Ketika Anda sedang memikirkan mengenai peralatan dapur, maka salah satu bahan yang terlintas di benak Anda adalah stainless. Anda membuat beberapa daftar dan membandingkan satu persatu mengenai kelemahan dan kelebihannya. Kemudian menjatuhkan pilihan pada salah satunya. Entah karena warna, desain, manfaat, kelebihan, bentuk, dan lain sebagainya.

Alasan Orang Menggunakan Peralatan Dapur Stainless

Apabila Anda meragukan kelebihan yang dimiliki oleh peralatan dapur berbahan stainless karena desain warna serta visualnya itu-itu saja, maka Anda harus membaca beberapa hal di bawah ini. Berikut beberapa alasan mengapa banyak orang jatuh hati dengan peralatan dapur berbahan stainless.

Mudah dibersihkan

Salah satu kelebihan bahan stainless adalah mudah dibersihkan dan dirawat. Peralatan dapur seperti piring, mangkuk, wajan, dan berbagai peralatan berbahan stainless lainnya dapat langsung dicuci dengan sabun dan air.

Peralatan makan berbahan ini juga merupakan peralatan yang ramah terhadap anak-anak. Mengingat apabila piring terlepas dari tangan mereka, peralatan tersebut tidak akan pecah dan membahayakan mereka. Kita bahkan dapat mengajari mereka bagaimana untuk bertanggung jawab terhadap makanan dan piring yang sudah mereka jatuhkan. Bagaimana mereka harus mengambil sikap mengenai hal ini.

Peralatan dapur berbahan stainless cukup dibersihkan menggunakan air hangat dan sabun untuk memastikan tidak ada noda minyak yang tertinggal. Anda juga dapat menggunakan spons apapun untuk menghilangkan segala noda yang ada di permukaannya. Spons plastik, sabut, hingga spons yang lebih kasar lagi.

Tahan Lama

Peralatan stainless adalah peralatan yang kuat dan tidak mungkin pecah. Mereka juga tidak dapat berkarat. Bahkan jika peralatan tersebut Anda beli pada tahun lalu. Ketahanan bahan inilah yang banyak disukai oleh orang-orang, karena itu berarti Anda tidak harus mengeluarkan biaya untuk membeli peralatan yang baru.

Aman Jika Masuk Mesin Pencuci Piring

Tidak hanya digunakan untuk keperluan pribadi, stainless juga banyak digunakan di restoran atau hotel-hotel pada umumnya. Hal ini dikarenakan bahannya yang tidak memerlukan perawatan dan pemeliharaan yang rumit, sehingga peralatan dapur berbahan ini banyak bertengger di rak-rak dapur. Bahkan peralatan dapur berbahan stainless juga aman jika masuk mesin pencuci piring. Sama seperti ketika Anda memasukkan barang pecah belah lainnya ke dalam mesin pencuci piring.

Dapat Menangani Suhu Tinggi

Peralatan Dapur
Sumber: Pexels

Kaca dan keramik adalah dua hal yang juga banyak digunakan dalam peralatan dapur. Akan tetapi, kedua bahan ini tidak bisa tahan terhadap perubahan suhu. Bahan kaca atau keramik tidak dapat langsung Anda gunakan di atas kompor, karena hal itu dapat membuatnya pecah.

Berbeda dengan stainless, baja tahan karat dapat menahan suhu tinggi dan rendah tanpa masalah. Anda dapat menggunakannya untuk memanaskan makanan langsung di atas kompor atau menyimpan makanan di dalam freezer.

Baca juga: Stainless Steel: Pengertian, Jenis, Manfaat, dan Harga

Memiliki Karakteristik yang Ringan

Stainless memiliki karakteristik yang ringan. Anda bahkan dapat meminta seorang anak untuk mengangkat beberapa piring stainless tanpa khawatir peralatan Anda pecah berkeping-keping. Anda juga dapat mengajari anak-anak untuk mengatur meja dengan bahan seringan ini. Anak-anak akan secara fleksibel memindahkannya ke sana ke mari tanpa meminta bantuan Anda.

Ramah Anggaran

Berbagai peralatan dapur menawarkan harga yang bervariasi. Jika Anda memilih menggunakan stainless untuk peralatan dapur, maka itu berarti Anda telah berinvestasi untuk jangka yang lama dan menekan biaya pengeluaran Anda.

Terdapat berbagai macam variasi harga stainless yang dapat Anda pilih. Mulai dari harga eceran, grosiran, hingga satu set alat makan yang biasanya lebih murah.

Desain Kontemporer dan Menarik

Tidak hanya dalam segi harga yang sangat bervariasi, stainless juga memiliki beberapa pilihan desain yang kontemporer dan menarik. Mulai dari yang polos hingga penuh dengan gambar dan beraneka ragam warna.

Selain itu, perusahaan stainless saat ini juga memproduksi peralatan dapur stainless dengan berbagai finishing seperti hammered, mirror polish, shower design, copper bottom, dan triple series.

Baca juga: 7 Alasan Stainless Steel digunakan dalam Bidang Kesehatan

Keuntungan Memiliki Rak Stainless

Peralatan Dapur
Sumber: Pinterest

Selain berbagai peralatan makan berbahan stainless, kurang lengkap rasanya jika Anda tidak memiliki rak berbahan stainless. Berikut beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan rak stainless.

Mudah Kering

Rak Stainless dapat dengan cepat mengeringkan peralatan makan Anda dengan posisi piring berdiri tegak, sehingga air dapat mengalir dengan mudah dan cepat kering.

Jauh dari Serangga

Ketika peralatan makan Anda berada pada ketinggian dan dapat dikeringkan secara sempurna, itu dapat menjauhkannya dari serangga-serangga.

Menghemat Ruang di Dapur

Penggunaan rak ini, juga dapat membantu Anda mengatur dan menyimpan semua peralatan makan tanpa menghabiskan banyak ruang, karena semua peralatan dapat ditata dengan baik.

Baca juga: Kegunaan Stainless Steel Lembaran, Batangan, dan Bentuk Lainnya

Distributor Peralatan Dapur Stainless

Jika Anda membutuhkan referensi distributor peralatan dapur stainless, tidak ada salahnya untuk mengecek berbagai produk dari PT. Bersama Maju Selaras.

PT. Bersama Maju Selaras adalah perusahaan yang bergerak di bidang kitchen equipment. Mereka juga termasuk dalam distributor peralatan dapur dan restoran.

Berbagai macam kebutuhan mulai dari perlengkapan dapur, penghisap asap dapur, peralatan masak restoran, chiller, freezer, peralatan dapur stainless, dan produk-produk lainnya bisa Anda dapatkan secara mudah dan terjangkau. Jadi, tunggu apalagi? Segera kunjungi websitenya dan dapatkan penawaran harga terbaik dari PT. Bersama Maju Selaras.


Author

%d bloggers like this: