Indonetwork, Peralatan Rumah Tangga Siapa yang tidak mengenalnya kain kanebo chamois? Anda pasti pernah membeli jenis kain ini bukan. Memiliki nama asli lap chamois atau biasa jenis ini dikenal dengan kanebo. Lap pembersih jenis ini tentu menyerap air dan lembut dan mudah. Penggunaan kain ini bukan saja untuk aktivitas pembersihan badan kendaraan  baik debu maupun air hujan, akan tetapi tidak jarang kain ini digunakan untuk membersihkan peralatan rumah tangga. 

Berikut informasi dibawah ini akan dijelaskan mengenai apa saja keunggulan dan cara merawat agar kembali melindungi kanebo dengan baik dan benar. 

Jual Mainan Gantung Bayi Handmade Free Nama Anak + Tiang + Alat Musik -  Kota Tangerang Selatan - Samudera Kreasi | Tokopedia

Baca juga: Cara  memilih mainan bayi 3 bulan digantung

Keunggulan Kanebo Chamois Pada Kendaraan

Ternyata penggunaan kanebo chamois bukan saja digunakan untuk kendaraan, beberapa orang juga menggunakan lap ini untuk menyingkirkan debu yang menempel pada permukaan rumah. Kain jenis ini mampu menyerap air dengan jumlah yang cukup banyak dan mudah dikeringkan dengan beberapa kali perasan lembut saja.

Jual kanebo chamois sangat laku dipasaran, karena memiliki banyak keunggulan. Berikut dibawah ini terdapat keunggulan yang sering orang banggakan mengenai kanebo chamois:

1. Tidak Meninggalkan Goresan

Tidak Sulit, Begini Cara Menghilangkan Baret Mobil | Suzuki Indonesia
Sumber: suzuki.co.id

Tidak semua kain memiliki bahan yang lembut disertai kelembaban yang cocok untuk kendaraan. Penggunaan kanebo chamois dengan bahan yang berkualitas akan meminimalisir terjadinya goresan pada kendaraan Anda, jika kanebo dirawat dengan benar maka kendaraan bisa selalu terlihat mulus.

2. Sifat Menarik Debu

Bersihkan Debu di Bodi Mobil Pakai Kemoceng Ada Aturannya : Okezone Otomotif
Sumber: otomotif.okezone.com

Tekstur lembut dan lembabnya dapat menarik debu yang menempel pada permukaan kendaraan ataupun kaca, sehingga barang yang di lap dengan kanebo chamois akan terlihat lebih bersih dan kinclong.

3. Daya Serap Kuat

Bukan hanya mampu menarik debu, lap ini juga memiliki daya serap yang sangat baik. Bila kendaraan Anda terdapat sisa air atau habis dicuci, maka lap microfiber akan meresap dengan baik. Daya serap yang kuat akan memaksimalkan perawatan body pada kendaraan lebih bersih.

4. Mudah diperas

Bahan kanebo yang lentur dan mudah  menyerap air, akan dengan mudah diperas untuk mengeluarkan berbagai kotoran dan debu yang menempel pada kain. Sehingga proses pembersihan kanebo chamois ini sangat mudah.

Keunggulan Kanebo Chamois Pada Kendaraan
Sumber: Istockphoto

Cara Merawat Kanebo Chamois

Membersihkan kendaraan secara rutin merupakan kegiatan yang paling sederhana dan tidak membutuhkan biaya apapun. Penggunaan perlengkapan kanebo chamois untuk menghilangkan noda juga sering dilakukan oleh masyarakat karena manfaatnya yang sangat membantu. Cukup banyak distributor yang jual kanebo chamois dengan kualitas palsu, hal ini yang harus Anda perhatikan secara khusus, karena perawatannya pun akan semakin sulit jika kain yang digunakan tidak berkualitas.

Nah, penggunaan lap ini bukan saja digunakan pada kendaraan yang perlu Anda rawat, kanebo chamois juga membutuhkan perawatan. Berikut dibawah ini cara mudah yang dapat Anda lakukan untuk merawat kanebo chamois lebih awet dan tahan lama dalam beberapa tahun kedepan, yaitu:

1. Gunakanlah Kain ini Pada Bilasan Terakhir

Promo Kain Lap Chamois Kanebo Besar 32x21x0.2 cm Berserat Serap Tinggi  Diskon 3% di Seller GK Market 232 - Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta | Blibli

Maksudnya, Anda dapat menggunakan lap chamois setelah kondisi bersih. Artinya lap tidak digunakan bersama sabun cuci untuk menggosok permukaan kendaraan atau bagian lainnya. Lap hanya digunakan pada polesan terakhir setelah bersih, sehingga tidak ada lagi butiran sabun yang melekat. Hal ini ditandai dengan lap yang diperas tidak akan mengeluarkan busa lagi.

