Bukan hanya untuk daerah pedesaan, penggunaan lampu jalan LED tenaga surya juga marak digunakan pada wilayah perkotaan. Bisanya anda akan sering menemukan jenis lampu ini untuk menandai jalan setapak, daerah sekitar kolam renang, dekorasi lampu taman di perumahan, tempat parkir, pom bensin dan sebagainya. Lalu, tidak hanya untuk diluar ruangan, lampu LED tenaga surya juga dapat digunakan pada dalam ruangan.

Penggunaan tenaga surya sebagai alternatif sumber energi listrik pasti sudah tidak asing lagi terdengar, hal ini karena sudah banyak negara yang mengaplikasikan tenaga surya menjadi aliran energi listrik. Selain memiliki banyak manfaat, PJU tenaga surya juga telah direkomendasikan oleh KESDM sebagai pemerataan akses energi bagi seluruh wilayah Republik Indonesia dan telah menjadi peraturan Menteri Perhubungan mengenai alat penerangan jalan.

Rekomendasi Merk Lampu Jalan Tenaga Surya

Lampu jalan LED tenaga Surya merupakan penerangan jalan yang menggunakan cahaya matahari sebagai energi listrik utama. Berikut berbagai merk dan harga yang cukup dikenal masyarakat yaitu:

1. Phillips

Merk ini sudah terkenal di berbagai negara dan jenis lampu tenaga surya ini telah banyak digunakan di Eropa sebagai penerangan jalan. Phillips juga mengeluarkan berbagai varian model dan watt, namun umumnya varian yang paling banyak dipasarkan yaitu Model All In One 

Perkiraan harga: Rp. 4.500.000 hingga Rp 5.700.000

2. Telled

Lampu jalan produksi Talled ini dibuat dengan bahan aluminium dan ABS yang kuat. Sehingga kokoh menghadapi perubahan cuaca di luar rumah. Anda juga akan mendapatkan remote pengendali dan tiang lampu di dalam kemasan. Produk ini memiliki sensor gerak dengan jarak 5-8 meter dan mampu bertahan lebih dari 3 hari ketika cuaca mendung.

Perkiraan harga: Rp. 2.000.000 hingga Rp 4.900.000

Sumber: FreePik

3. Mitsuyama

Produk Mitsuyama memiliki banyak model lampu tenaga surya, terdapat produk yang ditempel pada dinding maupun yang membutuhkan tiang. Biasanya produk ini digunakan untuk taman ataupun penerangan jalan perumahan. Anda bisa menggunakannya untuk tiang dengan maksimum ketinggian 5-9 meter. Keuntungan lampu jalan satu ini adalah, papan solar panelnya menyatu dengan tubuh lampu sehingga daya tahannya jauh lebih lama.

Perkiraan harga: Rp. 350.000 hingga Rp 750.000

4. Allefix

Merk ini pada lampu dinding tenaga suryanya memiliki bahan ABS yang tahan akan benturan dan tidak mudah pecah. Jangkauan cahaya memiliki pengindraan dengan jarak 3-5 meter. Selain itu lampu ini sudah dilengkapi dengan sensor otomatis yang menyala saat gelap, sehingga anda tidak membutuhkan remot untuk mengatur on-off lampu.

Perkiraan harga tanpa tiang: Rp. 95.000 hingga Rp 170.000

Baca juga: Lampu LED Tenaga Surya Hemat Energi

5. Krisbow

Krisbow menghadirkan berbagai watt dan model lampu jalan led panel surya. Krisbow terbuat dari material ABS dan menawarkan ketahanan lampu hingga 12 jam dengan waktu pengisian daya selama 4 jam

Perkiraan harga: Rp. 2.400.000 hingga Rp 960.000

6. SunPro

Produk dari SunPro memiliki beragam variasi watt namun hanya memiliki Model All In One PJU yang memiliki sensor gerak dan terdapat varian minimalis dengan model tempel yang digunakan pada taman atau perumahan.

Perkiraan harga tanpa tiang: Rp. 80.000 hingga Rp 460.000

Model lampu tenaga surya yang direkomendasikan

Bentuk dari lampu tenaga surya ini sangat beragam biasanya disesuaikan dengan fungsi dan estetika peletakannya. Model lampu tenaga surya ini memiliki berbagai merk dan umumnya terbagi menjadi tiga model yaitu:

1. Model Konvensional Lampu Tenaga Surya

Model Konvensional Lampu Tenaga Surya
Sumber: FreePik

Model ini dikatakan sebagai konvensional karena teknologi pertama dengan desain panel suryanya terpisah antara baterai valve atau baterai kering atau aki. Salah satu kelebihan dari model ini adalah sangat mudah ditemukan dipasaran dan juga lebih dikenal masyarakat karena teknologi pertama yang hadir. Sedangkan kelemahannya adalah potensi baterai mudah dicuri dan daya tahan baterainya umumnya selama 1-2 tahun saja. Umumnya model ini digunakan sebagai penerangan lampu jalan yang cukup ataupun fasilitas umum yang luas.

2. Model Two In One PJU

Model ini merupakan keluaran kedua dari lampu jalan tenaga surya. Memiliki beberapa jenis watt sesuai kebutuhan anda. Secara umum modelnya hampir sama dengan keluaran pertama akan tetapi model ukuran baterai lebih kecil dan memiliki baterai yang lebih panjang umurnya hingga 3-7 tahun. Selain itu model ini  menggunakan baterai jenis lithium yang ditempatkan menjadi satu dengan lampu.

3. Model All In One PJU 

Model All In One PJU
Sumber: FreePik

Seiring perkembangan teknologi, maka lampu jalan tenaga surya juga memiliki model yang semakin canggih. Hal ini dibuktikan dengan model ketiga yang lebih simpel dan praktis, dimana semua bagian seperti panel tenaga surya, baterai lithium dan controller tergabung dalam satu kap lampu. Lampu tenaga surya ini memiliki banyak varian watt yang dapat anda pilih sesuai kebutuhan dan pengaplikasian lampu.

Model ini juga  dilengkapi dengan sensor gerakan atau sensor dimensi yang lebih minimalis namun spesifikasi baterai dan solar panel yang dimiliki lebih kecil, anda hanya membutuhkan lokasi dan tiang pemasangan tanpa banyak jaringan kabel. Umumnya model ini digunakan untuk area taman kota ataupun perumahan karena desainnya yang lebih minimalis dan elegan.

Baca juga: Memahami Lampu Led Tenaga Surya

Pengisian daya dilakukan secara otomatis menggunakan sensor. Prosedur pemakaian lampu jalan led tenaga surya pada saat siang hari lampu akan mengisi ulang daya dari energi matahari yang akan digunakan pada malam hari. Mungkin lampu tenaga surya memang tidak terlalu terang dibandingkan lampu yang menggunakan tenaga listrik. Namun lampu ini relatif murah, dan hemat energi sehingga cocok digunakan untuk fasilitas umum.

Itu dia berbagai merk lampu jalan LED tenaga surya serta berbagai macam tipenya. Namun jangan salah, terdapat produk lokal yang dengan kualitas tidak kalah saing dan harga yang relatif murah. Produk ini dapat kamu temukan sesuai budget anda hanya di Indonetwork!


Author

%d bloggers like this: