen lainnya dari mesin ini berfungsi untuk merapikan pipa agar menjadi sejajar, atau bisa juga disebut dengan fitting pipa HDPE yang akan disambung dengan model pipa lain. Mesin ini memiliki kinerja yang hampir sama dengan pemanas teflon dengan cara kerja mampu meratakan dua ujung pipa dengan mata pisau yang saling berlawanan. Satu ujungnya berupa pisau penyerut sedangkan diujung lain berupa alat penghalus yang bisa digunakan secara bersamaan.

4. Mesin Hydraulicy

Mesin Press Hidrolik, Pengenalan Dasar dan Cara Kerjanya » Inovasi Dunia Konstruksi dan Bangunan Terkini
Sumber : www.builder.id

Komponen yang satu ini memiliki kegunaan sebagai penggerak maju dan mundur selama pipa dalam proses penyambungan. Saat proses penyambungan memang terdapat kegiatan yang mengharuskan Anda menggerakkan pipa agar proses penyambungan berjalan lancar.

5. Tuas Manual

3 Manual HDPE Pipes Welding at best price in Bengaluru | ID: 20987085497
Sumber : www.indiamart.com

Bagian terakhir ini biasanya dilakukan untung welding machine HDPE dengan jenis manual yang menggunakan tangan manusia. Biasanya tuas yang digunakan berbentuk tongkat yang terhubung dengan aneka komponen lain seperti rell ragum yang memiliki fungsi untuk penggerakan tuas seperti proses pengukuran awal, penyerut, pemanasan dan penyambungan dengan cara didorong dan ditarik secara manual.

5 Tips Mengatasi Pipa Rumah Tersumbat

Baca juga: 5 TIPS MENGATASI PIPA RUMAH & INDUSTRI TERSUMBAT

Jual Welding Machine HDPE

PT. Mutiara Tiga Berlian Profil, Telepon, Alamat

Walaupun setiap industri pasti membutuhkan pipa, namun untuk jenis pipa HDPE tidak banyak dibutuhkan untuk konsumen rumah, karena pada umumnya diperlukan untuk industri tertentu hal itulah yang membuat distributor yang jual welding machine HDPE tidak terlalu banyak.

PT. Mutiara Tiga Berlian yang berpusat di Jakarta merupakan distributor yang menawarkan jual welding machine HDPE dengan berbagai ukuran kebutuhan pipa seperti merk Rothenberger, merk Huajin, merk SUDA serta merk AMD. Selain itu perusahaan ini menjual kebutuhan spare part welding machine HDPE seperti cutter, heating plate, liner clamp, temperature control untuk sushi, ada voltmeter, pressure gauge, pressure regulating valve, pressure relief valve, pressure reversing valve, baut, rantai, dll

Tidak perlu khawatir dengan harga dan kualitas yang ditawarkan oleh PT. Mutiara Tiga Berlian, tentu saja harga yang dijual bervariasi tergantung merk dan kebutuhan Anda. Harga welding machine HDPE biasanya dimulai dari 16 juta hingga 132 juta. Perusahaan ini cukup kredibel dan menawarkan pelayanan serta konsultasi tentang pipa kebutuhan Anda dengan ramah untuk calon konsumen.

 

Editor : Muhammad Riva Ibnu Safwan

Author

Enable Notifications OK No thanks