2. Peras Secara Perlahan dan Lembut

Jual Kobe Kanebo Lap kanebo kain kanebo Tebal Ukuran Besar 32x42 cm Untuk  Mobil & Motor dll bukan Kanebo Kenmaster Smart Shop | JD.ID
Sumber: jd.id

Usahakan untuk memeras kain dengan kepalan perlahan dengan jari telapak tangan, jangan dipelintir terlalu keras karena hal ini dapat merusak serat kain dan lapisan kain yang menyerap air. Pemerasan dengan memelintir kain juga meningkatkan risiko kain yang mudah robek. Apalagi jika Anda menggunakan merk yang murah ataupun chamois palsu.

3. Jangan Digunakan Untuk Oli dan Minyak

Lap chamois ini berfungsi sebagai finishing membersihkan dan mengeringkan body kendaraan yang memiliki permukaan rata.

Kenali 7 Jenis Oli dan Cairan Pada Mesin Mobil
Sumber: hyundai.com

Sehingga jika kain lap chamois digunakan pada oli dan minyak  yang memiliki tekstur kasar, atau cairan selain air yang bening. Maka resikonya partikel akan diserap oleh kain, lalu kotorannya bisa ikut menempel dan menggores permukaan kendaraan.

4. Hindari Pencucian Dengan Detergen

Perbedaan Signifikan Detergen Cair dan Detergen Bubuk, Pilih yang Mana? -  Blog Ruparupa
Sumber: ruparupa.com

lainnya. Karena sifat sabun cuci yang terdapat zat basa dan panas, akan membuat kelembaban dan tekstur kain chamois berkurang dan lama kelamaan kain akan terasa keras, kering, cepat aus dan rapuh. Kanebo chamois yang telah rapuh dan keras tidak akan efektif lagi untuk lap yang menyerap air, kandungannya akan sama saja dengan lap jenis lain .

5. Keringkan Tanpa Matahari Langsung

Perhatikan, 5 Tanda Ini Mengindikasikan Tanaman Kekurangan Cahaya Matahari  • Klik Hijau
Sumber: klikhijau.com

Cara mengeringkan kanebo chamois, Anda cukup mengangin-anginkan sebentar permukaan. Jangan menjemurnya di bawah matahari. Karena jika kanebo terlalu kering maka bahannya akan rentan sobek. Biasanya jenis kain yang murah atau palsu, ketika dijemur kering di bawah matahari langsung kain dapat menjadi pecah-pecah dan hancur.

6. Simpan di Tempat Aman dan Tertutup

Setelah kanebo chamois dirasa telah kering  hingga lembab, Anda diwajibkan untuk menyimpan karebo di tempat yang aman dan tetap lembab. Hindari area yang terlalu kering agar kanebo tetap lembab walaupun ditutup dengan rapat.

Setelah itu simpanlah kain lap chamois di tempat yang telah disediakan seperti botol wadah bawaannya, karena botol ini sudah dirancang sebagai tempat yang lembab dan terlindung dari cahaya matahari secara langsung.

7. Hindari Menggunakan Mesin Cuci.

LG Mesin Cuci P7500N 2 Tabung - 7.5kg | LG Indonesia
Sumber: lg.com

Jangan menggunakan mesin cuci untuk mengeringkan atau membasuh kain chamois karena terdapat risiko tinggi untuk merusak atau merobek kain tersebut. Perputaran mesin cuci yang terlalu lama juga akan merusak serat partikel yang terdapat dalam kanebo. Jika Anda hendak membersihkannya jangan menyikat atau menggosoknya terlalu keras.

Kanebo AION Plas Chamois | Sinar Mandiri Sejahtera

Baca juga: 5 MERK LAP KANEBO TERBAIK DENGAN DAYA SERAP AIR TINGGI

Itu dia keunggulan dan cara merawat kanebo chamois yang Anda miliki. Tentu saja penggunaan kanebo akan mempermudah setiap kegiatan pembersihan peralatan atau barang yang Anda miliki. Mungkin Anda akan mudah menemukan toko yang jual kanebo chamois, akan tetapi produk yang ditawarkan belum tentu memiliki lisensi asli. 

Jika Anda ingin membeli produk ini baik untuk kebutuhan kantor, usaha cuci kendaraan yang Anda miliki atau kebutuhan rumah tangga lainnya silahkan kunjungi Pegasus Hikari Indonesia untuk mendapatkan penawaran produk yang berkualitas dengan harga terjangkau.

Editor: Deky Ahmad Syah

Author

Enable Notifications OK No thanks